Raja-Raja Kerajaan Demak

Raja-Raja Kerajaan Demak

Kerajaan atau kesultanan Demak merupakan salah satu kerajaan terbesar di Pulau Jawa. Kerajaan Demak hadir dengan menyebarkan agama Islam di wilayah Nusantara. Hingga saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Kerajaan Demak juga merupakan kerajaan Islam pertama yang dibangun atas jasa raja kerajaan Demak.

Kerajaan Demak berdiri berkat jasa para wali songo dalam upayanya untuk menyebarkan agama Islam. Persebaran ini dilakukan pertama kali di Desa Glagah Wangi. Di desa ini didirikan sebuah pondok pesantren yang menjadi pusat pengetahuan dan perdagangan. Pada akhirnya, desa Glagah Wangi ini pun menjadi Kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. 


Raja Kerajaan Demak

Kerajaan Demak resmi berdiri pada tahun 1481 M. Selama masa kejayaan Kerajaan Demak, ada tiga orang raja yang memerintah dibaliknya. Ketiga raja tersebut yakni, Raden Fatah, Pati Unus, dan Sultan Trenggono. Ketiga raja tersebut memiliki ceritanya masing-masing. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Raden Fatah

Raja pertama kerajaan demak adalah Raden Fatah yang dikenal dengan sebutan Pangeran Jimbun. Tidak hanya itu, Raden Fatah juga memiliki sebuah gelar, yakni Sultan Alam Akbar Al-Fatah. Pemerintahan Raden Fatah dimulai pada tahun 1500 hingga 1518. Pada masa pemerintahan Raden Fatah inilah, Malaka jatuh ke tangan Portugis.

Setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis, maka diutuslah Pati Unus selaku anak dari Raden Fatah untuk menyerang balik. Namun, dengan 1513 pasukan tidak dapat mengalahkan Portugis. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya persenjataan yang lengkap. 

Baca juga: Bunga Anggrek

Pati Unus

Setelah Raden Fatah wafat, pemerintahan dilanjutkan oleh Pati Unus selaku anak dari raja kerajaan Demak pertama, Raden Fatah. Pemerintahan Pati Unus dimulai sejak tahun 1518 hingga 1521. Pati Unus ternyata juga memiliki nama panggilan lain, yakni Pangeran Sabrang Lor. Panggilan ini diberikan karena Pati Unus adalah sosok raja yang kuat dan berani.

Pada masa pemerintahan Pati Unus, Portugis dapat dilumpuhkan dengan cara memblokade area perkebunan sehingga Portugis kehabisan stok makanan. Setelah itu, Pati Unus pun merencanakan penyerangan ke Katir. 

Baca juga: Pohon Rasamala

Sultan Trenggono

Sultan Trenggono merupakan adik dari Pati Unus. Sultan Trenggono menggantikan posisi raja kakaknya, Pati Unus di kerajaan Demak. Pada masa pemerintahan Sultan Trenggono inilah kerajaan Demak bisa mencapai puncak kejayaannya. Masa pemerintahan Sultan Trenggono sendiri dimulai pada tahun 1521 hingga 1546.

Sultan Trenggono dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana. Sultan Trenggono juga mampu memperluas area kerajaan Demak hingga meliputi Jawa Timur dan Jawa Barat. Sultan Trenggono memukul balik Portugis dari Sunda Kelapa pada tahun 1522. Setelah Sunda Kelapa jatuh ke tangan Kerajaan Demak, barulah wilayah tersebut berganti nama menjadi Jayakarta.

Inilah kisah dari para raja Kerajaan Demak yang pernah memimpin kerajaan Demak hingga mencapai masa kejayaannya.


Raja Terkenal Kerajaan Demak - Cosmogirl

Konten ini di produksi oleh jasa content writer dan di optimasi menggunakan jasa content placement

Belum ada Komentar untuk "Raja-Raja Kerajaan Demak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel