-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Transformator Step Up dan Step Down

Fungsi Transformator Step Up dan Step Down

Transformator yang sering disebut sebagai trafo adalah suatu perangkat khusus yang sering berhubungan dalam bidang listrik dengan dua bagian kawat ataupun lebih. Dimana nantinya gulungan tersebut berguna dalam mentransfer energi-energi listrik lewat media magnet yang berubah-ubah. Sementara itu adapun perbedaan fungsi transformator step up dan step down yang sangat penting untuk Anda ketahui. Berikut ini ialah ulasan selengkapnya.


Inilah Cara Membedakan antara Fungsi Transformator Step Up dan Step Down


Step up

Pada dasarnya trafo jenis step up memang berfungsi untuk memberikan perubahan pada tegangan dengan taraf-taraf tertentu supaya mempunyai daya yang lebih tinggi. Untuk sederhananya ialah digunakan untuk menaikkan tegangan pada arus listrik. Namun, secara spesifiknya ada sejumlah fungsi transformator jenis ini yang akan dibahas lebih lanjut.


Fungsi trafo step up pada transmisi listrik, digunakan untuk mendistribusikan energi-energi listrik yang umumnya muncul dari generator pembangkit. Hal ini bertujuan supaya daya yang mengalir di dalamnya tidak banyak yang hilang atau lose power.

Fungsi trafo pada microwave, dimana setiap benda ini mempunyai part yang disebut magnetron. Adapun fungsinya ialah sebagai media pengubah energi listrik menjadi sebuah gelombang mikro. Akan tetapi dibalik ini magnetron juga memerlukan tegangan serta arus yang cukup besar, sehingga transformator lah yang menjadi alat penghantarnya.


Kegunaan trafo pada inverter ini lebih ditekankan sebagai proses back up listrik ketika alat PC kehilangan sumber yang paling utamanya. Selain itu alat tersebut juga memberikan pengaruh terhadap hantaran listrik yang berada di dalam keadaan normal.

Step down

Sesuai namanya transformator step down sangat berguna untuk menurunkan tegangan pada listrik sehingga mendapatkan taraf yang paling sesuai dengan kebutuhan dari karakter peralatan penghantarnya. Meskipun secara sederhananya fungsi ini hanya satu, namun penggunaannya lebih banyak ditemukan.


Misalnya saja terdapat pada power supply, dimana trafo ini akan sangat berguna dalam menstabilkan tegangan listrik yang mengalirinya. Selain itu hampir secara keseluruhan perangkat elektronik seperti charger, televisi, booster antenna, dan lain sebagainya juga banyak yang memanfaatkannya.

Pada rangkaiannya step down akan digunakan pada rangkaian catu daya, baik yang sudah menggunakan regulasi maupun yang belum. Bahkan dunia elektronik tidak meragukan kemampuan akan transformator jenis ini karena dapat dipakai sebagai alternatif baterai.


Untuk lebih banyaknya lagi trafo step down juga ditemukan pada sistem distribusi dari energi listrik. Dimana kegunaannya fokus pada penurunan tegangan listrik dari skala tinggi sampai menjadi tengah dan rendah, baru kemudian akan didistribusikan kepada pihak konsumen baik bidang perkantoran, perumahan, dan industri.

Dalam rancangannya trafo akan didesain sesuai dengan keperluan bebannya. Ketika arus yang diperlukan oleh bebannya jauh lebih besar daripada arus yang dihasilkan maka hal ini akan sangat membahayakan bagi komponen dari transformator itu sendiri. 

Baca juga: Ciri Bunga Anggrek

Bahkan permasalahan ini akan menimbulkan suhu yang sangat panas di kumparan maupun inti besinya sehingga kerusakan pun akan terjadi. Untuk menggunakannya tentu Anda harus mengetahui fungsi transformator step up dan step down agar tidak salah pilih dan berakibat fatal.

Itulah penjelasan mengenai beberapa hal terkait fungsi transformator step up dan step down yang sangat penting bagi Anda, terlebih yang ingin memanfaatkannya. Perlu Anda tahu bahwa salah penempatan trafo dapat memberikan dampak yang buruk bagi alat dan penghantar itu sendiri. Karena bagaimanapun juga takaran akan listriknya sudah sesuai dengan standarnya masing-masing.


Perbedaan Antara Fungsi Transformator Step Up dan Step Down - Cosmo girl