5 Perbedaan Pernikahan Siri dan Pernikahan Sah di Indonesia

Perbedaan Pernikahan Siri dan Pernikahan Sah

Pernikahan merupakan sebuah momen penting bagi setiap pasangan yang ingin melanjutkan hubungan ke jenjang serius. Namun, saat ini ada dua pernikahan yang diketahui orang, yakni nikah siri dan nikah sah. Berbeda dengan pernikahan yang dilakukan secara sah, pernikahan yang diakukan secara siri biasanya pelaksanaannya diam-diam dan jarang diketahui orang. Lalu, apa perbedaan nikah siri dan nikah sah itu sendiri? 

Artikel terkait: Syarat Nikah Siri Tanpa Sepengetahuan Keluarga 

Perbedaan Antara Nikah Siri dengan Nikah Sah

1. Berbeda Status Hukumnya

Pernikahan siri dikatakan sah secara agama jika dilakukan sesuai aturan agama Islam. Namun, walaupun pada pernikahan siri menjadikan pasangan sah suami istri, namun pernikahan ini tetap tidak diakui oleh negara.

Sedangkan status pernikahan sah menurut agama adalah sah jika memenuhi persyaratan rukun dan syarat nikah. Selain itu, status hukum pernikahan sah juga legal, yang artinya keberadaannya diakui oleh hukum di Indonesia. Ketentuan ini diatur di UU No. 22 tahun 1946 serta UU No 32 Tahun 1954.

Artikel menarik lain: Cara Memulihkan Akun Instagram Lupa Email

2. Berbeda Dalam Pengertiannya

Perbedaan antara pernikahan secara siri dan secara sah yaitu pernikahan siri dilakukan dengan hanya sesuai dengan aturan agama saja. Pernikahan siri dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan dan rukun pernikahan. Akan tetapi, pada pernikahan siri tidak dapat didaftarkan di Kantor Urusan Agama (KUA). 

Sedangkan pernikahan yang sah merupakan pernikahan yang dilaksanakan sesuai rukun dan syarat pernikahan, yang menghadirkan wali dan saksi dan pelaksanaannya dicatat oleh Kantor Urusan Agama (KUA).

Artikel menarik lain: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Android

3. Berbeda Proses Pernikahannya

Perbedaan nikah siri dan nikah sah selanjutnya yaitu pada proses pelaksanaannya. Pernikahan siri dilaksanakan tidak dalam pengawasan pegawai pencatat akta nikah. Karena hanya dilakukan secara aturan agama dan tidak dilakukan pengumuman pada masyarakat umum.

Sedangkan pada pernikahan yang sah dilaksanakan dibawah pengawasan petugas pencatat akta pernikahan. Untuk pelaksanaanya biasanya dilaksanakan dalam sebuah acara perayaan pernikahan yang mengundang banyak orang, atau setidaknya banyak orang yang tahu.

Artikel menarik lain: Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Pakai Whatsapp Web

4. Berbeda Tata Cara Pelaksanaannya

Berbeda dengan pernikahan sah yang tercatat secara sah di Kantor Urusan Agama (KUA), yang pelaksanaannya akan memakan waktu dalam pengurusan izin, penyiapan dokumen-dokumen pernikahan dan lain sebagainya. Pernikahan secara siri merupakan pernikahan yang terbilang sederhana.

Pelaksanaan pernikahan siri dilakukan hanya dengan meminta izin kepada wali nikah yang sah pada pihak calon istri, kemudian mencari dua orang yang sudah baligh untuk dijadikan saksi pernikahan. Menyiapkan mahar pernikahan sebelum dilakukan ijab qobul, dan terakhir pelaksanaan ijab qobul oleh para pemuka agama setempat.

Artikel menarik lain: Cara Menyadap WA Menggunakan Whatsapp Web

5. Berbeda Bukti Pernikahannya

Pernikahan siri dilaksanakan tanpa disertai legalitas yang diberikan oleh negara, sehingga pada pernikahan siri tidak ada buku nikah. Sedangkan pada pernikahan yang tercatat di kantor urusan agama (KUA) setelah menikah pasangan suami istri akan diberikan buku nikah sebagai bukti yang sah adanya pernikahan.

Pasangan suami istri yang menikah secara siri, dapat mengajukan istbat nikahnya ke pengadilan agama, jika pada pernikahannya mengalami masalah. Istbat nikah bertujuan untuk mendapatkan pengesahan status pernikahan dimata hukum. Persyaratan pengajuan sidang istbat hanya dengan membawa surat keterangan dari KUA, KTP, serta KK. 

Artikel menarik lain: Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai perbedaan pernikahan siri dan pernikahan sah, dapat dilihat bahwa pelaksanaan nikah siri terlihat lebih mudah. Akan tetapi, perlu diingat adanya dokumen resmi bukti adanya pernikahan suatu hari akan dibutuhkan untuk mengurus kepentingan seperti pendaftaran sekolah anak, pembuatan akta lahir anak, dan lain-lain.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Nikah Siri atau artikel menarik lain di Cosmogirl.co.id

Tinggalkan komentar