Close

Hal Yang Harus Dilakukan jika Hobi Pasangan Mempengaruhi Keuangan Keluarga

Setiap orang memiliki hobi berbeda dan rela melakukan berbagai hal untuk merealisasikannya. Misalnya Hobi otomotif yang membutuhkan banyak biaya, baik biaya peralatan otomotif maupun bekerjasama dengan orang yang ahli di bidang otomotif.

Hobi memang mampu mengatasi stress akibat masalah yang dihadapi, tetapi apa jadinya jika hobi pasangan sampai mempengaruhi keuangan keluarga? Pastinya finansial bisa terganggu. Lebih baik bijak melakukan hobi dan menyalurkan sebagian keuangan untuk masa depan keluarga, Anda bisa memanfaatkan aplikasi investasi agar hobi tak berdampak pada finansial.

Setiap orang memiliki tingkatkan melakukan hobi masing-masing. Ada yang melakukan hobi tanpa memikirkan finansial keluarga dan memicu kehilangan semua harta benda, dan ada yang tetap menjalani hobi dan hati nuraninya memikirkan kebutuhan keluarga.

Cara Mengatasi Hobi Pasangan tanpa Mempengaruhi Keuangan Keluarga

Baik suami maupun istri, memiliki andil merealisasikan hobi yang berdampak buruk untuk keuangan. Saat suami memiliki hobi yang melebihi batas, sudah sepatutnya seorang istri menasehatinya agar keuangan keluarga tetap stabil. Berikut ada cara yang dilakukan agar hobi pasangan tidak mempengaruhi keuangan, antara lain:

  • Ajak Bicara Baik-baik

Kebanyakan pasangan memilih bertengkar saat ada masalah, banyak yang menjurus pembunuhan akibat permasalahan keuangan. Walaupun hobi pasangan mempengaruhi keuangan keluarga, pastikan mengajak pasangan bicara baik-baik. Carilah waktu luang untuk membicarakan permasalahan tersebut, walaupun pasangan marah tetapi Anda tak boleh tersulut emosi sebelum menemukan solusi.

Saat suami menyukai dunia otomotif dan memiliki keinginan membeli peralatan otomotif lengkap, Anda harus mengajaknya bicara baik-baik agar suami mengurungkan niatnya. Nasehatilah pasangan agar mementingkan keluarga, khususnya anak-anak karena keluarga lebih penting.

Sebagai pasangan, Anda tak bisa serta merta melarang pasangan meninggalkan hobinya karena berat. Biarlah pasangan melakukan hobinya tanpa mempengaruhi keuangan keluarga. Jika pasangan hobi belanja, nasehatilah agar belanja seperlunya saja yang menyangkut kebutuhan keluarga.

  • Merencanakan Anggaran Bersama

Anda dan pasangan harus merencanakan anggaran bersama. Jika suami maupun istri bekerja, bisa menghitung anggaran untuk kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah dan lainnya. Jika ada sisa, bisa digunakan untuk hobi pasangan.

Cara tersebut memberikan ketenangan untuk Anda dan pasangan karena mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran keluarga. Alhasil, pasangan bisa mengontrol hobinya dan menggunakan uang untuk kebutuhan penting. Agar anggaran aman, bisa mencari aplikasi investasi terbaik yang berfungsi mengendalikan pengeluaran yang tidak penting.

  • Disiplin Mengeluarkan Uang

Anda dan pasangan kerap mengeluarkan banyak uang setelah gajian? Sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut karena membuat keuangan tak terkendali. Terapkan kedisiplinan mengeluarkan uang dalam keluarga sehingga menghindari pengeluaran tak penting.

Saat pasangan lalai disiplin mengeluarkan uang karena hobi, Anda harus memberikan pengarahan agar menerapkan kedisiplinan. Bahkan, anak-anak bisa diajak andil bijak mengeluarkan uang sehingga melatih hidup hemat sejak kecil.

  • Menghargai Usahanya

Saat pasangan belum berhasil mengontrol hobinya yang mempengaruhi keuangan, Anda tak boleh menghakiminya. Walaupun gagal, bisa melihat perjuangan pasangan mengontrol hobi. Untuk itulah, hargai usahanya untuk hidup hemat.

