4 Fungsi Penting Chatbot demi Pelayanan Usaha yang Optimal

Chatbot merupakan sistem pelayanan pelanggan yang didesain untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui suara maupun teks. Sangat membantu dalam menerima pemesanan barang, memberikan informasi produk, promosi dan lain sebagainya.

4 Fungsi Penting Chatbot Bagi Perusahaan

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi AI turut mempengaruhi peran chatbot menjadi lebih maksimal. Interaksi yang dilakukan dengan pelanggan semakin luwes dan tidak kaku layaknya robot seperti sebelumnya.

Dengan memanfaatkan layanan ini maka perusahaan akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut:

  • Operasional Usaha lebih Mudah

Saat pelanggan memberikan pertanyaan yang umum, maka akan mendapatkan jawaban yang lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan efisiensi pada operasional perusahaan, karena tidak memerlukan banyak agen layanan pelanggan agar memuaskan.

  • Bisnis Bertumbuh dengan Cepat

Berkat informasi yang akurat sesuai dengan hal penting yang menjadi kebutuhan sesuai dengan preferensi pelanggan. Pelanggan dapat lebih mudah dan cepat dalam menemukan produk maupun layanan yang dibutuhkan. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan bisnis yang dikembangkan perusahaan secara signifikan.

  • Akurat, Efisien, dan Hemat

Layanan ini juga memberikan pola komunikasi yang sangat mirip dengan logika manusia.  AI yang didesain dengan memanfaatkan machine learning dan deep learning ini mempunyai pola yang sistematis. Fungsinya sangat efektif dalam mengurangi kesalahan dan memberikan informasi yang lebih akurat.

Layanan ini membuat pelanggan dapat mengajukan pertanyaan diluar jam kerja biasa, bahkan dapat melakukannya pada tengah malam. Bahkan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan dengan mengurangi biaya operasional sampai sebesar 30%.

  • Integrasi dengan Sistem CRM

Manfaat yang akan dirasakan perusahaan akan semakin maksimal ketika layanan ini diintegrasikan dengan Customer Relationship Management (CRM).  Karena informasi yang berhasil dihimpun saat berinteraksi dengan pelanggan akan otomatis disinkronisasi dengan profil pelanggan pada CRM.

Hal ini akan sangat bermanfaat karena memperkaya data pelanggan dan meningkatkan kemampuan analitik. Apalagi ketika layanan ini terintegrasi dengan platform CRM omnichannel (OmniX) yang mampu memberikan akses kepada history data pelanggan.

Apabila Anda berminat untuk menggunakan layanan chatbot yang terintegrasi dengan omnichannel (OmniX), maka dapat menghubungi PT Infomedia Nusantara. Anda akan mendapatkan layanan yang didukung teknologi 3A (Automation, AI dan Analytics) untuk meningkatkan relevansi dan kepuasan pelanggan.

Tinggalkan komentar