-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Selalu Semangat Membaca Alquran


Tentu saja sebagai umat Islam kita tahu bahwa membaca al quran memiliki banyak sekali keutamaan. Tak sekadar bisa memberi ganjaran berupa pahala yang berlimpah namun juga bisa memberi kebaikan untuk orang tua. Namun ada saja alasan yang membuat seorang muslim lupa, bosan atau tidak rutin membaca alquran. Misalnya sibuk dengan aktivitas, kelelahan hingga banyak alasan lainnya. 

Agar selalu semangat dan rutin membaca alquran, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan beserta penjelasannya : 

Berniat yang baik

Dalam melakukan segala hal, dianjurkan selalu diawali dengan niat. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah menyebutkan bahwa segala amalan itu bergantung pada niatnya. “Setiap amalan itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya. Dan barangsiapa yang hijrahnya untuk tujuan mendapatkan dunia atau wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya kepada apa yang dia niatkan.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Mengubah cara pikir

Tidak sedikit yang merasa terbebani karena menganggap membaca alquran sebagai kewajiban. Hal ini sering kali membuat seseorang kemudian melakukannya dengan setengah hati atau malah tidak melakukannya sama sekali. Mungkin kamu perlu mengubah cara pikir atau mindset tentang ini. Bagaimana jika menganggap membaca alquran sebagai sebuah kebutuhan? Dengan begitu, ketika tidak melakukannya satu hari saja kamu akan merasa ada yang kurang. 

Membuat pengingat

Manusia seringkali lupa dan mudah sekali teralihkan dengan hal-hal yang ada di dunia. Termasuk juga untuk membaca alquran. Karena itu ada baiknya jika kamu membuat pengingat. Hal ini pun bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya membuat kutipan pengingat yang ditempel pada ponsel atau dicetak dan ditempel di dinding kamar. Atau membuat alarm khusus dan lain sebagainya. Tidak ada aturan khusus untuk membuat pengingat membaca alquran, semua bisa disesuaikan dengan kesukaanmu. 

Meletakkan alquran di tempat terlihat

Dimana sih tempat yang paling sering kamu lalui atau duduki? Di tempat-tempat itulah kamu bisa meletakkan alquran karena di sanalah tempat yang paling mudah kamu jangkau. Semakin terlihat, semakin ingat untuk membaca al quran. Hindari menumpuk alquran dengan buku-buku lainnya karena akan membuatnya tak terlihat. Atau kamu juga bisa meletakkan dekat dengan alat-alat ibadahmu sehingga setelah selesai sholat, kamu bisa langsung ingat untuk membaca alquran. 

Menggunakan alquran digital

Sekarang ini siapa sih yang tidak bawa ponsel kemana-mana? Segala kebutuhan seakan ada semua disediakan di dalamnya. Lantas mengapa tidak dengan alquranmu? Kini sudah banyak tersedia aplikasi penyedia alquran digital seperti Maqmur yang bisa kamu unduh. Tak perlu khawatir berat atau tercampur dengan barang-barang lainnya, kamu bisa mengakses alquran digital langsung di ponselmu. Meski digital, jangan lupa untuk berwudhu terlebih dahulu ya ketika akan membaca alquran digitalmu. 

Memasang target

Apakah kamu termasuk orang yang selalu bersemangat karena memiliki target? Maka ini bisa kamu terapkan untuk membaca alquran juga. Biasanya kita baru memasang target ketika bulan Ramadhan tiba. Satu bulan, khatam alquran. Lantas mengapa tidak mengaplikasikannya di bulan-bulan lainnya juga? Kamu bisa memasang target perlahan, misalnya satu hari satu surat atau satu juz. Kemudian, jika dirasa ingin ditingkatkan, targetmu bisa juga dinaikkan. 

Memilih alquran yang paling menarik

Ketika sayang akan sesuatu hal, sering kali kita tidak akan melupakannya apapun alasannya. Ini tentu juga berlaku untuk alquranmu. Kamu bisa membeli dan memilih alquran dengan tampilan yang paling menarik dan sesuai dengan seleramu. Misalnya, dengan warna yang kamu sukai, ukuran dan apakah dengan terjemahan atau tidak. Dengan begitu, akan timbul rasa sayang dan tak ingin meninggalkannya. 

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar selalu semangat dalam membaca al quran. Semoga salah satunya bisa membantu dan membuatmu selalu ingat untuk membaca alquran ya?