-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

Indonesia menjadi satu diantara banyak negara di dunia yang mampu menghasilkan teh terbaik dan terbesar. Bahkan, di tahun 2017, teh yang berhasil diproduksi oleh perkebunan di Indonesia mencapai 139.362 ton. 

Daerah penghasil teh terbesar di Indonesia tersebar di berbagai penjuru daerah, sehingga semua masyarakat di Indonesia dapat menikmati momen meminum teh di mana saja.

Inilah Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

Brebes

Daerah ini memiliki sebuah perkebunan teh yang merupakan warisan penjajah pada masa itu, yang dikenal dengan sebutan Kebun Teh Kaligua. Di samping sebagai pemasok bahan untuk memproduksi teh di beberapa industri, lokasi perkebunan di tempat ini juga sekaligus menjadi destinasi wisata yang bersejarah.

Kebun tersebut letaknya ada di wilayah Kecamatan Paguyangan, tepatnya ada di Desa Pandansari. Teh yang dihasilkan dari tempat ini adalah jenis teh hitam. Jenis teh inilah yang paling sering diminum oleh orang Indonesia. Pengemasan produk teh ini yaitu dengan bentuk celup ataupun serbuk. 


Malang

Malang merupakan salah satu daerah penghasil teh terbesar di Indonesia yang ada di Jawa Timur. Kebun teh yang ada di Malang dikenal dengan nama Wonosari Lawang. Sama seperti di Brebes, perkebunan teh ini tidak hanya berfungsi sebagai penghasil teh untuk industri.

Tempat ini juga dimanfaatkan masyarakat daerah setempat sebagai destinasi agrowisata. Lokasi kebun tersebut mencapai 1.444 hektar dengan ketinggian yang berkisar antara 950 mdpl sampai 1.250 mdpl. Letak kebun teh tersebut tepatnya ada di wilayah lereng Gunung Arjuna. 


Wonosobo

Daerah ini dikenal sebagai wilayah dataran tinggi yang memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Di samping itu, dengan adanya dukungan temperatur dan kondisi wilayah, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan perkebunan, salah satunya yaitu perkebunan teh. Tepatnya di bawah Gunung Sindoro terdapat sebuah kebun teh.

Kebun tersebut letaknya berkisar 16 kilometer jika terhitung dari pusat Kabupaten Wonosobo. Perlu Anda ketahui, kebun ini juga merupakan salah satu warisan dari kolonial Belanda. Luasnya mencapai 892, 14 hektar. Teh dari perkebunan ini diolah sebuah perusahaan dengan nama PT. Tambi.


Jambi

Di daerah Jambi juga terdapat sebuah daerah yang memiliki kebun teh yang luasnya hingga 2.500 hektar. Daerah tersebut yakni Kayu Aro, yang lokasinya ada di bawah Gunung Kerinci. Apabila dibandingkan dengan kebun teh dari seluruh dunia, lokasi ini termasuk dalam deretan yang terluas.

Teh yang dihasilkan dari perkebunan tersebut bahkan menjadi komoditi ekspor dan menjadi bahan berbagai teh dengan brand ternama di luar negeri. Lokasi kebun teh ini terletak pada ketinggian sekitar 1.600 mdpl, sehingga udara yang ada di sekitarnya terasa begitu segar. 

Baca juga: Raja Demak

Ciwidey

Ciwidey merupakan salah satu penghasil teh yang ada di Kabupaten Bandung. Ada berbagai kebun teh yang ada di wilayah Bandung, beberapa diantaranya yaitu Malabar, Gununghalu, Sukawana, dan Pangalengan.

Perkebunan Rancabali menjadi yang paling tua diantaranya kebun yang lain, sebab sudah ada mulai tahun 1870. Letaknya ada di ketinggian 1.628 mdpl, sehingga suhunya sangat sesuai untuk menghasilkan teh dengan kualitas terbaik. Oleh karenanya, teh dari daerah ini juga menjadi supplier tetap pada industri, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Baca juga: Ciri Bunga Anggrek

Itulah beberapa daerah penghasil teh terbesar di Indonesia. Dari setiap daerah yang ada pasti memiliki ciri khas dan rasa teh masing-masing dengan sensasi rasa yang bervariasi pula. Sehingga tidak mengherankan jika teh di Indonesia sering diekspor ke berbagai negara.


Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia - Cosmogirl