Ciri Ciri Pohon Nipah

Ciri Ciri Pohon Nipah

Banyak orang yang mungkin tidak mengenal pohon nipah, karena memang tanaman ini tidak begitu familiar di masyarakat pada umumnya. Untuk mengenal karakteristik fisik dari pohon nipah, simak ulasan mengenai ciri-ciri pohon nipah yang akan dibahas berikut ini.

Tanaman nipah merupakan tanaman yang memiliki kemiripan dengan tanaman palem-paleman. Mungkin salah satu penyebab tidak banyak dikenalnya tanaman ini adalah karena banyaknya penyebutan di setiap daerah untuk tanaman yang satu ini.

Mengenal Taksonomi dan Ciri-Ciri Khusus Pohon Nipah

Nama nipah yang ada di Indonesia merujuk pada jenis tanaman palem yang tumbuh di area hutan bakau maupun tepi lautan yang memiliki waktu pasang dan waktu surut. Nipah menjadi nama umum dari tanaman ini, di samping ada banyak sekali nama dalam bahasa daerah untuknya.

Beberapa nama nipah di berbagai daerah antara lain Buyuk (Jawa, Bali), Daonan (Sunda), Bobo (Ternate, Manado, Tidore), dan masih banyak yang lainnya. Namun, secara ilmiah tanaman nipah memiliki nama latin Nypa fruticans.


Berdasarkan klasifikasi nipah, tanaman ini masuk ke dalam genus Nypa steck yang berada pada famili Arecaceae.

Sedangkan berikut ini merupakan ciri morfologi dari tanaman nipah.

  • Batang Pohon Nipah

Batang tanaman nipah memiliki lebar rata-rata hingga 60 cm dan bisa ditemukan pada bagian tumbuhan nipah yang terendam air atau lumpur. Batang pohon nipah menampakkan dirinya dengan bentuk menjalar ke bawah tanah.

Batang dan tangkai pohon nipah dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar, sedangkan lidinya bisa dijadikan sebagai sapu lidi serta dijadikan anyaman untuk membuat kerajinan.


  • Akar Pohon Nipah

Jenis akar yang dimiliki pohon nipah adalah akar serabut, yakni akar tanaman yang jumlahnya banyak dan menyebar. Akar pohon nipah dapat tumbuh hingga mencapai 13 meter. Tak hanya panjang, akar pohon nipah juga kuat di dalam lumpur.

Kemampuannya menembus lumpur ini juga disebabkan karena kuatnya akar tersebut menembus struktur lumpur. Pada bagian akar tanaman nipah juga memiliki rimpang-rimpang yang sekaligus menjadi tempat tumbuhnya daun-daun tanaman nipah.

  • Daun Pohon Nipah

Daun nipah berbentuk seperti daun kelapa dan pohon aren atau pohon palem pada umumnya. Daun tersebut akan berwarna kuning pada saat masih muda dan akan berganti warna menjadi hijau jika sudah berumur banyak atau tua.

Daun-daun ini tumbuh dan melekat pada pelepah yang juga akan berfungsi sebagai tempat tumbuhnya anak-anak daun yang lainnya. Anak-anak daun tersebut terdiri dari 25 – 100 helai daun.

Daun nipah telah lama dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan atap rumah, sebagai pagar atau dinding rumah, dan aneka ragam kerajinan anyaman yang cantik, seperti topi, tikar, keranjang, dan juga tas. Konon, orang-orang pada zaman dahulu menggunakan daun nipah sebagai media tulis.

  • Buah

Sama halnya seperti tanaman kelapa dan aren, pohon nipah juga memiliki buah yang muncul dari tandan. Dalam satu tandan buah nipah bisa dijumpai 30 – 50 butir buah yang bisa dikonsumsi. Buah nipah ini berbentuk bulat, berwarna coklat pada umumnya, serta memiliki sifat kaku.

  • Bunga

Bunga yang dimiliki tanaman nipah tergolong ke dalam bunga majemuk yang tumbuh pada ketiak daun dan menempel di tempat itu. Tangkai bunga nipah dapat tumbuh mencapai panjang 1 meter dengan struktur yang keras di luar dan lembut di bagian dalamnya.

Secara umum, bunga nipah berwarna coklat tua, kuning, serta warna hijau. bunga pohon nipah juga memiliki dua jenis kelamin, yakni bunga jantan yang mempunyai beberapa warna, seperti merah, kuning, ungu, jingga, dan tersusun pada bagian malain.

Sedangkan bunga betina memiliki karakteristik berupa susunannya yang membentuk sebuah lingkaran. Bunga jantan dan bunga betina akan berkembang biak menjadi tanaman baru melalui proses penyerbukan yang dapat dilakukan oleh angin, serangga, maupun yang lainnya.

Tandan pohon nipah yang belum mekar sering dimanfaatkan sebagai penghasil nira dengan cara penyadapan. Setelah air nira dikumpulkan dalam wadah bambu, kemudian dapat diminum langsung atau difermentasi menjadi tuak, cuka, atau penghasil etanol untuk bahan bakar.

Ciri-ciri pohon nipah yang sudah kamu ketahui dari penjelasan di atas akan menjadi khasanah pengetahuanmu mengenai jenis-jenis pohon yang ada di Indonesia.


Ciri Ciri Pohon Nipah - Cosmogirl

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Nipah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel