4 Ciri Ciri Bunga Anggrek

Ciri Ciri Bunga Anggrek

Tanaman anggrek memiliki bentuk yang begitu cantik, sehingga tidak heran jika banyak orang yang gemar mengoleksi tanaman ini. Sebagian besar ciri-ciri tanaman anggrek sama dengan tanaman jenis monokotil.

Akar

Jenis akar dari tanaman anggrek merupakan jenis akar serabut. Sehingga akar tersebut tidak menembus dengan begitu dalam pada media tumbuhnya. Pada jenis anggrek epifit, pada bagian akarnya mengandung air, karena memiliki rongga pada lapisan velamen yang dimilikinya.

Di bagian bawah lapisan velamen ada sebuah lapisan yang mempunyai kandungan klorofil. Pada beberapa tanaman anggrek juga ditemukan adanya mikoriza yang dapat bersimbiosis dengan tanaman anggrek itu sendiri.


Batang

Tanaman anggrek mempunyai batang yang bentuknya beruas-ruas. Pada jenis anggrek tanah, ukuran batangnya pendek dan bentuknya menyerupai umbi-umbian. Sedangkan anggrek epifit mempunyai batang yang tebal dan terlindungi dengan lapisan lilin.

Lapisan lilin tersebut bermanfaat untuk mencegah kemungkinan adanya penguapan yang berlebih. Jenis tanaman anggrek epifit bisa tumbuh melebar dan memanjang sesuai gennya masing-masing. 

Baca juga: Pohon Rasamala

Daun

Ciri-ciri tanaman anggrek juga bisa Anda kenali melalui bentuk daunnya yang memanjang dan cenderung oval. Bagian tulang daunnya juga memanjang. Akan tetapi, tak semua tanaman anggrek mempunyai karakteristik daun yang sama.

Pada jenis anggrek tertentu, daunnya bisa berupa jenis daun yang berair. Hal ini disebabkan karena daun tersebut berguna untuk menyimpan kandungan air dalam tanaman anggrek. Secara keseluruhan, bentuk daun anggrek ada empat jenis, diantaranya silindris, bertunggang, sendok, dan talang.

Baca juga: Pohon Rukem

Bunga

Bentuk dari bunga anggrek cukup unik, yaitu posisi tumbuhnya yang majemuk. Antara mahkota dan kelopak bunga tumbuh secara bergantian. Pada bagian tangkainya berbentuk memanjang dan bagian ketiak daunnya membentuk simetri bilateral.

Pada umumnya, anggrek mempunyai tiga kelopak bunga, di mana setiap kelopak terletak di punggung tangkai. Pada setiap bunga, terdapat dua mahkota bunga. Terdapat alat kelamin bunga pada bagian pusat bunga yang dikenal dengan sebutan putik dan benang sari.

Ciri-ciri tanaman anggrek juga berkaitan dengan tempat tumbuh tanaman ini yang merupakan daerah tropis. Maka, tanaman anggrek memiliki bentuk dan sifat yang menyesuaikan dengan tempat tumbuhnya. Jenisnya juga banyak dijumpai di seluruh dunia.


Ciri Ciri Bunga Anggrek - Cosmogril

Belum ada Komentar untuk "4 Ciri Ciri Bunga Anggrek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel