Ciri Ciri Pohon Pinang

Ciri Ciri Pohon Pinang

Nenek moyang zaman dahulu sering melakukan kegiatan ‘nginang’. Bahan untuk ‘nginang’ ini terdiri dari daun sirih yang dicampur kapur, gambir atau buah pinang. Selain untuk nginang, buah pinang juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Namun, dapatkah kamu menyebutkan salah satu ciri-ciri pohon pinang?

Buah pinang dihasilkan dari pohon pinang yang termasuk dalam kategori palem-paleman. Salah satu ciri-ciri dari pohon ini adalah mampu tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah bersuhu normal antara 25 hingga 32 derajat celcius.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Pinang

1. Taksonomi Pohon Pinang

Klasifikasi ilmiah dari pohon pinang berdasarkan tingkatannya yakni:
  • Divisi : Tracheophyta
  • Subdivisi : Spermatophyta
  • Klad : Angiosperms, Monocots, Commelinids
  • Ordo : Arecales
  • Famili : Arecaceae
  • Genus : Areca
  • Spesies : Areca catechu

2. Morfologi Pohon Pinang

- Batang
Warna batang dari pohon pinang adalah coklat tua dengan bentuk lurus langsing. Ketinggian batang mencapai 24 m dan diameternya 15 cm. Dalam satu pohon pinang, biasanya terdiri dari 7 hingga 15 batang dengan ukuran hampir sama.

- Daun
Daun dari pohon pinang berbentuk pipih memanjang hingga 80 cm. Namun, tangkai daunnya berukuran pendek. Bagian pelepah daun memiliki bentuk tabung dengan panjang hingga 80 cm. Untuk ukuran anak daun biasanya 85 cm x 5 cm.

Warna daun pohon pinang adalah hijau tua dan berubah menjadi kuning juga sudah tua. Bentuk pinggir daun bergerigi dan tampak seperti daun yang sobek.

- Bunga
Sebelum menghasilkan biji pinang, pohon ini akan tumbuh bunga dengan ciri memiliki tongkol spatha panjang dan gampang rontok. Tongkol bunga ini berada di bawah daun dengan panjang sekitar 75 cm. Tangkai bunga berukuran pendek dan cabangnya rangkap.

Pada bagian sumbu ujung bunga panjangnya mencapai 35 cm. Bunga ini terdiri dari 1 bunga betina di pangkal, kemudian di atasnya terdapat bunga jantan dengan susunan 2 baris.

Panjang bunga jantan 4 mm dengan warna kuning putih dan memiliki benang sari 6. Sedangkan untuk bunga pinang betina memiliki panjang 1.5 cm dengan bakal buah beruang hanya 1 saja.

- Biji
Dalam beberapa waktu, bunga-bunga pohon pinus akan menghasilkan biji dengan bentuk bulat seperti telur. Warna biji yang dihasilkan adalah merah semu oranye. Panjang biji antara 3.5 hingga 7 cm saja.

Biji pohon pinang di area kulit luarnya bertekstur keras, sedangkan dinding setelah kulit berserabut seperti buah kelapa. Ketika kamu membuka biji ini, maka harus menghilangkan serabutnya dahulu kemudian menemukan inti bijinya.

3. Persebaran Pohon Pinang

Pohon pinang bisa ditemukan di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan beberapa pulau lainnya di Indonesia. Untuk di kawasan Jawa sendiri, biasanya pohon ini akan tumbuh subur di daerah dengan ketinggian 1.400 mdpl.

4. Syarat Pertumbuhan Pohon Pinang

Pohon Pinang banyak kamu temukan di sebagian besar pulau-pulau di Indonesia. Hal ini karena kondisi tanah di Indonesia sangat cocok untuk pohon pinang. Pohon ini mampu tumbuh dengan baik jika tanahnya tidak ada lapisan cadas, berjenis laterit, aluvial dan lempung merah.

Selain faktor kesuburan tanah, kondisi Indonesia juga memiliki iklim tropis dengan curah hujan antara 750 hingga 4.000 mm per tahunnya. Musim hujan atau bulan basah terjadi selama 3 hingga 6 bulan, sehingga persediaan air untuk pohon pinang sudah sangat cukup.

Selain itu, kondisi suhu juga mendukung tumbuhnya pohon pinang. Suhu rata-rata di Indonesia antara 20 hingga 32 derajat celcius dengan kelembaban 50 sampai 90%. Kembali ke masalah tanahnya, tanah di Indonesia memiliki tingkat keasaman 4 sampai 8.

5. Jenis Pohon Pinang

Sebaran pertumbuhan pohon pinang yang luas tentu saja menghasilkan varietas yang bermacam-macam. Namun, secara umum ciri–ciri pohon pinang di Indonesia hampir-hampir sama. Beberapa varietas unggul pohon pinang yang ada di Indonesia adalah:
  • Pinang Aceh
  • Pinang Bulawan
  • Pinang Betara
  • Pinang Hutan
  • Pinang Irian
  • Pinang Merah
  • Pinang Kelapa
  • Pinang Biru
Sedangkan untuk kawasan India, varietas yang paling unggul dan bisa masuk pasar ekspor adalah pinang sumangala, mohitnagar, mangala, smruthi, srimangala dan sebagainya.

Pohon pinang tidak hanya unik pada ciri-ciri yang dimilikinya, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan hingga menonjolkan sisi budaya di suatu masyarakat, misalnya bagi orang Jawa. Manfaat apalagi yang dimiliki pohon ini? Bisakah kamu menyebutkannya?


Ciri Ciri Pohon Pinang - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Pinang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel