Ciri Ciri Pohon Rukem

Ciri Ciri Pohon Rukem
Rukem atau rukam merupakan salah satu jenis pohon langka yang banyak ditemui di alam liar. Tanaman ini diklaim sebagai tanaman asli Indonesia. Karena berada di alam liar, salah satu ciri-ciri pohon rukem ini adalah mampu tumbuh dengan baik tanpa diberi pupuk.

Masyarakat memanfaatkan bagian buah dari pohon rukem sebagai cemilan sehat yang kaya akan vitamin c. Tidak hanya buahnya saja, tetapi kayu dari pohon rukam juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat perkakas rumah.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Rukem

1. Klasifikasi Ilmiah Pohon Rukem

Berdasarkan ilmu taksonomi, tingkatan klasifikasi pohon rukem adalah:
  • Spesies : Flacourtia rukam
  • Genus : Flacourtia
  • Ordo : Malpighiales
  • Klad : Angiosperms, Eudicots, Mesangiosperms, core eudicots, rosids, superrosids, fabids
  • Subdivisi : Spermatophytina
  • Divisi : Tracheophyta
  • Kerajaan : Plantae

2. Morfologi Pohon Rukem

- Batang
Batang pohon rukem berwarna coklat kehijauan dengan diameter yang cukup kecil. Setiap batangnya memiliki beberapa ranting yang ditumbuhi daun bergerombol, sehingga pohon rukem tampak lebat.

Kamu harus berhati-hati jika ingin memetik daun atau buah rukem. Pasalnya, batang pohon ini memiliki duri yang cukup tajam di seluruh areanya. Ukuran panjang batang tanaman ini mencapai 8 hingga 10 cm. Sedangkan untuk tinggi pohon antara 5 hingga 15 meter.

- Daun
Bentuk daun dari pohon rukem cenderung kecil bulat dengan pinggiran halus. Warna daunnya hijau terang dan bisa berubah menjadi kuning jika iklim di sekitarnya terlalu ekstrim. Daun yang tumbuh di setiap batang atau ranting tersusun sejajar sehingga tampak rimbun dan padat. 


- Buah
Bagian yang paling dicari dari pohon rukam adalah buahnya. Jika sudah masak, buah pohon rukam berwarna merah terang dengan tangkai kecil pendek berwarna coklat. Kulit buah bertekstur halus. Buah ini nampak seperti buah apel mini secara sekilas.

Ketika kamu membuka bagian dalamnya, daging buah berwarna putih, dengan biji kecil di bagian tengah. Ukuran buah rukem sebesar koin 200 rupiah atau 500 rupiah. Rasa buah cenderung asam karena memiliki kandungan vitamin c yang tinggi.

Ketika masih muda, buah rukem berwarna hijau muda dengan diameter buah hanya mencapai 1 cm hingga 1.5 cm. Namun, ketika sudah siap panen, ukurannya antara 2 hingga 2.5 cm. 


3. Persebaran

Rukem atau rukam ini sudah dikenal sebagai tumbuhan liar yang akan mudah ditemukan di kawasan hutan. Di alam liar seperti hutan-hutan di Jawa, Kalimantan, Sumatera hingga Sulawesi pasti bisa ditemukan jenis tanaman ini. Namun, sayangnya pohon rukem sudah mulai langka.


4. Manfaat Pohon Rukem

- Untuk Cemilan Makanan Sehat
Kamu yang suka makan buah secara langsung tanpa diolah, maka bisa mencoba mengunyah buah ini. Namun pastikan untuk dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Ketika dimakan langsung biasanya rasa yang timbul berupa campuran manis, asam, sepat, tetapi menyegarkan.

Selain itu, jika tidak bisa memakannya secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan kekinian seperti jelly, selai dan manisan. Selain enak untuk dinikmati, khasiat dari buah rukem juga akan kamu dapatkan. 


- Bahan Furniture
Batang dari pohon rukem yang usianya sudah tua bisa kamu jadikan bahan dasar pembuatan perabot rumah atu furniture. Dikarenakan ukuran diameter batang tidak terlalu besar, maka furniture yang dibuat hanya jenis tertentu saja, misalnya kursi dan meja kecil.

- Sebagai Jamu
Bagian akar pohon bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jamu. Kandungan yang ada di akar rukem bisa memulihkan tenaga untuk ibu yang baru saja melahirkan. Namun, sebelum mengolahnya, kamu harus memastikan keadaan akar sudah dicuci bersih.

- Sebagai Obat
Manfaat yang luar biasa dari pohon rukem bisa diambil dari setiap bagiannya. Untuk buah rukem sendiri bisa digunakan untuk mengatasi disentri dan diare, memperkuat sistem imunitas tubuh dan membantu produksi kolagen pada kulit. 


Selain buahnya, Jika kamu membuat jus daun rukem, maka mata yang sedang meradang bisa berangsur-angsur kempes dan sehat kembali. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengobati alergi hingga menurunkan demam.

Pohon rukem saat ini menjadi salah satu jenis tumbuhan yang mulai langka dan susah dicari. Berdasarkan ciri-ciri pohon rukem, pohon ini mampu tumbuh dengan baik di alam liar. Meskipun demikian, belum ada masyarakat yang ingin membudidayakannya secara serius.


Ciri Ciri Pohon Rukem - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Rukem "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel