Close

7 Cara Klaim Asuransi Kesehatan Individu Secara Reimbursement di Allianz

Bagi Anda yang sedang kesulitan dalam mencari asuransi kesehatan keluarga. Anda tak perlu khawatir sebab banyak opsi yang dapat Anda lakukan. Mulai dengan cara online maupun dengan mengirim formulir yang telah mereka tentukan.

Seringkali, kita kesulitan dalam mencari cara mencairkan dana asuransi Allianz Life Indonesia. Cara yang rumit dan kompleks ini membuat kita sering kewalahan dalam mengurusnya. Apalagi ketika kondisi saudara sedang kritis.

Mengenal Asuransi Kesehatan, Pentingkah?

Asuransi kesehatan adalah kontrak yang mengharuskan perusahaan asuransi untuk membayar sebagian atau seluruh biaya perawatan kesehatan seseorang sebagai ganti premi.

Lebih khusus lagi, asuransi kesehatan biasanya membayar biaya medis, bedah, obat resep, dan terkadang biaya perawatan gigi yang dikeluarkan oleh tertanggung.

Asuransi kesehatan dapat mengganti tertanggung untuk biaya yang timbul dari penyakit atau cedera, atau membayar penyedia perawatan secara langsung.

Hal ini sering disertakan dalam paket tunjangan pemberi kerja sebagai sarana untuk menarik karyawan berkualitas, dengan premi yang sebagian ditanggung oleh pemberi kerja tetapi sering juga dipotong dari gaji karyawan.

Biaya premi asuransi kesehatan dapat dikurangkan ke pembayar, dan manfaat yang diterima bebas pajak, dengan pengecualian tertentu untuk karyawan perusahaan tersebut.

Apa yang tercakup oleh asuransi kesehatan?

Jenis pertanggungan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan bisa sangat komprehensif, seperti kompensasi untuk operasi bedah, dan penyakit medis tetapi beberapa mungkin hanya memberikan pertanggungan dasar, seperti menutupi biaya kamar rumah sakit dan kondisi medis ringan.

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengambil asuransi kesehatan untuk memastikan bahwa polis tersebut sesuai dengan kebutuhan medis Anda. Berikut beberapa jenis asuransi yang tercakup:

  1. Rawat inap dan bedah: Pemberian biaya rawat inap dan pembedahan yang timbul karena penyakit yang menjadi tanggungan dalam polis.
  2. Penyakit kritis: Memberi Anda manfaat sekaligus setelah diagnosis salah satu dari 36 penyakit menakutkan atau penyakit tertentu.
  3. Pendapatan disabilitas: Memberikan aliran pendapatan untuk menggantikan sebagian dari pendapatan sebelum disabilitas Anda ketika Anda tidak dapat bekerja karena sakit atau cedera.
  4. Pendapatan ketika di rumah sakit: Membayar Anda sejumlah uang tertentu setiap hari, mingguan atau bulanan, tunduk pada batas tahunan, jika Anda harus tinggal di rumah sakit karena sakit, sakit atau cedera yang perlu Anda tanggung.

Perhatikan bahwa sebagian besar asuransi kesehatan akan mengecualikan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Artinya jika Anda sudah menderita suatu kondisi medis, misalnya jika Anda memiliki hipertensi (tekanan darah tinggi), Anda tidak dapat mengambil asuransi untuk membayar pengobatan atau komplikasi yang timbul dari penyakit itu.

Lalu, apa beda Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa?

Dari segi perlindungannya, Asuransi kesehatan memberikan pertanggungan atas biaya pengobatan dan rumah sakit. Untuk cakupan individu, keluarga atau kelompok.

Dan dari segi perencanaannya, hal tersebut mencakup Paket asuransi kesehatan yang komprehensif, cakupan penyakit kritis dan banyak lagi

Di sisi lain, Asuransi jiwa akan menanggung kewajiban keuangan yang mungkin dihadapi seseorang jika mereka tidak dapat bekerja karena cacat tetap, atau memberikan dana kepada tanggungan pemegang polis saat meninggal.

Untuk cakupan individu atau kelompok. Pertanggungan seumur hidup kelompok biasanya diberikan sebagai bagian dari imbalan kerja

Selain itu, dalam perencanaan ketika Anda memilih asuransi jiwa mencakup rencana jangka panjang, tabungan, terkait anak (penciptaan kekayaan), pensiun dan banyak lagi.

Sekilas mengenai apa itu Asuransi Allianz Life Indonesia

Anda mungkin baru mendengarnya. Penasaran apa sih itu Allianz Life Indonesia? Allianz SE adalah perusahaan jasa keuangan multinasional Jerman yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis intinya adalah asuransi dan manajemen aset.

Di sini, Allianz Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia karena pada tahun 2020, Allianz adalah perusahaan asuransi terbesar di dunia. Jika kita ukur kembali dengan aset $1,134,954 miliar menurut Forbes. Pendapatan tahun 2020 mencapai €140,5 miliar.

Sebagai informasi, untuk tahun fiskal 2017, Allianz melaporkan pendapatan sebesar EUR€6,8 miliar, dengan pendapatan tahunan sebesar EUR€126,1 miliar.

Berbanding dari siklus fiskal sebelumnya dengan peningkatan sebesar 3%. Saham Allianz diperdagangkan lebih dari €185 per saham, dan kapitalisasi pasarnya senilai US€78,5 miliar pada November 2018.

Apa saja beberapa metode klaim asuransi kesehatan individu di Allianz Life Indonesia?

Tahukah kamu, kini untuk melakukan klaim terhadap asuransi kesehatan dapat kita lakukan dengan mudah. Cara yang ada kini bisa kita klaim secara cashless maupun reimbursement.

Selain itu terdapat juga beberapa metode pencairan asuransi kesehatan dengan aplikasi eAZy Claim dan Allianz Life Indonesia eAZy Med.

Klaim dengan Cashless, mudah?

Balik lagi, jika Anda melakukan klaim terhadap asuransi Anda dengan cara cashless maka klaim ini hanya berlaku pada produk tertentu.

Dengan asuransi kesehatan cashless, klaim ini hanya bisa Anda lakukan hanya di beberapa Rumah sakit yang terafiliasi dengan Allianz Life Indonesia.

Jika Anda bertanya mengenai prosedur yang akan Anda tempuh dengan cara cashless, maka caranya Anda hanya perlu menunjukkan kartu member Allianz Life Indonesia kepada admin di rumah sakit tersebut.

Dengan beberapa langkah konfirmasi, maka admin akan mengontak Allianz Life Indonesia. Akan ada beberapa saat untuk mendapatkan konfirmasi tersebut. Bila telah terima, maka permintaan ini akan segera dipermudah. Maka, nasabah dapat rawat inap tanpa perlu mendepositkan uang jaminan.

Apa itu Reimbursement?

Polis asuransi yang mana tertanggung pertama-tama harus membayar kerugian sendiri dan kemudian mencari penggantian untuk setiap kerugian yang ditanggung dari perusahaan asuransi.

Hal ini tentunya berkebalikan dengan kebijakan di mana perusahaan asuransi diharuskan untuk “membayar kerugian atas nama” tertanggung.

Proses klaim reimbursement

Metode ini merupakan cara yang sering kita temukan di mana kita sebagai tertanggung akan menggunakan dana pribadi untuk membayar segala proses pengobatan secara langsung.

Lalu, penggantian dana ini dapat kamu lakukan ketika Anda sudah menabung asuransi yang telah ada dan tergantikan oleh Allianz Life Indonesia. Hal ini hanya akan memakan waktu mulai dari 7 hari hingga sebulan maksimal.

Untuk mempermudah proses klaim reimbursement, Anda sangat perlu memperhatikan segala dokumen yang Anda kumpulkan agar proses berlangsung dengan cepat dan mudah.

Apa saja cara klaim asuransi kesehatan Allianz Life Indonesia Individu secara reimbursement?

  1. Membawa dan mengisi formulir Allianz Life Indonesia secara lengkap saat berobat.
  2. Segera lengkapi beberapa kelengkapan surat seperti hasil pemeriksaan penunjang diagnostik dan fisioterapi, surat rujukan, hasil diagnosis dokter, Resume Medis dan copy resep.
  3. Tak lupa untuk meminta bukti pembayaran detail biaya pengobatan, operasi dan lainnya dengan kuitansi asli.
  4. Di sini, Anda bisa memilih untuk klaim asuransi Allianz Life Indonesia online melalui Allianz Life Indonesia eAZy Claim.
  5. Atau Anda juga bisa memilih untuk mengirim seluruh dokumen tersebut ke kantor pusat Allianz Life Indonesia Jakarta melalui Mailing Room.
  6. Lalu, Anda tinggal perlu menunggu waktu bagi Claim Analyst dari Allianz Life Indonesia untuk menganalisis dan memutuskan status klaim Anda agar dapat sesuai dengan peraturan perusahaan dan polis asuransi Anda.
  7. Terakhir, pihak Service Guarantee inilah akan menjamin klaim asuransi kesehatan segera bayar biaya pengobatan Anda dalam 7 hari kerja.

