Close
√ Mengenal Set Top Box, Cara Mudah Nonton TV Kabel - CosmoGIRL -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Set Top Box, Cara Mudah Nonton TV Kabel

 


Apakah Anda suka nonton serial atau film streaming di TV Anda? Maka Anda memerlukan set top box alias STB di rumah Anda. Memiliki akses ke konten digital on-demand, termasuk tayangan favorit Anda seperti acara TV dan film, memang sangat menyenangkan. Apalagi jika di rumah Anda punya TV HD.

Nonton TV kabel memang sudah jadi gaya hidup orang jaman sekarang. Kenyamanan menonton tayangan TV berkualitas di rumah yang nyaman, sambil ngemil, ngopi, atau ngevape Aegis pod, memang sungguh menyenangkan. Tinggal siapkan koneksi internet stabil dan STB Indihome, and you’re good to go! Nah, Anda perlu mengenal apa itu STB dan bagaimana cara kerjanya untuk menikmati hiburan tanpa batas ala TV kabel.

Apa itu Set Top Box?

Juga dikenal sebagai set top unit, set top box alias STB adalah kotak kabel yang memungkinkan pengguna melihat konten video dari penyedia video melalui internet. Alat ini awalnya digunakan untuk satelit dan televisi kabel. Tapi sekarang, tujuan utamanya adalah untuk streaming film dan serial televisi.

STB juga memungkinkan perangkat TV untuk mengubah sinyal televisi digital (DTV) menjadi analog. Ini menjadikannya solusi ideal bagi pemirsa yang ingin menggunakan TV analog mereka untuk menerima siaran digital.

Selain itu, STB bekerja dengan menerima dan mendekode siaran DTV yang dapat dilihat di pesawat televisi konvensional. Mereka juga membiarkan pengguna memilih dari penyedia tertentu, lalu memfilter ke konten video yang ingin mereka tonton.

Cara Memilih STB yang Bagus

Untuk memastikan Anda mendapatkan unit STB terbaik untuk kebutuhan hiburan rumah Anda, berikut adalah fitur-fitur yang harus Anda perhatikan.

1. Penyimpanan

Jika Anda berencana menggunakan dekoder hanya untuk streaming film, Anda mungkin tidak memerlukan penyimpanan apa pun. Tetapi jika Anda memiliki koleksi film dan perpustakaan musik, pilih STB dengan penyimpanan internal.

Ini sangat penting jika Anda ingin menyimpan dan memutar file-file itu secara bersamaan. Anda dapat menyimpan file-file yang telah Anda buat ke perangkat dan menonton semuanya di TV Anda.

2. Digital Living Network Alliance (DLNA)

DLNA memungkinkan Anda mengakses file dari satu perangkat di perangkat lain, termasuk perangkat Apple. Ini mereplikasi banyak fitur terbaik AirPlay. Selain itu, fitur ini memungkinkan Anda mengambil file dari komputer lalu mengirimkannya ke TV. Anda bisa mendapatkan kemampuan nirkabel seperti AirPlay dengan STB dan pemutar Blu-ray.

3. Kualitas Streaming

Pasti menyenangkan untuk menstreaming konten berkualitas terbaik saat menonton film di TV HD Anda. Ada sejumlah STB yang dapat melakukan streaming konten 1080p atau lebih tinggi, salah satunya adalah STB Indihome.

Perangkat ini memungkinkan Anda menjelajahi web, menonton film, serta menjalankan aplikasi dan game. Sambungkan ke internet menggunakan Wi-Fi/jaringan kabel atau tonton media dari hard drive USB, flash drive, atau kartu memori SD Anda. Pemutar media canggih ini juga memungkinkan Anda untuk menonton media favorit Anda di resolusi 1080P atau 4K.

4. Remote Control

Sebuah STB yang dilengkapi dengan remote control memberikan kenyamanan. Inilah sebabnya mengapa banyak yang mencari perangkat yang dapat dikontrol tanpa perlu berjalan ke TV untuk mengganti saluran.

Dengan remote, Anda dapat membolak-balik opsi film, memilih salah satu tayangan, dan menontonnya di sofa yang nyaman. Bahkan ada pemutar media cerdas yang menampilkan bantuan suara bersama dengan remote.

5. File Support

Terlepas dari model atau merek STB apa yang ingin Anda beli, Anda harus memastikan bahwa itu dapat memutar semua jenis file Anda, mulai dari MP4, AVI, MPEG, FLV, dan sebagainya.

Nah, itulah penjelasan singkat kami mengenai STB. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Set Top Box, Cara Mudah Nonton TV Kabel"