Jenis Jenis Mesin Frais dan Fungsinya


Mesin Frais yang sering orang gunakan dalam proses pemotongan atau pembersihan sebuah bahan/objek dari benda kerja saat ini telah memiliki berbagai macam jenis. Dengan menggunakan mesin tersebut, Anda bisa membersihkan sebagian logam yang tidak dibutuhkan sehingga bisa dilihat dengan baik, atau digunakan secara maksimal. Berikut jenis mesin Frais yang saat ini tengah banyak orang gunakan di berbagai industri.

Jenis Mesin Frais yang Banyak Digunakan di Berbagai Industri

1. Tipe kolom dan lutut

  • Tangan
Salah satu mesin frais paling sederhana dan umum digunakan pada berbagai macam industri. Untuk proses pemotongannya sendiri, cukup dengan menggunakan tangan. Dengan sistem tersebut, jenis ini paling umum digunakan untuk pemotongan ringan saja.
  • Horizontal
Mesin Frais jenis ini dipasang secara horizontal di meja. Banyaknya kontrol yang membuat sistem kerjanya jadi lambat adalah salah satu kekurangannya. Untuk menggunakan mesin ini, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor agar hasil yang didapatkan sangat baik.
  • Vertikal
Salah satu ciri umum yang bisa dilihat dari jenis ini adalah bahan diletakkan secara vertikal untuk proses pemotongannya. Kelebihan dari jenis ini adalah mudah dioperasikan oleh siapa saja, terutama bagi para pemula.
  • Universal
Anda dapat meletakkan bidang kerja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dengan menggunakan jenis ini. Bahkan meja kerja tersebut bisa diputar hingga 45 derajat dari kedua sisi.

Baca juga: Surya-Harmoni

2. Fixed Bed

Jenis Fix Bed merupakan salah satu mesin dengan ukuran yang cukup besar. Bahkan alas mesinnya tetap menjadi satu kesatuan dari mesin tersebut. Berdasarkan dari kepala spindelnya, jenis ini terbagi menjadi tiga jenis. Jenis-jenisnya yang tersedia, yaitu simpleks, dupleks, serta tripleks. 

Baca juga: Cara Menggemukan Badan

3. Planner

Apabila Anda sedang membutuhkan jenis mesin frais yang digunakan untuk produksi besar-besaran, Planner akan sangat membantu dalam kebutuhan tersebut. Sama seperti halnya dengan Fixed Bed, namun yang berbeda dari jenis ini adalah Anda bisa melakukan pemasangan berbagai macam pemotong hingga kepala spindelnya. 

Baca juga: Jadwal Pelayanan Samsat di Kota Bandung


4. Special

  • Rotary Table
Ciri yang bisa dilihat secara jelas dari jenis ini adalah memiliki meja yang berbentuk bulat dan sumbu vertikal. Anda bisa mengatur ketinggian pemotong sesuai dengan keinginan. Kelebihan dari mesin ini yaitu bisa melakukan pemuatan serta pembongkaran benda kerja secara bersamaan sehingga sangat menghemat waktu kerja.
  • Drum
Sama seperti jenis Rotary Bed, namun yang membedakan adalah alasnya yang berbentuk seperti drum dan bergerak secara horizontal. Akan tetapi, dalam prosesnya tidak seperti jenis meja putar, Anda harus menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, kemudian melakukan pekerjaan berikutnya. Baca juga: Cara Membaca Mikrometer Sekrup
  • Planetary
Dalam proses pemotongan benda kerja dibuat diam di dalam jenis ini. Selain itu, mesin ini bisa digunakan untuk pekerjaan eksternal maupun internal sesuai dengan kebutuhannya.
  • Pantograf
Salah satu jenis yang banyak orang gunakan di dalam sebuah industri adalah Frais Pantograf. Mesin ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis lainnya, yakni dua dimensi dan tiga dimensi. Dua dimensi banyak digunakan untuk membuat sebuah huruf, sedangkan mesin tiga dimensi digunakan untuk menyalin sebuah model.
  • Tracer Controlled
Salah satu jenis yang banyak orang gunakan di dalam industri otomotif adalah Traced Controlled. Selain memiliki penggilingan yang cukup luas, mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat benda dari model yang telah ditentukan.

Itulah jenis mesin Frais yang banyak orang gunakan di berbagai industri. Tentunya dengan bantuan mesin tersebut, Anda dapat memotong beberapa bagian logam yang tidak digunakan dalam sebuah bidang kerja.



Macam macam Mesin Frais dan Fungsinya - Cosmo girl

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Mesin Frais dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel