Saat membangun sebuah bisnis, Anda perlu mencerna berbagai istilah, misalnya branding, marketing dan banyak lagi. Terdapat perbedaan branding dan marketing yang harus dipahami demi menunjang kesuksesan bisnis Anda. Sebab, untuk mencapai kesuksesan tergantung dari strategi tum marketing dan branding Anda.
Pengertian Branding dan Marketing
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fungsi branding dan marketing, maka perlu memahami pengertian terlebih dahulu. Seperti diketahui bahwa keduanya memiliki perbedaan tujuan masing-masing yang pada akhirnya mempengaruhi strategi bisnis.
-
Pengertian Marketing
Marketing merupakan serangkaian alat, proses hingga strategi untuk mempromosikan produk layanan dan perusahaan. Untuk membangun koneksi perusahaan dengan pelanggan, Anda membutuhkan marketing. Sebagai seorang marketer, Anda harus bisa mengidentifikasi siapa pelanggan Anda, kemudian dapat mengedukasi tentang produk dari brand perusahaan.
-
Pengertian Branding
Branding adalah kegiatan internal yang bertujuan membentuk brand dari perusahaan. Keberhasilan sebuah branding akan memberikan pengaruh terhadap strategi marketing yang harus dijalankan perusahaan.
Perbedaan Branding dan Marketing
Pengertian di atas bisa menjadi gambaran awal memahami perbedaan branding dan marketing. Berikut ini perbedaan mendalam antara kedua istilah tersebut yang wajib dipahami:
-
Jangka Waktu Ketertarikan Konsumen
Pada dasarnya jangka waktu ketertarikan konsumen terhadap branding dan marketing sangat berbeda. Strategi marketing mampu menarik perhatian konsumen hanya dalam jangka waktu pendek. Sedangkan branding bisa menarik perhatian pelanggan dalam jangka waktu lebih lama.
-
Hasil yang Akan Didapatkan
Marketing dapat mendatangkan angka penjualan, sedangkan branding akan meningkatkan kepuasan di mata pelanggan. Marketing perusahaan hanya untuk mendatangkan hasil penjualan tidak terlepas dari apapun strategi yang digunakan. Sebab, tujuan utama bisnis adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
Namun, branding bagi bisnis juga penting untuk melakukan pendekatan dalam jangka panjang. Meskipun tidak serta merta meningkatkan penjualan, namun branding bisa membangun kepercayaan dan sentimen pelanggan agar tetap setia pada brand Anda.
-
Prioritas Kegiatan
Perbedaan branding dan marketing selanjutnya terletak pada prioritas kegiatan. Sebelum memasarkan produk atau jasa Anda, cobalah berpikir mengenai branding yang akan diterapkan. Tanyakan apakah branding perusahaan sudah jelas, kemudian tetapkan juga apa yang ingin Anda bawa kepada konsumen.
Setelah menetapkan tujuan-tujuan tersebut maka barulah bisa memulai memasarkan barang atau jasa. Pada dasarnya, tugas brand marketing menetapkan tujuan-tujuan tersebut.
Marketing atau Branding yang Harus Didahulukan?
Manakah yang harus didahulukan antara branding atau marketing? Jawaban yang tepat adalah membangun citra produk atau jasa melalui branding, kemudian bisa menjalankan marketing. Alasannya, Anda tidak bisa memasarkan produk tanpa proses branding yang sudah dibangun.
Citra brand yang jelas akan membuat bisnis dikenal baik di mata pelanggan, namun juga membantu dalam menentukan strategi marketing. Untuk menjalankan branding dan marketing secara tepat Anda membutuhkan jasa website development dari Boleh Dicoba Digital (BDD).
Memahami perbedaan branding dan marketing akan membantu membangun bisnis lebih berkembang pesat. Bangun citra produk atau jasa melalui branding, kemudian bisa menentukan strategi marketing yang tepat. Untuk membantu mewujudkannya Anda bisa menggunakan agensi digital marketing dari Boleh Dicoba Digital (BDD) karena berpengalaman dan sudah menangani banyak klien.