Ciri Ciri Tanaman Oats

Ciri Ciri Tanaman Oats

Jika saat ini kamu sedang diet, oats menjadi salah satu makanan yang paling tepat untuk dikonsumsi, karena memiliki kandungan serat tinggi dan mengenyangkan. Oats bukan terbuat dari gandum, tetapi dibuat dari tanaman oats itu sendiri. Salah satu ciri-ciri tanaman oats adalah bentuknya mirip padi.

Oats memang seringkali disamakan dengan gandum. Masih banyak yang berpikir jika kedua tanaman ini sama. Namun, nyatanya sangat berbeda. Agar bisa membedakan keduanya, kamu perlu menyimak ulasan berikut!

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Oats

  • Klasifikasi Tanaman Oats

Ketika membahas tentang tanaman, maka pembahasan awalnya pasti mengarah pada ilmu taksonomi dengan menjelaskan tingkatan dan jenisnya. Klasifikasi dari tanaman oats sendiri adalah:
  • Spesies : Avena sativa
  • Genus : Avena
  • Family : Poaceae
  • Ordo : Cyperales
  • Subclass : Commelinidae
  • Class : Liliopsida
  • Division : Magnoliophyta
  • Superdivision : Spermatophyta
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Kingdom : Plantae
Tanaman oats juga bisa dikatakan sebagai tanaman serealia. Istilah serealia atau sereal inilah yang kemudian digunakan sebagai penyebutan dalam produk makanan berbahan dasar oats.

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Oak

2. Morfologi Tanaman Oats

- Bunga
Jika dibandingkan dengan gandum, tanaman oats memiliki bulir atau bunga di bagian tangkai. Bulir atau bunga ini memiliki kandungan lignin dan selulosa. Kedua kandungan ini merupakan pelindung atau lapisan yang membuat tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

- Akar
Sistem akar dari tanaman ini terdiri dari 2 jenis yakni akar kebetulan dan akar seminal. Akar kebetulan merupakan akar yang letak tumbuhnya di dalam bonggol di bagian tangkai utama. Sedangkan akar seminal adalah akar yang muncul ketika embrio tanaman berkembang. 


- Tangkai
Masing-masing tanaman oat biasanya memiliki tangkai berjumlah 4 hingga 6. Namun, rata-rata dalam setiap tanaman oats terdiri dari 5 tangkai. Warna dari tangkai ini hijau kekuningan dan ketika sudah matang akan berubah kuning sepenuhnya.

- Daun
Bagian daun dari tanaman oats memiliki bentuk panjang, lurus dan sedikit kecil. Selain itu, ada pula bagian pelepah dengan bentuk silinder terbuka. Warna daun oats muda biasanya hijau cerah dan akan berubah menjadi kuning ketika biji oats siap dipanen.

- Biji
Biji tanaman oats terdiri dari 3 bagian yakni pericarp, embryo dan aleuron. Pericarp memiliki fungsi sebagai pembungkus dengan struktur yang panjang dan tebal. Embryo adalah bagian terkecil dengan fungsi untuk menentukan pertumbuhan tanaman.

Sedangkan bagian aleuron berfungsi sebagai penyelubung endosperm dan lembaga. Kandungan dari biji oats terdiri dari 80% karbohidrat, protein 15%, lemak 3% serta 2% lainnya berupa vitamin, mineral dan air. 


3. Manfaat Tanaman Oats

- Digunakan sebagai Ladang Bisnis Makanan
Hal ini sudah tidak mengherankan karena biji dari oats memiliki nilai ekonomi yang tinggi di pasaran dibandingkan tanaman sejenisnya, seperti padi. Kamu pasti juga banyak menemui jika makanan berbahan dasar oats lebih mahal.

- Memiliki Kandungan Karbohidrat yang Tinggi
Padi merupakan salah satu bahan makanan pokok yang dikonsumsi orang Indonesia. Kandungan karbohidratnya memang tinggi, tetapi juga mengandung glukosa yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gula darah naik.

Sedangkan jika kamu memiliki oats sebagai makanan pokok, maka kamu akan tetap kenyang, tetapi tidak akan membuat gula darah meningkat. Sebab, tanaman ini hanya memiliki kandungan karbohidrat dan serat tinggi tanpa ada tambahan glukosa. 


- Digunakan sebagai Bahan Makanan Pokok Pengganti
Dikarenakan kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi, tanaman oats bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin makanan sehat dan digunakan sebagai bahan makanan pokok.

- Digunakan untuk Kecantikan
Oats tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari saja, tetapi juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan produk kecantikan mulai dari masker wajah hingga lulur badan. Kamu bisa membuatnya dengan cara alami atau membeli produk dengan kandungan oats. 


- Digunakan sebagai Pakan Sehat
Tidak hanya sehat bagi manusia saja, tanaman oats juga menjadi pakan sehat bagi beberapa jenis burung, misalnya burung kenari, lovebird dan sebagainya.

Tanaman oats sudah banyak digunakan sebagai bahan pokok makanan, karena memiliki kandungan yang lebih sehat untuk dikonsumsi jangka panjang. Hal ini ditandai dengan ciri-ciri tanaman oats yang dilihat dari struktur bijinya dengan kandungan masing-masing. Apakah kamu suka makan oats? 


Ciri Ciri Tanaman Oats - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Tanaman Oats "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel