3 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android

Foto menjadi media yang tepat untuk mengabadikan momen, namun kadang ia mudah hilang ketika disimpan di dalam ponsel Android. Entah karena terhapus secara tidak sengaja, atau hilang karena adanya sebab yang lain. berikut merupakan cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android menggunakan aplikasi penunjang.

Ketahui Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android dengan Aplikasi

1. Disk Digger

Aplikasi pertama yang bisa Anda pilih adalah Disk Digger, yang akan membuat semua media bisa kembali setelah terhapus. Namun Anda harus melakukan rooting terlebih dahulu pada ponsel jika hendak menggunakan aplikasi ini. Anda bisa mengunduhnya aplikasi melalui Play Store di perangkat Android yang Anda miliki. 

Cara menggunakan Disk Digger tidak terlalu sulit, berikut merupakan panduan untuk menggunakan aplikasinya, yakni:

  1. Unduh aplikasi, lakukan rooting, dan pasang aplikasi sebagaimana biasanya.
  2. Ketika membuka aplikasi tersebut, abaikan peringatan untuk melakukan upgrade ke akun pro. Jika tertarik, Anda bisa melanjutkan untuk membeli akun pro, namun Anda tetap bisa mengembalikan foto hanya dengan akun biasa.
  3. Carilah folder yang terhapus, sebab setelahnya Anda bisa melihat berbagai folder di menu yang tersedia.
  4. Setelah menemukan, pilih format pengembalian fie dan tekan OK.
  5. Scanning akan dilakukan dan Anda hanya perlu menunggu sampai file yang termasuk dalam kategori sebelumnya ditemukan.
  6. Pilih foto yang ada, kemudian lakukan recovery dengan memilih menu save untuk menyimpan foto kembali.

Artikel menarik lain: Cara Menyadap WA Menggunakan Whatsapp Web

2. Undeleter Recover Files and Data

Selanjutnya adala Undeleted Recover yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan foto yang hilang. Cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android menggunakan aplikasi ini tidak terlalu sulit, berikut merupakan langkanya:

  • Unduh aplikasi dan pasang terlebih dahulu ke ponsel Anda, pastikan bahwa ponsel Anda sudah di root untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Berikan izin aplikasi untuk melakukan root, kemudian buka aplikasi dan temukan folder tempat dimana foto terhapus.
  • Tersedia dua pilihan pengambilan foto terhapus yang bisa Anda pilih yakni jurnal scan untuk file jenis tertentu dan deep scan untuk semua jenis folder.
  • Pilih salah satu dan tunggu sampai prosesnya selesai, nanti akan muncul file foto yang hilang. Pilih kemudian simpan kembali dengan menu yang tersedia pada aplikasinya.
Artikel mrnarik lain: Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT

3. Deleted Photo Recovery Workshop

Terakhir Anda bisa menggunakan aplikasi Deleted Photo Recovery Workshop untuk mengembalikan foto yang hilang di penyimpanan internal. Langkahnya tidak sulit dan Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu melakukan rooting pada ponsel. Namun, jika Anda melakukan rooting, hasilnya tentu lebih baik dan maksimal dibandingkan dengan yang tidak.

Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya cukup sederhana dan mudah untuk dipahami. Setelah memasang aplikasi, Anda bisa langsung membuka dan mencari folder dimana file tersebut pernah hilang, kemudian lanjutkan dengan memilih proses scannig. Prosesnya tidak membutuhkan waktu yang panjang, namun ini tergantung dengan penyimpanan internal Anda. 

Artikel menarik lain: Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu
Jika prosesnya sudah selesai, Anda hanya perlu memilih foto yang sebelumnya terhapus, kemudian menyimpannya kembali. Anda bisa melihatnya dalam galeri untuk mengecek apakah foto sudah tersimpan dengan baik disana.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android yang bisa Anda coba. Aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus – CosmoGirl

Tinggalkan komentar