Pengertian Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur dan Akibatnya Bagi Indonesia

Pengertian Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Cosmogirl.co.id – Angin muson barat dan angin muson timur tentunya memiliki kaitan erat dengan bagaimana keadaan tersebut memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Terdapat beberapa kondisi yang memberikan kebaikan, namun juga keburukan sebagai penyeimbang. Namun, semua bisa diantisipasi dengan perbaikan gaya hidup yang tidak menyumbang kerusakan alam.

1. Angin Muson Timur

Angin muson timur adalah angin yang bertiup pada setiap bulan April hingga akhir Oktober. Berdasarkan pengertian angin muson barat dan angin muson timur, sifatnya cenderung kering. Keberadaannya memberikan dampak pada kehidupan serta kelangsungan hasil panen para petani. Selain itu juga ada dampak positif dan negatif yang diakibatkannya.

Artikel masih berkaitan: Penyebab Angin Muson

Dampak Positif

  • Memberikan Kelancaran Pada Hasil Panen Petani

Dengan memasuki masa angin muson timur, setiap petani hatinya akan merasa lebih tenang. Pasalnya, proses panen akan menjadi lebih lancar dengan hasil yang lumayan memuaskan. Karena pada kondisi ini, sawah tidak akan tergenang oleh air.

  • Nelayan Dapat Lagi Melakukan Aktivitas Melaut

Kemunculan muson timur membawa angin kering yang berdampak pada kondisi cuaca cerah. Dengan keadaan tersebut gelombang dari air laut juga akan mengalami kenaikan. Kondisi seperti ini kemudian banyak dimanfaatkan oleh nelayan untuk mencari ikan. Terkait hasil yang diperoleh akan lebih banyak, serta keamanan dari hujan turun lebih terjamin.

Artikel menarik lain: Pengertian Nikah Siri

Dampak Negatif

  • Meningkatnya Resiko Terjadinya Kebakaran Hutan

Saat musin moson timur, kemarau menjadi pertanda awal yang terjadi. Sehingga potensi kebakaran menjadi lebih besar. Banyak pohon yang akan mengering dengan cuaca yang semakin panas tanpa hujan turun. Sehingga ketika terdapat sebuah percikan api akan dengan mudah menyebar pada jangkauan yang luas, terlebih hembusannya kering.

  • Kekeringan

Pada titik pergantian musim ini akan mengakibatkan sebuah keadaan kekeringan yang mungkin saja berlangsung cukup lama. Kondisi seperti ini akan mempengaruhi kehidupan masyarakat dalam pemenuhan air bersih yang semakin sulit. Tentu di beberapa daerah dengan mata air kecil, ini adalah kondisi yang cukup buruk untuk kelangsungan hidup.

  • Memburuknya Kondisi Kesehatan Masyarakat

Cuaca yang panas dan kering memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Orang-orang akan menjadi lebih mudah mengalami dehidrasi ketika menjalankan aktivitasnya. Selain itu keadaan ini juga akan berpengaruh pada kerja mata dan pernapasan yang kotor karena pencemaran yang terjadi. Kadar polusi semakin meningkat pada musim tersebut. 

2. Angin Muson Barat

Angin muson barat bergerak dari arah benua Asia menuju ke bagian benua Australia. Biasanya terjadi selama bulan Oktober Akhir hingga Awal April. Tanda yang sering disadari adalah munculnya musim penghujan di Indonesia. Tentunya keadaan ini memiliki dampak negatif juga positif. 

Dampak Negatif

  • Terjadi Banjir dan Tanah Longsor

Saat kondisi curah hujan pada masa angin muson barat semakin tinggi intensitasnya, tentu akan banyak sekali wilayah padat penduduk terancam banjir. Selain itu keadaan tersebut juga bisa memicu terjadinya longsor pada wilayah perbukitan. Hal ini terjadi karena debit air yang ditampung mengikis bagian tanah yang pohonnya banyak ditebang.

Dampak Positif

  • Proses Irigasi Lebih Terbantu

Musim penghujan menjadi penyumbang utama sebagai sumber pengairan dari sistem irigasi. Bedungan yang dibuat akan mendapat banyak sekali debit kenaikan pada air yang ditampung. Sehingga bisa dengan merata membasahi dan menutrisi lahan persawahan petani.

Rangkuman tersebut mengulas segala hal yang berkaitan dengan pengertian angin muson barat dan angin muson timur. Setiap fenomena alam yang terjadi tentu memiliki sebuah dampak negatif ataupun positif.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Cuaca atau artikel menarik lain di Cosmogirl.co.id

Tinggalkan komentar