2/3/2017

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

Melanjutkan studi ke luar negeri mungkin jadi salah satu impianmu. Mengenyam pendidikan kelas internasional dan merasakan pengalaman hidup di negeri orang tentu jadi pengalaman yang sangat berharga. Nah, langkah awal untuk mewujudkan cita-citamu melanjutkan studi ke luar negeri adalah dengan mencari tahu semua informasi tentang universitas yang diidam-idamkan lewat pameran pendidikan.

Agar lebih efektif dan efisien saat mengunjungi pameran tersebut, yuk, contek do's and don’t's dari CG!

Dos:

1.      Lakukan Riset

Sebelum datang ke pameran pendidikan, sebaiknya kamu lakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan negara, universitas dan jurusan studi yang sesuai minat kamu dan sesuai kemampuan kamu saat mengatasi kendala-kendala nantinya.

2.      Siapkan Daftar Pertanyaan

Daftar pertanyaan ini nantinya bisa kmau tanyakan kepada pihak universitas yang kamu tuju agar kamu mendapatkan seluruh informasi yang kamu butuhkan.

3.      Bawa Buku Catatan

Setiap informasi yang kamu dapatkan sebaiknya kamu langsung catat, termasuk kontak alumni/staff yang berjaga di booth untuk menayakan informasi lebih lanjut. Selain itu, buku catatan inijuga berguna jika kamu ingin bertukar email dengan calon pelajar yang punya minat jurusan dan negara yang sama denganmu.

4.      Kumpulkan Brosur Kampus

DI pameran pendidikan, kamu tentu akan menerima brosur-brosur seputar kampus. Kalau kamu nggak sempat berkonsultasi dengan exhibitor, brosur-brosur tersebut juga bisa menjadi pegangan kamu untuk mengenal universitas impian kamu.

5.      Bawa Berkas-Berkas Penting

Berkas-berkas ini misalnya rapor, ijazah, dan berbagai seritifkat prestasi yang kamu raih, agar kamu bisa mendapatkan keputusan apakah kamu kira-kira diterima atau nggak di universitas yang diinginkan.

Don'ts:

1.      Datang Terlambat

Pameran pendidikan diselenggarakan dalam rentang waktu tertentu. Jadi, lebih baik kamu datang di awal acara untuk menghindari antrean dan efesiensi waktu sehingga waktu konsultasi kamu bisa lebih maksimal.

2.      Melewatkan Talk Show

Jangan ketinggalan datang ke talk show yang diadakan universitas terkait. Karena biasanya talk show hanya menyediakan tempat duduk terbatas, jadi lebih baik kamu datang lebih awal saat talk show agar mendapatkan tempat duduk. Talk show yang diadakan di pameran pendidikan bisa jadi peluang besar kamu untuk mencari tahu lebih banyak lagi hal-hal seputar sekolah di luar negeri.

3.      Tersesat di Kerumunan

Sesaat sebelum masuk ke pameran pendidikan ada baiknya kamu pelajaridenah lantainya. Jadi kamu nggak tersesat dan kehabisan waktu hanya karena kamu nggak meminta brosur acara yang berisi denah dan jadwal talk show.

4.      Takut Bertanya

Meskipun nanti kamu akan menemui banya orang asingsetiap booth akan didampingi orang lokal kok. Selain itu, kalau kamu nanya langsung ke orang asingbisa melatih kemampuan bahasa asingmu.

5.      Kurang Persiapan

Mungkin awalnya kamu hanya berniat ingin tahu seperti apa acara pameran pendidikan. Jadi, nggak mempersiapkan semua yang kamu butuhkan deh! Tapi, kalau begitu kamu jadi nggak bisa memaksimalkan kesempatan-kesempatan yang ada.

Mencari pameran pendidikan juga nggak boleh asal, Girls! Kunjungi pameran pendidikan yang menyediakan berbagai fasilitas informatif dan menarik tentang kampus impianmu! Nah, buat yang punya cita-cita melanjutkan studi ke Inggris, akhir pekan ini jadi saat yang tepat untuk datang ke pameran pendidikan yang diadakan British Council tanggal 4-5 Februari 2017 di Fairmont Hotel, Senayan.

Selama 2 hari, akan ada 62 institusi pendidikan yang berpartisipasi. Kamu jadi bisa ngobrol langsung dengan perwakilan kampus impianmu. Selain ada sederet universitas ternama yang bisa jadi destinasi kamu melanjutkan studi S1 dan S2, akan ada talk show interaktif yang membahas tips IELTS sampai cara mendapatkan beasiswa Chevening! Pameran ini nggak dipungut biaya dan kamu bisa masuk gratis setelah daftar. Langsung daftarkan diri kamu lewat https://id.edukexhibition.org/.

CG! juga akan buka booth di acara ini. Di booth CG!, kamu bisa berkenalan langsung dengan CG! Squad, berkesempatan untuk mencoba polaroid booth, ikut kompetisi menulis, dan main games interaktif bareng. Pastinya CG! Sudah menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk yang berpartisipasi. Yay! Selain booth activation, di tanggal 5, CG! Melangsungkan Educational Talk Show (daftar ke bit.ly/cgxbritish) yang akan diisi oleh pembicara inspiratif lulusan Inggris (salah satunya Gita Gutawa!). Penasaran? CG! jamin kamu bakal nyesel kalau melewatkan pameran pendidikan ini. Kapan lagi dapat bekal informasi tentang universitas yang kamu impikan sambil seru-seruan bareng CG! Squad? See you there, Girls!

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

Hal-Hal yang Wajib Kamu Lakukaan Saat Mengunjungi Pameran Pendidikan!

By: Arrafina Muslimah
Photo: Dok. CG!




Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari

Sebagai cewek yang born to lead, kita pasti setuju kalau pendidikan sangatlah penting. Karena itulah, sebuah event seru World Education Festival 2017 menghadirkan…

2017-03-01

Mariana Ester

Girls, kalau kamu sekarang sedang duduk di bangku kelas 3 SMA, kamu nampaknya sudah harus mempersiapkan segala urusan untuk masuk perkuliahan. Mulai dari…

2017-01-26

Arrafina Muslimah

Google kembali mengeluarkan terobosan barunya. Kini kamu nggak perlu khawatir teputus oleh koneksi, saat kamu sedang asyik mengakses berita-berita yang ada di laman…

2017-01-19

Arrafina Muslimah