-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda – Tanda Seseorang Butuh Bantuan Kesehatan Mental


Jangan malu mengakui bahwa Anda memang sedang membutuhkan bantuan kesehatan mental.  Segera pergi menemui psikolog agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anggapan hanya orang gila saja yang pergi ke psikolog adalah suatu pemikiran yang kuno.

Di jaman serba modern ini, orang – orang haruslah berpikiran terbuka. Dan mulai aware dengan kondisi kesehatan mental. Sama halnya dengan sakit fisik yang perlu ke dokter, gangguan mental juga perlu ke dokter dalam hal ini adalah psikolog atau psikiater. 

Mempunyai gangguan mental tidak berarti gila, hilang akal, dan lain sebagainya. Karena gangguan mental memiliki beragam  jenis, bahkan gangguan ini dapat dipicu oleh stress ringan yang bertumpuk dan tak kunjung diselesaikan. Oleh karena itu wajar bila Anda membutuhkan bantuan kesehatan mental  untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang:

  1. Terdapat persoalan genetik seperti adanya ketidakseimbangan kimiawi di dalam otak yang terjadi sejak lahir.
  2. Faktor keturunan
  3. Mengalami peristiwa hidup yang pahit, seperti menerima kekerasan verbal maupun non verbal, pelecehan, hingga trauma
  4. Gaya hidup yang tak sehat seperi kurang olahraga, pola makan tak teratur, konsumsi alkohol, hingga memakai narkoba.

Tanda Seseorang Membutuhkan Bantuan Kesehatan Mental

Jangan sampai terlambat menyadari bahwa Anda membutuhkan penanganan khusus. untuk memperjelas, simaklah tanda – tanda seseorang patut mendapatkan bantuan kesehatan mental berikut ini.

1. Tidak Bisa Mengendalikan Emosi

Emosi yang tidak stabil hingga Anda sendiri kesulitan untuk mengontrolnya ialah tanda Anda membutuhkan bantuan kesehatan mental.

Emosi yang tak stabil ini dapat berupa: sedih berkepanjangan, frustasi, dan mudah marah. Apalagi jika emosi itu sampai mempengaruhi pola makan dan pola tidur Anda. Itu tandanya masalah gangguan mental yang Anda alami sudah dapat dikategorikan mengganggu.

2. Mulai Tidak Fokus

Jika Anda sudah merasa mulai sulit berkonsentrasi, mudah overthinking terhadap hal – hal yang sifatnya negatif, maka cobalah konsultasikan masalah Anda ke psikolog.

Overthinking yang berlebihan tak jarang berjalan menuju rasa minder atau ada perasaan inferior lainnya. hal ini dapat menyebabkan seseorang perlahan menarik diri dari kehidupan bersosial. Dan lebih suka menyendiri.

3. Cari Pelampiasan Tidak Sehat

Saat sedang merasa tertekan oleh hidup beberapa orang melampiaskan keresahannya dengan cara instan seperti minum alkohol, merokok, hingga mengkonsumsi obat terlarang. Sebelum itu terjadi sebaiknya lekas menemui psikolog untuk membantu Ada.

4. Mengalami Hal Traumatis

Hal – hal menyakitkan yang terjadi bisa membuat seseorang menjadi trauma. Memiliki trauma sungguh menyiksa, karena itu merupakan emosi negatif yang berulang ketakutan, atau bahkan bisa jadi stress. ‘

Untuk menghilangkan trauma tentu saja Anda membutuhkan dukungan serta terapi untuk membantu Anda keluar dari lingkar peristiwa traumatik. Sehingga wajar bila Anda membutuhkan bantuan kesehatan mental  untuk menghadapi trauma Anda.

5. Orang Sekitar Mulai Khawatir

Bila Anda mendengar omongan dari orang terdekat seperti: kamu gapapa kah ? kamu baik baik saja kah? Bisa jadi saat itu Anda pelu bantuan psikolog. Karena pada umumnya instingnya orang sekitar kadang bisa lebih peka ketimbang diri Anda sendiri. 

Itulah tanda – tanda seseorang mulai membutuhkan bantuan kesehatan mental. Apakah Anda merasakan salah satunya? Bila Anda  terlalu  malu untuk pergi ke klinik psikolog, Anda dapat melakukan konsultasi online bersama psikolog di aplikasi riliv.co

Ingat bahwa psikolog bukan hanya tempat curhat, melainkan tempat Anda bisa mencari solusi tepat untuk mencabut masalah hingga ke akar – akarnya.

Posting Komentar untuk "Tanda – Tanda Seseorang Butuh Bantuan Kesehatan Mental"