Ciri Ciri Tanaman Okulasi

Ciri Ciri Tanaman Okulasi

Okulasi merupakan salah satu metode peningkatan kualitas tumbuhan melalui cara tertentu. Cara ini berupa penempelan batang kulit pohon yang bertunas di atas batang yang sudah teriris. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus memenuhi ciri-ciri tanaman okulasi.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa dibuat lebih berkualitas melalui tanaman okulasi. Ketika sudah menjadi tanaman okulasi, biasanya akan ada kecenderungan terhadap salah satu jenis. Klasifikasi tingkatan tumbuhan juga berubah dan menyesuaikan dengan hasil yang baru.

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Okulasi

  • Sebelum Proses Okulasi

- Tidak Boleh Memiliki Daun Baru
Tanaman yang akan diokulasi harus dalam keadaan sudah layak dan matang. Maksudnya tidak ada pertumbuhan daun baru karena bisa membuat metode ini gagal, sehingga varietas baru tidak didapatkan. 


- Batang Atas dan Bawah Berumur Sama (Minimal 15 Tahun)
Prinsip okulasi harus memaksa kedua tanaman memiliki umur batang bagian atas dan bawah sama. Usia 15 tahun adalah usia ideal dan membantu kesuksesan terciptanya tanaman okulasi berkualitas.

- Kedua Tanaman Harus Berada dalam Satu Genus atau Famili
Kamu bisa melakukan metode okulasi jika hanya memilih tanaman dalam satu genus atau famili. Jika berlainan, maka dipastikan akan gagal. Kesamaan famili ini akan justru membuat tanaman baru yang dihasilkan lebih baik dan komplit.

- Batang dan Akar Harus Kokoh dan Kuat
Kondisi tanaman yang akan diokulasi harus memiliki batang yang kokoh. Selain itu, kondisi akar tanaman keduanya harus kuat dan sehat. 

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Oak

- Tidak Diserang Hama atau Penyakit
Tanaman yang hendak di okulasi harus dalam keadaan sehat, tanpa terserang sebuah penyakit atau hama. Hal ini dimaksudkan agar proses okulasi bisa berjalan lancar, cepat, sukses dan sesuai hasil yang diharapkan.

- Mempunyai Keunggulan
Masing-masing jenis tanaman yang akan diokulasi harus memiliki keunggulan yang dianggap nantinya bisa saling melengkapi. Keunggulan ini akan menciptakan ragam manfaat yang lebih banyak.

- Cabang atau Ranting Berbentuk Silindris
Cabang harus berbentuk silindris atau bulat agar lebih mudah saat diokulasi. Bentuk cabang ini akan menentukan tanaman jenis apa yang dihasilkan. 


- Memiliki Buah yang Banyak Maupun Produksinya Tinggi
Tanaman yang akan diokulasi dipastikan dalam keadaan sedang berproduksi. Pastikan pula produksi baik buah atau bunga berjumlah banyak dan baik.

2. Hasil Tanaman Okulasi

- Muncul Varietas Baru dengan Ciri Khusus
Tanaman hasil okulasi berupa varietas baru dengan kondisi morfologi yang lebih kompleks dibandingkan asalnya. Hal ini meliputi bagian daun, akar, batang, buah, biji hingga bunganya.

- Mempunyai Banyak Keunggulan
Jika sebelumnya hanya memiliki 1 atau 2 keunggulan pada masing-masing tanaman, maka setelah okulasi, keunggulan yang dimiliki bisa 2x atau 3x lipat. Kamu bisa mendapatkan varietas baru yang lebih sempurna dan kaya manfaat. 


- Masa Produksi Lebih Cepat
Pemilihan tanaman asal yang sedang berproduksi akan membuat varietas baru mampu memiliki masa produksi lebih cepat. Masa panen tanaman okulasi Anda biasanya 50% lebih cepat dari jenis sebelumnya.

- Memiliki Ketahanan Kuat terhadap Penyakit maupun Hama
Kondisi tanaman asal yang sehat dan bagus membuat tanaman okulasi yang baru memiliki daya tahan yang lebih kuat. Tanaman okulasi Anda tidak akan mudah layu atau mati karena penyakit dan hama.

3. Contoh Tanaman Okulasi

Terdapat berbagai macam tanaman yang bisa diokulasi guna mendapatkan varietas baru yang lebih unggul. Beberapa di antaranya adalah belimbing, mangga, kakao, hingga pohon karet. Misalnya saja kamu memilih mangga untuk diokulasi. 


Kamu ingin mengokulasi beberapa jenis mangga dalam satu pohon, misalnya mangga manalagi, madu, alpukat, golek dan arumanis. Setiap batang masing-masing mangga harus dalam keadaan baik. Ketika sudah berhasil diokulasi, maka taksonomi pohon mangga kamu adalah:
  • Kingdom: Plantae
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Sapindales
  • Famili: Anacardiaceae
  • Genus: Mangifera
  • Spesies: M. Indica
Ciri-ciri tanaman okulasi akan berbeda-beda tergantung dari jenis tanaman yang akan diproses dengan cara ini. Namun, sebelum memulai metode okulasi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti informasi di atas. Apakah kamu akan memulai eksperimen okulasi tanaman lainnya? 


Ciri Ciri Tanaman Okulasi - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Tanaman Okulasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel