Close
√ Video Explainer: Konten Sempurna Untuk Bisnis StartUp - CosmoGIRL -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Video Explainer: Konten Sempurna Untuk Bisnis StartUp


Video explainer, mengapa begitu penting?

Ya, sebab peningkatan pada grafik tingkat konversi adalah hal yang didambakan setiap bisnis. Ada ribuan alat yang bertujuan untuk membantu bisnis dalam mencapai tujuan itu.

Tapi mereka adalah alat. Mereka perlu digunakan dengan benar sebelum dapat berguna. Video explainer, di sisi lain, adalah jenis konten yang berfungsi sebagai alat: Mereka tidak harus "digunakan" dengan cara tertentu.

Setelah video explainer dibuat, yang diperlukan hanyalah proses promosi yang tepat (dan agak lama).

Banyak perusahaan menggunakan artikel bertele-tele untuk mempromosikan produk mereka. Yang lain berpikir di luar kebiasaan dan menggunakan video untuk promosi produk. Jenis video ini dikenal sebagai video explainer.

Video explainer adalah video pendek (biasanya berupa video animasi) yang menjelaskan apa yang dilakukan, ditawarkan, atau diproduksi oleh bisnis kamu.

Tujuan utama dari video explainer adalah untuk membuat orang memahami dengan jelas apa yang kamu lakukan, sehingga membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik tentang menyewa layanan kamu atau membeli produk kamu.

Penggunaan video explainer telah meningkat secara progresif saat perusahaan rintisan bermunculan di mana-mana di seluruh dunia. Sebagian besar startup menggunakan penjelajah di halaman arahan mereka di mana pengunjung pertama kali biasanya tiba.

Mayoritas pengguna video explainer adalah pemula, tetapi bukan berarti perusahaan besar mengabaikan potensi mereka.

Berikut adalah contoh video explainer:

Explainer Video for Command Center 112 Surabaya | Ultimate Tier

Mengapa video explainer?

Isyarat visual dan audio jauh lebih kuat daripada teks, dan video menggabungkannya. Hampir setiap aspek dunia bergeser ke dunia digital, itulah sebabnya memiliki video tentu saja merupakan investasi yang aman untuk bisnis.

Tidak seperti media promosi fisik (pamflet, brosur, baliho, iklan surat kabar, dll.), konten digital jauh lebih hemat biaya dan dapat dilacak.

Kamu akan dapat memantau kinerja video kamu, siapa yang menontonnya, kapan dan dari mana pemirsa kamu berasal, dan banyak poin data lainnya yang akan berguna saat merumuskan langkah strategis kamu berikutnya.

Bahkan dengan platform hosting video gratis seperti YouTube dan Vimeo, kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur daripada yang mungkin kamu perlukan sebagai startup.

Video explainer juga berpotensi menjangkau audiens yang lebih luas dan menghasilkan lebih banyak prospek melalui banyak platform online yang tersedia saat ini.

Dengan kata lain, video explainer lebih dapat dibagikan di seluruh Internet.

kamu dapat membagikan video explainer di sebagian besar platform media sosial karena ukurannya ringan (bahkan dengan kualitas full-HD).

Kamu dapat menggunakannya di halaman arahan situs web kamu, melampirkan ke email, dan pada akhirnya membantu visibilitas kamu ke mesin pencari.

Belum lagi kamu membantu lingkungan dengan tidak membuang kertas untuk pamflet.

Video Explainer Mempermudah Proses Konversi

Menurut ringkasan Insivia, 90% konsumen berpikir bahwa menonton video produk membantu proses pengambilan keputusan mereka. Ini bekerja seperti itu karena mereka tahu lebih banyak tentang apa yang akan mereka dapatkan sebagai imbalan atas uang mereka.

Itu berarti kamu dapat menggunakan video explainer di mana saja — di situs web kamu atau diputar di etalase kamu — selama video tersebut dapat menjangkau konsumen target kamu.

video explainer bukanlah penghasil penjualan: Itulah yang harus dikuasai oleh perwakilan penjualan kamu.

Sebaliknya, video explainer adalah konten gerbang yang menarik audiens kamu ke dalam rasa ingin tahu tentang perusahaan kamu dan keinginan untuk mengetahui lebih lanjut.

Itulah mengapa setiap video penjelajah hebat (seperti yang ada di daftar pamungkas ini) memiliki ajakan bertindak.

Ajakan bertindak bervariasi dari satu video ke video lainnya tergantung pada apa yang dicari perusahaan. Ajakan bertindak dapat berupa undangan untuk mengunjungi situs web tertentu atau menelepon nomor telepon tertentu.

Dengan begitu, pemirsa mengetahui tindakan selanjutnya yang harus dilakukan, terlepas dari apakah mereka ingin melakukannya atau tidak.

Video Explainer Membantu Pengoptimalan Mesin Pencari

Google masih terus berevolusi dan memperbarui algoritmanya, yang berdampak pada sulitnya mencapai SERP (Search Engine Ranking Position) yang lebih tinggi.

Situs web dengan video di halaman arahan lebih mungkin muncul di halaman pertama SERP.

Google lebih cenderung menempatkan situs web dengan video di posisi peringkat yang lebih tinggi. Google menyertakan cuplikan YouTube dan Vimeo dalam hasil pencarian mereka.

Sekarang, mana yang lebih kamu pilih? Thumbnail video atau tautan biasa ke situs web?

Kesimpulan

Video explainer adalah bagian konten pemasaran yang kuat yang dapat ditempatkan dengan baik di berbagai tempat di Internet. Jika kamu tidak bisa membuatnya sendiri, kamu bisa mempekerjakan agensi profesional seperti VideosID.

Ini telah menjadi tren di dunia pemasaran online dan senjata kamulan bagi para pemula untuk memulai bisnis mereka.

Selain itu, video explainer dapat membantu perusahaan menarik lebih banyak perhatian dan dengan demikian menghasilkan lebih banyak prospek.

Dalam hal pertimbangan teknis, memiliki video di situs web kamu selalu baik untuk meningkatkan peringkat halaman mesin pencari (SERP) kamu.

Tentang Penulis

Andre Oentoro, merupakan CEO dan Founder dari Breadnbeyond, Explained, dan VideosID. Dia membantu bisnis meningkatkan rasio konversi, melakukan banyak penjualan, dan mendapatkan ROI positif dari video explainer.

Twitter: @breadnbeyond

Email: andre@breadnbeyond.com

LinkedIn: Andre Oentoro

Posting Komentar untuk "Video Explainer: Konten Sempurna Untuk Bisnis StartUp"