-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Logam di Indonesia

Daerah Penghasil Logam di Indonesia

Potensi logam di Indonesia cukup tinggi dan beragam. Berbagai jenis logam dapat ditemukan di berbagai pertambangan yang tersebar di seluruh daerah Indonesia mulai dari nikel, bijih besi, tembaga, timah putih, bauksit, perak serta emas. Logam-logam tersebut menjadi sektor paling berpengaruh dalam meningkatkan perekonomian. Di bawah ini adalah daftar daerah penghasil logam di Indonesia yang patut Anda ketahui.

Daftar Nama Daerah Penghasil Logam di Indonesia

Wonogiri

Aktivitas tambang yang terdapat di Wonogiri, Jawa Tengah ini mampu menghasilkan bahan logam tembaga sebanyak 1,8 ton. Pertambangan yang terletak di tengah pulau Jawa ini telah diproduksi sejak lama bahkan menghasilkan logam mentah setiap bulannya sekitar 21 ton. maka tidak heran jika Wonogiri disebut sebagai penghasil logam terbesar di Indonesia.


Papua

Pulau paling timur Indonesia ini merupakan salah satu daerah yang menghasilkan logam terbanyak. Terdapat banyak pertambangan yang menghasilkan berbagai macam jenis logam. Salah satu hasil logam terbesar dari Papua yaitu logam putih perak atau aluminium yang biasa digunakan untuk peralatan rumah, dapur hingga mebel.


Pulau Bintan

Mungkin sudah tidak asing jika Kepulauan Riau memiliki banyak hasil alam yang tinggi. Salah satu hasil tambang yang cukup melimpah di pulau indah ini adalah logam. Logam jenis bauksit atau bahan baku aluminium ini banyak terkandung di Pulau Bintan. Logam yang dihasilkan di Bintan ini sangat berkualitas hingga mampu menarik perhatian para investor luar negeri.

Baca juga: Kerajaan Demak

Sangkarapi

Tak perlu dipertanyakan lagi seberapa kaya alam daerah yang terdapat di provinsi Sulawesi Selatan ini. Sebagai daerah penghasil logam di Indonesia, Sangkarapi mampu menghasilkan tambang logam yang berlimpah dan berkualitas. Hal ini disebabkan lokasi tambang yang berada di pegunungan sehingga batu vulkanik yang mengalami pelapukan turut berpengaruh pada banyaknya hasil tambang yang digali.

Diketahui bahwa pertambangan di Sangkarapi telah beroperasi sejak 1970-an. Maka tidak heran jika logam yang dihasilkan di Sangkarapi memiliki nilai yang tinggi dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan negara. 

Baca juga: Bunga Anggrek

Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu daerah yang menghasilkan logam terbesar di Kalimantan Selatan bahkan juga masuk dalam daftar penghasil logam tertinggi nasional. Derawan memiliki kekayaan alam dan perut bumi yang melimpah yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri namun juga diekspor ke beberapa negara lainnya.

Baca juga: Pohon Rasamala

Cikotok

Salah satu daerah yang tidak boleh dilewatkan dari daftar daerah penghasil logam terbesar Indonesia yaitu Cikotok. Daerah tambang yang telah ada sejak pemerintahan Belanda ini menghasilkan logam yang tinggi dan bermutu. Bahkan aktivitas pertambangan telah dimulai sejak pertengahan tahun 1893, maka tak khayal jika daerah tersebut dianggap sebagai tempat tambang terbaik.


Di balik besarnya logam yang dihasilkan, pertambangan di Cikotok ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum diambil alih oleh Indonesia, tambang ini telah dikuasai oleh penjajah Belanda dan juga Jepang.

Baca juga: Pohon Rukem

Maluku

Maluku merupakan daerah penyumbang logam terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu kawasan yang memiliki kekayaan alam berlimpah, Maluku menghasilkan tambang logam yang cukup tinggi. Sudah bukan rahasia lagi jika Maluku mampu memenuhi kebutuhan logam untuk negara karena cadangan logamnya bisa dikategorikan sangat banyak.

Itulah beberapa nama daerah penghasil logam di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah tersebut akan semakin berharga jika diolah dengan benar dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Daerah Penghasil Logam di Indonesia - Cosmogirl