Jika permasalahan pengeluaran semakin membengkak, bisa membuka tabungan untuk mengontrol keuangan keluarga. Anda bisa menerapkan cara tersebut jangka panjang agar keuangan keluarga stabil dan anak-anak mendapatkan kehidupan yang layak.

  • Memiliki Waktu untuk Keluarga

Anda atau pasangan termasuk tipe orang sibuk bekerja dan jarang di rumah? Jangan salah loh, hal tersebut menjadi pemicu pasangan larut pada hobinya karena merasa kesepian. Imbasnya, mempengaruhi keuangan keluarga karena yang dilakukan untuk membahagiakan dirinya akibat kesepian.

Walaupun Anda maupun pasangan sibuk bekerja sampai sore, luangkan waktu bersama keluarga sebagai kebersamaan yang hilang. Anda bisa merencanakan berbagai hal yang disukai, misalnya membuat kegiatan di rumah, berlibur ke objek wisata, ke rumah orang tua dan kegiatan positif lainnya. Hal tersebut membuat pasangan tak fokus dengan hobinya karena ditemani keluarga.

Permasalahan hobi pasangan yang berimbas pada keuangan keluarga bisa diselesaikan tanpa ada pertengkaran. Yang terpenting adalah saling terbuka dan bersedia menerima masukan dan kritikan dari pasangan. Anda bisa membuka rekening di Aplikasi digibank by DBS agar hobi tetap berjalan tanpa mempengaruhi keuangan keluarga. Proses pembukaan rekeningnya simple dan bisa dilakukan kapan saja, pastinya terdapat aplikasi investasi yang memudahkan keuangan keluarga karena banyak keunggulannya.

Keunggulan Aplikasi digubank by DBS yang Wajib Diketahui

Aplikasi digibank by DBS memudahkan finansial keluarga karena banyak produknya. Anda bisa membuka tabungan, investasi dan lainnya sesuai kebutuhan. Untuk keunggulannya tak diragukan lagi, berikut ada keunggulan yang harus diketahui:

  • Buka Tabungan Tanpa Ke Bank

Mayoritas orang enggan membuka rekening karena malas datang ke kantor, bayangkan saja jika Anda sibuk bekerja dari pagi sampai sore. Otomatis, tak sempat ke bank untuk membuka rekening. Belum lagi, dengan antrian panjang dan mengisi dokumen berlembar-lembar yang menyita waktu antar calon nasabah.

Tetapi, membuka tabungan di Aplikasi digibank by DBS tak perlu ke bank dan menunggu antrian panjang. Anda tinggal download aplikasinya di ponsel Anda.

  • Verifikasi Mudah

Aplikasi digibank by DBS memudahkan nasabah mengelola keuangan dengan baik serta menjadikannya aplikasi investasi terbaik yang mudah dimiliki karena proses verifikasinya yang cukup mudah. Anda cukup menyiapkan  e-ktp dan handphone saja untuk verifikasi. Aplikasi digibank by DBS menggunakan fitur face recognition on-boarding yaitu proses scan wajah dengan kamera depan handphone sehingga semua proses 100% digital dan tak perlu mendatangi booth atau agen.

  • Gratis Transfer, Biaya Admin Bulanan dan Tarik Tunai

Aplikasi digibank by DBS menyuguhkan kebebasan nasabah untuk transfer maupun tarik tunai. Anda bisa transfer tanpa biaya ke mana saja dan bebas dari biaya admin bulanan dengan syarat Anda memiliki saldo rata-rata minimal Rp5.000.000 per bulan.

Sementara untuk tarik tunai secara gratis di berbagai ATM. Kebebasan tarik tunai tersebut bisa Anda nikmati untuk untuk 5 x transaksi pertama setiap bulan.

Walaupun hobi pasangan sulit dikendalikan dan berimbas pada keuangan, Anda dan pasangan bisa bertahap mengurangi hobi. Anda bisa belajar memulai atur keuangan dengan membuka rekening di Aplikasi digibank by DBS agar finansial di masa depan tetap aman. Dengan aplikasi investasi yang aman, mulailah atur strategi keuangan keluarga Anda.

Tinggalkan komentar