Apa sih persyaratan dalam pengajuan klaim asuransi kesehatan Allianz Life Indonesia?

  1. Fotokopi identitas yang tertanggung seperti KTP atau paspor.
  2. Keterangan bukti buku rekening
  3. Bukti hasil pemeriksaan oleh tertanggung melalui hasil resmi rumah sakit
  4. Form klaim asuransi kesehatan secara individu
  5. Formulir CV medis
  6. Kwitansi asli milik rumah sakit yang bersangkutan berikut perinciannya
  7. Surat rujukan dari dokter spesialis ataupun fisioterapi dan hasil pemeriksaan diagnostik oleh dokter
  8. Fotokopi hasil pemeriksaan dan kopian resep pengobatan yang dimiliki tertanggung
  9. Dokumen pelengkap

Pengisian formulir Klaim Allianz Life Indonesia Insurance reimbursement

Pertama, Anda perlu mengisi nama pemilik polis yang tertuju. Jika itu merupakan milik kerabat Anda maka Anda perlu mengisi sesuai dengan nama yang tertera di KTP nya.

Kemudian lanjut dengan beberapa keterangan tambahan lainnya seperti tempat, tanggal lahir, nomor telepon dan alamat email.

Selanjutnya, Anda langsung bisa mengisi format pembayaran yang ingin Anda lakukan bisa kamu lakukan dengan transfer ke rekening rumah sakit bersangkutan atau melalui pemegang polis.

Setelah itu, Anda bisa mengumpulkan bukti lainnya dan Anda gabungkan untuk bisa Anda kumpulkan baik itu online maupun melalui kantor pos.

Apa saja pilihan produk yang dapat melalui cara reimbursement ini?

Beberapa pilihan produk asuransi Allianz Life Indonesia dapat menggunakan cara reimbursement seperti Maxi Violet, Allisya Care, Flexicare Family, Rider HSC+ dan lainnya.

 

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

NAP :

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi,

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / [email protected]

 

Google Maps :

FAQ

  1. Apakah asuransi kesehatan itu penting?

Jawab: Asuransi kesehatan akan membantu Anda untuk membayar berbagai biaya rawat inap dan pengobatan yang akan Anda keluarkan jika Anda sakit atau cedera.

Pengeluaran ini akan mencakup kamar rumah sakit, biaya profesional dan operasi, serta persediaan dan layanan medis.

Polis asuransi kesehatan juga akan membantu Anda jika tidak dapat lagi bekerja dan memperoleh penghasilan karena sakit atau cedera.

  1. Berapakah biaya premi Asuransi Allianz Life Indonesia per bulan?

Jawab: Umumnya Anda sudah bisa mulai untuk menabung premi asuransi sebesar Rp.50.000 per bulannya. Namun hal itu kembali bergantung pada jenis produk yang kamu pilih nantinya.

  1. Siapa saja yang berhak untuk dapat menabung dalam Asuransi Allianz Life Indonesia ini?

Jawab: Allianz Life Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang memberikan layanan asuransi untuk semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

  1. Di mana saja rumah sakit yang terafiliasi dengan Allianz Life Indonesia?

Jawab: Allianz Life Indonesia telah bekerja sama dengan banyak rumah sakit, hingga klinik yang bisa kamu temukan baik itu di Jakarta, dalam negeri maupun luar negeri. Mulai dari Rumah Sakit Abdi Waluyo hingga Rumah Sakit Pondok Indah pun ada.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai rumah sakit yang terafiliasi dengan Allianz Life Indonesia, Anda pun dapat mengunjungi situs resmi Allianz Life Indonesia.

  1. Berapa lama sih proses klaim asuransi Allianz Life Indonesia bisa kita terima?

Jawab: Proses ini tidak akan memakan waktu lama bagi Anda yang telah mengirimkan dokumen selengkap-lengkapnya. Namun perlu Anda ingat, proses verifikasi ini akan memakan waktu sementara.

Dan jika sudah kita terima, maka pembayaran akan segera kami proses dalam 7 (tujuh) hingga 14 hari ke depan.

Namun, bagi Anda pemegang asuransi jiwa Allianz Life Indonesia, maka pemegang polis dapat langsung menerima cairan dana. Hal ini pun berlaku bagi yang mengalami kecelakaan yang menyebabkan kelumpuhan total maupun sementara.

Demikian beberapa cara klaim asuransi kesehatan keluarga secara reimbursement yang bisa kamu terapkan. Tentunya cara ini sangat mudah untuk kamu terapkan. Untuk info lebih lanjut, kunjungi situs resmi Allianz Life Indonesia.

Tinggalkan komentar