4 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Secara Singkat

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Saat sekolah, Anda mungkin pernah belajar mengenai mikrometer sekrup. Ini merupakan materi fisika kelas 10. Selain di sekolah, alat ini juga dipakai pada bidang teknik seperti mesin, sipil, arsitektur, dan lainnya. Fungsi mikrometer sekrup adalah mengukur dengan presisi hingga 0,01 mm. Meskipun memakai nama mikro, akurais tersebut merupakan yang bisa dicapai oleh alat ukur ini. Agar mengerti cara memakai, Anda perlu mengetahui cara membaca mikrometer sekrup.

Metode dan Cara Membaca Mikrometer Sekrup yang benar

Alat ukur seperti ini memang jarang dipakai di kehidupan harian. Anda lebih sering memakai mistar atau penggaris dengan presisi 1 mm. Setelah itu, ada alat jangka sorong yang memiliki akurasi 0,1 mm, terakhir, mikrometer sekrup yang lebih akurat 10x dari alat sebelumnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara baca yang tepat alat mikrometer sekrup.


  • Pengukuran benda

Sebelum mulai membaca hasil ukur, Anda perlu melakukan pengukuran yaitu menggunakan alat untuk mengukur sebuah benda. Caranya adalah siapkan alat tersebut dan benda kecil misalnya koin. Perlu Anda ketahui, varian atau tipe mikrometer yang dipakai adalah versi luar dan manual.

Pertama, letakkan koin di bagian penjepit atau anvil lalu putar sekrup hingga terpasang kokoh. Setelah itu, kunci penjepit sehingga koin tidak bergerak. Selanjutnya gerakkan thimble ke kiri hingga pas dan putar agar sesuai. Anda melihat dua skala yaitu utama dan putar.


  • Skala utama

Skala utama terdiri dari dua bagian yaitu atas dan bawah. Tampilannya mirip mistar yaitu menunjukkan angka dengan skala 1 mm untuk bagian atas. Untuk bagian bawah, ada skala yang lebih presisi yaitu 0,5 mm karena posisi berada di antara dua batas skala utama bagian atas.

Anda kadang tidak melihat langsung angka melainkan dengan interval tertentu misalnya jarak per 5 mm. Hal ini diterapkan karena pemberian angka membutuhkan area yang luas. Jadi, sistem skala utama hanya sebatas garis tegak sebagai penanda skala tertentu.


  • Skala nonius atau putar kurang dari 0,5 mm

Bagian penting dari cara membaca mikrometer sekrup adalah skala putar. Inilah yang membuat mayoritas siswa masih bingung. Untuk mengukur skala utama, Anda cukup melihat dimana posisi batas akhir berhenti misalnya 3 mm di bagian atas dan ada lebih sedikit tetapi belum sampai 3,5. Dari situasi tersebut, rentang akurasi benda sekitar 3-3,5 mm. Dari skala putar, Anda mencari bagian yang masih kurang.

Skala ini terdiri dari 0 hingga 50. Anda cukup cek dimana posisi garis yang sejajar dengan skala utama. Misalnya, angka berhenti di 3. Sama dengan sebelumnya, penulisan angka bilangan dengan rentang 5 digiti seperti 5, 10, hingga 50. Diantara 5 dan 10, Anda hanya melihat garis horizontal sebagai tanda untuk 6, 7, 8, dan 9. Dari hasil 3 mm lalu skala putar menunjukkan angka 3 yang sejajar. Benda tersebut memiliki ukuran 3 mm + 0,03 yaitu 3,03 mm.


  • Skala putar lebih dari 0,5

Jika skala utama bagian bawah melewati 0,5 mm dan atas adalah 3 mm, rentang ukuran berada pada 3,5 mm dan 4,00 mm. Anda cek bagian skala putar dan berhenti di posisi 13. Ukuran benda tersebut adalah 3,5 + 0,13 mm yaitu 3,63 mm.

Seperti yang telah dijelaskan, skala putar merupakan bagian yang membuat presisi mikrometer sekrup menjadi 0,01. Anda bisa berlatih menerapkan cara membaca mikrometer sekrup. Saat ini, versi terbaru dari alat tersebut sudah tersedia teknologi digital (jenis mikrometer). Presisi hingga 0,001 dan hasil ukur ditampilkan di layar.


Cara Membaca Mikrometer Sekrup - Cosmo Girl

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Secara Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel