Ciri Ciri Pohon Oak

Ciri Ciri Pohon Oak

Pohon oak merupakan salah satu jenis pohon tua yang masih bisa ditemukan pada zaman sekarang. Pohon ini diduga tumbuh sejak 65 juta tahun lalu di kawasan Amerika dan sekitarnya. Kamu perlu mengetahui informasi lengkap tentang ciri-ciri pohon oak dan persebarannya.

Pengetahuan mengenai pohon oak tidak hanya menambah ilmu tentang dunia tumbuh-tumbuhan, tetapi kamu juga bisa diperluas untuk mengetahui sejarah di bidang lainnya.

Ciri-Ciri Pohon Oak dan Persebarannya

  • Klasifikasi Ilmiah Pohon Oak

Menurut ilmu taksonomi, tingkatan klasifikasi pohon oak adalah:
  • Genus : Quercus L
  • Sub Famili : Quercoideae
  • Famili : Fagaceae
  • Ordo : Fagales
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Divisi : Magnoliopsida
  • Kerajaan : Plantae
Pohon oak juga disebut dengan istilah pohon ek. Penggunaan nama oak lebih sering digunakan di Indonesia dan sekitarnya. Pohon ini memiliki banyak spesies, salah satunya oak putih dan oak merah. 


  • Morfologi Pohon Oak

- Daun 
Daun dari pohon oak atau ek memiliki susunan berbentuk spiral. Pada bagian sisi pinggirnya bisa bergerigi ataupun halus tergantung dari jenis oak itu sendiri. Daun pohon ini juga memiliki sifat marcescens, artinya daun yang mati tidak akan jatuh hingga musim semi tiba.

Warna daun pohon oak hijau tua dan bentuknya cukup kecil, yakni antara 3 sampai 7 cm saja. Daun akan tumbuh dengan rimbun di satu pohon, sehingga tidak mengherankan jika pohon oak ini memberikan kesejukan.

- Batang
Batang pohon oak cenderung kecil, tetapi memiliki banyak cabang, sehingga daun yang tumbuh juga sangat lebat. Warna batangnya coklat muda kehijauan. 


- Bunga
Ketika musim semi tiba, daun mati akan mulai berjatuhan dan muncullah bunga betina kecil dan bunga jantan yang berbentuk catkins. Bunga-bunga ini akan terus tumbuh hingga menghasilkan biji.

- Biji
Biji dari pohon oak bentuknya menyerupai kacang dan disebut dengan cupule. Bentuk bijinya seperti kecil berwarna coklat tua. Biji-biji ini bisa dipanen atau matang dalam kurun waktu 6 hingga 18 bulan.

Fakta menarik dari biji pohon oak adalah meskipun menghasilkan sekitar 10 juta biji ketika hidup, regenerasinya cukup sulit. Dalam 1000 biji yang dihasilkan, hanya ada 1 biji saja yang mampu tumbuh menjadi pohon oak baru.

Selain itu, Biji ini akan tumbuh ketika usia pohon sudah menginjak 50 tahun. Biji pohon oak dan daunnya memiliki kandungan asam tanat yang berfungsi sebagai pelindung anti serangga dan jamur. 


  • Wilayah Persebaran Pohon Oak

Pohon oak memang berasal dari wilayah bumi utara. Namun, persebarannya berada di kawasan iklim tropis dengan garis lintang tropis. Kamu bisa menemukan pohon ini di wilayah Amerika, Afrika Utara, Asia dan Eropa.

Spesies dari pohon oak jumlahnya lebih dari 500 jenis. Sekitar 90 spesies tersebar di Amerika Serikat, 160 spesies di Meksiko dan 100 spesies di Cina. Selebihnya tersebar di kawasan Eropa, Asia hingga Afrika Utara lainnya. 


  • Masa Umur Panjang

Sudah bisa kamu perkirakan bukan, pohon ini baru mulai menumbuhkan bijinya ketika usia 50 tahun. Lalu sampai kapan umur pohon ini? Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pohon oak mampu bertahan hidup dengan usia 700 hingga 1000 tahun.

Ketika memasuki usia 700 tahun, pohon ini tidak lantas berhenti tumbuh, tetapi justru akar-akarnya semakin membesar dan kuat. Volume batang juga semakin besar. Tinggi pohon oak sendiri juga bisa mencapai 145 kaki hingga 380 kaki.

  • Manfaat dari Pohon Oak

Pohon oak memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Semua bagian dari pohon ini kamu gunakan. Bagian batang pohon biasanya akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mebel.

Biji pohon oak biasanya menjadi makanan bergizi tinggi untuk hewan-hewan yang tinggal di sekitarnya seperti rusa, burung pelatuk, babi hingga beruang. Bagian kulit pohon ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan shuttlecock, komponen mesin hingga bola kriket.

Pohon oak mungkin tidak bisa kamu temui di lingkungan sekitar. Pohon ini biasanya tumbuh di area hutan. Ciri-ciri pohon oak dan persebarannya berdasarkan penjelasan di atas bisa menjadi informasi tambahan bagi kamu untuk lebih mengenal salah satu jenis pohon tua yang masih ada hingga sekarang. 


Ciri Ciri Pohon Oak - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Oak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel