-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud dengan Mesin Jilid Lem Panas


Dakam membuat buku tentu membutuhkan proses penjilidan. Dalam proses tersebut tentu diperlukan teknik penjilidan baik menggunakan mesin binding buku otomatis ataupun mesin jilid buku manual. Dimana penggunaannya disesuaikan dengan material kertas, ukurannya juga ketebalannya.

Terdapat tiga teknik penjilidan yang umum digunakan. Tiga teknik tersebut ialah teknik jilid staples, teknik jilid spiral dan juga teknik jilid lem panas. Kali ini kita akan mengulas mengenai teknik jilid lem panas yang masih membutuhkan keberadaan mesin untuk menyempurnakan hasilnya. 

Sebab itulah pembahasan akan lebih fokus pada mesin jilid lem panas. Mulai dari pengertian hingga cara kerja mesin jilid lem panas.

Definisi Mesin Jilid Lem Panas dan Cara Kerjanya

Teknik jilid lem panas dapat dibilang sebagai salah satu perfect binding setelah jahit benang. Teknik ini memberi hasil akhir yang lebih rapi, kuat, tahan lama dan juga lebih menarik secara tampilan. Sebab pada bagian punggung buku terlihat lebih siku dan keras di bagian lemnya. 

Sebagai contoh, bisa Kamu lihat pada novel dan juga beberapa buku cetak mata pelajaran. Teknik ini tidak cukup dengan keterampilan tangan tetapi juga perlu mesin binding buku khusus untuk diterapkan.

Mesin jilid lem panas adalah mesin yang digunakan pada proses penjilidan dengan teknik jilid lem panas. Dimana perekat yang digunakan adalah lem dengan daya rekat yang sangat kuat. Harga mesin ini cukup terjangkau serta tersedia dalam berbagai ukuran. Mesin ini semi otomatis sehingga lebih praktis.

Cara menggunakan mesin jilid lem panas cukup mudah. Kamu hanya perlu memastikan bahwa buku mempunyai punggung buku. Salah satu sisi kertas akan disisir agar lem dapat meresap masuk serta merekatkan kertas dengan lebih kuat. Lem tersebut sebelumnya juga sudah dipanaskan. 

Proses ini tidak lebih dari 30 detik saja. Namun pastikan mesin yang Kamu gunakan cukup berkualitas agar hasil akhirnya memuaskan.

Itulaj sedikit informasi seputar mesin jilid lem panas. Semoga informasi yang ada dalam artikel ini dapat memberikan manfaat juga pengetahuan.