-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Membuat Tagihan Token Listrik Membengkak

Tagihan Token Listrik Membengkak

Salah satu hal yang paling membuat kita degdegan adalah token listrik. Oleh sebab itu sebaiknya kita lebih berhemat energi listrik guna menghemat pengeluaran kita juga kala membayar token listrik. Yuk simak berikut ini hal yang membuat tagihan token listrik membengkak.

1. Lupa mencabut colokan menjadi salah satu hal yang bisa membuat tagihan listrik naik

Hal ini merupakan kebiasaan yang pasti sering kita lakukan jika setelah cas HP. Padahal, membiarkan colokan masih menempel di stop kontak bisa menyedot daya listrik. Walau tidak terlalu banyak menyedot daya, tapi jika setiap hari begini bisa jadi pemborosan.

2. Pemakaian lampu pijar non-LED juga bisa jadi membuat tagihan listrik membengkak

Lampu LED dapat menghemat daya hingga 80 persen listrik. Seorang ahli kelistrikan memberikan formula penggunaan lampu LED. Untuk setiap ruangan permeter persegi dibutuhkan penerangan LED sebesar satu Watt. Jadi, kalau kamu punya ruangan berukuran 3×3 meter, maka kebutuhan listriknya sekitar 9 sampai 10 Watt saja

3. Memakai setrika dengan suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan meningkatkan daya listrik

Setrika dapat menyedot daya sampai 300 Watt. Jadi, kalau mau lebih hemat, atur suhu setrika sesuai dengan bahan pakaian yang mau disetrika

4. Stop kebiasaan membuka tutup kulkas agar menghemat tagihan listrik

Apa kamu tahu kalau setiap kulkas yang dibiarkan terbuka selama 30 detik bisa membutuhkan waktu 30 menit untuk mengembalikan suhu. Jadi sekarang coba bayangkan berapa kali dalam sehari kamu membuka dan menutup kulkas. Daya listrikmu pun akan terus naik turun dan membuat tagihan listrikmu jadi membengkak.

5. Jangan nyalakan AC dalam suhu yang terlalu rendah, karena dapat meningkatkan daya dan membuat tagihan listrik naik

JIka mau lebih hemat, cukup nyalakan AC hanya pada suhu 22 derajat. Suhu ini sudah sesuai dengan suhu ruangan di Indonesia.

6. Kurangi frekuensi memblender bumbu dapur jika tidak mau semakin bengkak tagihan listrikmu

Satu kali penggunaan blander butuh daya sekitar 500 Watt. Daya sebanyak ini dapat membuat aliran listrik melonjak. Jika ingin lebih hemat, sebaiknya tumbuk bumbu secara manual. kalau memang tidak ada waktu, tetap gunakan blander namun atur penggunaanya. Caranya, memasukkan bumbu sedikit demi sedikit banyak bahan pada blander.

Jika mau berhemat, yuk mulai ubah kebiasaan yang disebutkan di atas. Sebelum adanya sistem listrik prabayar atau token listrik, disetiap rumah-rumah masyarakat di Indonesia memiliki sistem pascabayar. Masyarakat menggunakan listrik seperti biasa dan menerima tagihan listrik di akhir bulan, sesuai energi yang dipakai. Dengan sistem listrik prabayar, masyarakat membeli kuota energi listrik dalam satuan kWh dan mengatur sendiri penggunaannya sesuai dengan harga token listrik yang dibeli.

Kelemahan dan Kelebihan Listrik Prabayar yaitu pertama, Keuntungan terbesar dari penggunaan listrik prabayar yaitu pemakaian listrik yang dapat disesuaikan dengan anggaran belanja. Tapi, biaya listrik prabayar tetap bergantung pada penggunaan listrik di rumah. Luas rumah juga akan memengaruhi konsumsi listrik yang lebih besar umumnya akan memerlukan token yang lebih besar. Sistem listrik prabayar biasanya cocok digunakan di rumah kontrakan atau kos. Listrik prabayar bisa dikendalikan oleh masing-masing penghuni kontrakan atau kos, dan pemilik tidak perlu repot-repot membayar tagihan setiap bulan. Perhitungan berapa token yang harus dibeli dalam sistem listrik prabayar dapat dilakukan dengan mengalikan tarif dasar listrik dengan total pemakaian listrik

Posting Komentar untuk "Yang Membuat Tagihan Token Listrik Membengkak"