Ciri Ciri Pohon Rasamala

Ciri Ciri Pohon Rasamala

Salah satu kelompok jenis pohon dengan ukuran yang besar dan tinggi adalah Rasamala. Jenis pohon ini berada di kawasan hutan cukup dalam. Ciri-ciri pohon Rasamala yang paling umum adalah tingginya bisa mencapai 60 meter.

Pohon ini biasanya diambil kayunya untuk dijadikan bahan mebel karena kokoh atau sebagai campuran bahan pengharum ruangan karena kayunya berbau khas dan super wangi. Selain itu, bagian lain dari pohon ini juga memiliki beberapa manfaat untuk kehidupan manusia.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Rasamala

1. Taksonomi Pohon Rasamala

Klasifikasi ilmiah dari pohon Rasamala jika berdasarkan dari tingkatannya yaitu:
  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Hamamelidales
  • Famili : Hamamelidaceae
  • Genus : Altingia
  • Spesies : A. Excelsa noronha

2. Morfologi Pohon Rasamala

Ciri-ciri pohon rasamala bisa kamu lihat berdasarkan morfologinya, yaitu:
 
- Daun
Pohon rasamala merupakan tanaman yang selalu berwarna hijau baik masih berumur muda atau sudah tua. Hal ini karena bagian daun rasamala tetap berwarna hijau gelap. Daunnya berbentuk segitiga dan posisinya sangat rapat, sehingga tampak rimbun.

Ukuran panjang daun pohon rasamala antara 6 hingga 12 cm dengan lebar 2.5 – 5 cm. Bentuknya lonjong dan letaknya berselingan. Bagian pinggir daun bergerigi tetapi teksturnya halus. Daun rasamala biasanya digunakan sayur, lalapan hingga obat batuk yang manjur. 


- Batang
Batang dari pohon rasamala antara 80 hingga 150 cm, sedangkan tingginya antara 40 sampai 60 cm. Pada setiap batangnya memiliki cabang bebas antara 20 – 35 cm. Pada bagian kulit batang pohon, teksturnya cenderung halus dengan warna abu-abu.

Jika kamu membuka kulitnya, kayu pohon rasamala berwarna kuning coklat kemerahan. Kondisi ini menandakan kayu pohon mengandung getah.

Batang rasamala akan menghasilkan kayu yang berkualitas, kokoh, kuat dan awet, sehingga dijadikan bahan dasar kayu damar untuk furniture. Selain itu, kayu ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan bantalan rel kereta api, jembatan besar, perahu hingga lantai untuk rumah. 


- Bunga
Ternyata tidak hanya daun saja, meskipun pohon ini sangat tinggi, tetapi juga memiliki bagian bunga. Bunga pohon rasamala memiliki 2 kelamin dalam satu pohon yakni jantan dan betina. Bunga pohon ini tidak memiliki mahkota dan kelopak.

Ketika akan melakukan penyerbukan, maka bunga pohon rasamala dibantu oleh serangga maupun angin.

- Buah
Setelah penyerbukan selesai, maka tumbuhlah benih baru sebagai bakal dari buah pohon rasamala. Ketika buah mulai tumbuh, ukurannya mencapai 1.2 hingga 2.5 cm. Bentuk buah lonjong seperti kapsul berwarna coklat terang.

Buah pohon rasamala di dalamnya memiliki 4 ruang dengan fungsi sebagai penyimpan benih baru. Setiap ruang berisi lebih dari 35 benih. Namun, hanya ada 1 hingga 2 benih saja yang bisa dibuahi.

Buah yang sudah masak akan berubah warna menjadi hitam. Kamu bisa memanennya segera. Jika tidak lekas dipanen, maka buah akan pecah dan benih langsung tersebar. Aroma dari benih buah yang sudah matang sangatlah khas sehingga bisa dijadikan aroma terapi. 


3. Pertumbuhan dan Perkembangan

Rasamala bisa tumbuh dan berkembang di hutan dengan kondisi alam iklim tropis. Biasanya pohon ini akan berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Namun, puncak panen paling baik dilakukan pada bulan Agustus sampai Oktober.

Ketika benih didapatkan, kamu bisa melakukan pembibitan. Sebelum menanamnya kembali, pastikan untuk melakukan ekstraksi benih dengan penjemuran 2 hari atau dikeringkan pada suhu 38 derajat celcius selama 20 jam. 


4. Wilayah Persebarannya

Pohon rasamala ini sebenarnya berasal dari pegunungan himalaya. Namun, mengalami persebaran yang cukup luas mulai dari Burma, Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera hingga ke tanah Jawa. Ketika masuk di Indonesia, pohon ini juga disebut dengan Mala, Mandung atau Tulasan.

Kawasan hutan di Indonesia yang banyak ditumbuhi pohon rasamala ini adalah Bengkulu, Bukit Barisan dan Jawa Barat. Ketiga tempat ini berada di ketinggian antara 500 hingga 1500 mdpl, yang mana menjadi tempat paling tepat untuk tumbuhnya pohon rasamala.

Pohon berdiameter besar seperti pohon rasamala banyak ditemui di kawasan hutan. Tanaman ini termasuk jenis pohon yang berukuran tinggi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi pula. Kawasan hutan Indonesia yang menjadi habitat dari pohon ini adalah wilayah Jawa, Kalimantan hingga Sumatera.


Ciri Ciri Pohon Rasamala - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Rasamala "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel