Life
14/2/2017

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pilkada 2017

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pilkada 2017

Girls, pasti kamu sudah tahu ya besok adalah hari libur. Tapi kamu tahu nggak ditanggal 15 Februari akan ada perayaan apa? Yup, besok secara serentak akan ada pesta bagi rakyat Indonesia yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Meskipun begitu, nggak semua provinsi di Indonesia melakukan Pilkada 2017. Melainkan hanya ada tujuh provinsi yang melaksanakan Pilkada untuk memilih gubernur dan wakil gubernur yang meliputi provinsi DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Aceh, Bangka Belitung, Sulawesi Barat dan Papua Barat. Nah, Pilkada untuk walikota dan wakil kota akan diadakan secara serentak pada tanggal 18 Februari 2017 mendatang bagi 18 kota di Indonesia.

Berhubung selama ini yang hanya di expose Pilkada DKI Jakarta, kamu sampai nggak tahu kalau di daerahmu juga akan ada Pilkada dan kamu juga nggak tahu siapa saja calonnya. Girls, sebagai generasi muda kita harus peduli sama polotik. Bagaimana pun juga masa depan bangsa Indonesia berada di tangan kita sebagai generasi muda yang cerdas. Buat kita generasi muda, agar nggak salah memilih pemimpin, ikuti tips CG! hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum Pilkada 2017 dimulai!

Cari Tahu Kandidat

Hal pertama yang kamu harus ketahui tentu kandidat yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Jangan cuma sekedar tahu namanya saja, kamu harus cari tahu track record si calon dengan membaca di portal media online, website kpu.go,id, nontonon debat calon kandidat, dan berita-berita di TV. Dengan begitu kamu jadi tahu kapabilitas para calon kepala daerah yang nantinya akan memimpin daerahmu.

Selektif

Menjelang Pilkada tentu banyak isu dan berita hoax yang tersebar tentang kandidat kepala daerah. Untuk itu kamu harus selektif terhadap berita-berita yang tersebar di socmed. Jangan langsung percaya dengan berita yang sumbernya nggak jelas. Untuk memastikan berita itu fakta atau hoax kamu harus cari tahu lebih mendalam, jangan asal nyebar berita yang nggak benar. Jangan sampai kamu terjerat hukum pasal ITE tentang "Jarimu Harimaumu".

Objektif

Kamu sebagai generasi yang cerdas jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang belum tentu benar. Kalau kamu memang sudah menentukan satu pilihan, jangan mudah terprovokasi dengan gosip yang menjelek-jelekan kandidat lain. Seperti yang kamu tahu, kandidat yang terpilih akan memimpin daerahmu selama 5 tahun, jadi pikirkan dan pilih calon kepala daerahmu dengan benar ya.

Cek Nama Kamu di KPU

Sebelum menggunakan hak suara kamu, ada baiknya kamu mengecek nama kamu apakah sudah terdaftar atau belum di KPU. Caranya dengan mengecek nama kamu di laman pilkada2017.kpu.go.id. Jangan sampai sudah datang lebih pagi ke TPS, namamu malah nggak terdaftar. Huh!

Gunakan Hak Suaramu!

Buat kamu yang sudah memiliki KTP dan sudah terdaftar sebagai pemilih tetap, sebaiknya jangan sia-siakan kesempatan untuk memilih Pilkada 2017. Karena satu suaramu bisa menentukan masa depan daerahmu selama 5 tahun mendatang. Kalau selama ini kamu berpikir apatis karena merasa hak suaramu nggak pengaruh terhadap apa pun, itu malah akan memberikan peluang pada kecurangan, lho. Bisa saja hak suaramu malah disalahgunakan sama orang yang nggak bertanggungjawab.

Nah, sebelum menggunakan hak suaramu pada tanggal 15 Februari 2017, ikuti tips CG! di atas agar kamu nggak salah pilih ya! Use your voting right, girls!

 

BACA JUGA:

Alasan Valentine Identik dengan Warna Pink

4 Alasan Film John Wick Disukai Banyak Orang

Menu-Menu Makanan yang Ada di Drama Korea



  Sneaker kini sudah bukan hanya untuk berolah raga, namun sudah menjadi trend fashion dan lifestyle kaum urban. Ini yang membuat brand sneaker…

2017-10-17

Nungki Dwiandara

  Girls, masih ingat Digital Art Competition yang diadakan CG! X EMINA beberapa waktu lalu? Tak disangka ternyata antusias kalian dibidang digital art…

2017-10-02

Nungki Dwiandara

Time to get creative! Emina dan CosmoGIRL! mengerti bahwa kreativitas dalam digital art sudah diperlukan sejak sekolah – dan kita ingin melihat talenta…

2017-09-29

Jessica Rachel