Life
10/1/2017

7 Cara Belajar Ini Sebenarnya Nggak Efektif, Lho!

7 Cara Belajar Ini Sebenarnya Nggak Efektif, Lho!

By: Arrafina Muslimah
Photo: imgrum, Dok. CG

Demi mendapat nilai yang bagus, sepertinya belajar di sekolah saja nggak cukup untuk kamu menguasai semua materi, girls. Kamu perlu belajar lagi di rumah untuk mengulang kembali pelajaran yang diberikan di sekolah maupun materi-materi yang belum disampaikan. Kamu sering belajar, namun nilaimu tetap saja jelek? Mungkin kamu nggak tahu atau bahkan nggak sadar, cara belajar yang kamu jalani selama ini sebenarnya nggak efektif. Bagaimana ya cara belajar yang nggak efektif itu? Yuk, simak 7 cara belajar ini sebenarnya nggak fektif, lho!

1.    Sistem Kebut Semalam

Karena ujian masih seminggu lagi, yang kamu lalukan pasti menunda-nunda belajar. Nah, sebelum H-1 kamu baru belajar dengan memaksa mengingat semua materi yang sudah diajarkan selama satu malam. Alhasil tentu kamu nggak bisa mengingat semua materinya saat ujian huhu

2.    Mengulang Bacaan yang Sama

Karena kamu menganggap sudah paham betul dengan materi yang akan diujikan dengan baik, jadi kamu cuma mengulas teori yang sudah guru sampaikan tanpa mencoba belajar dengan metode lain. Memang sih, hal ini akan membuat ingatan kamu mengingat kembali , tapi CG! jamin hal itu nggak akan bertahan sampai besok saat ujian deh.

3.    Multitasking

Belajar matematika tapi sambil chat-chatan sama gebetan? Duh, gimana konsentrasi kamu nggak terpecah. Coba deh untuk lebih fokus saat belajar, girls.

4.    Mencoret-coret Buku

Niatnya sih mencoret-coret buku bacaan agar meningkatkan daya ingat kamu. Memang sih, dengan memberikan high light  pada poin-poin yang penting, dapat menambah daya ingat kamu dan mempermudah belajarmu. Tapi kalau, hampir semua bagian kamu tandai, bukannya bikin kamu tambah ingat, malah bikin kamu jadi pusing, girls.

5.    Menulis di Laptop

Biar terlihat lebih keren, kamu menjadikan laptop sebagai wadah kamu mencatat semua materi yang diberikan. Sayangnya, metode belajar jenis ini jauh nggak efektif dibandingkan kamu menulis catatan semua materi di kertas. Karena dengan menulis tangan, otak kamu akan lebih mudah terangsang sehingga daya ingatmu jadi lebih kuat.

6.    Salah Pilih Tempat

Karena bosan belajar di rumah dengan suasana yang itu-itu saja, kamu memilih tempat dengan suasana baru untuk belajar seperti di coffe shop sembari menambah stok foto kamu untuk di-upload ke Instagram. Niatnya, ingin mencoba metode belajar dengan suasana baru agar belajarmu lebih efektif, kamu malah nggak bisa konsentrasi karena suasana yang berisik. Namanya juga di tempat umum, pantas saja dong kalau berisik.

7.    Belajar Bareng Temen

Siapa yang suka belajar bareng temen menjelang ujian? Rasanya lebih tepat belajar bareng teman karena ada yang ngajarin kamu dan ada yang nemenin belajar. Tapi ternyata hal itu malah bisa jadi boomerang, lho buat kamu. Semisal saat teman kamu sedang mengajarimu, kamu pura-pura mengerti materi yang diajarkan padahal sebenarnya nggak, karena takut dicemooh. Ada baiknya, sebelum belajar dengan teman, kamu juga mencoba latihan soal sendiri ya.

 

BACA JUGA:

Selain Wajah, 5 Hal ini Bisa Bikin Cowok Naksir Sama Kamu

5 Hal yang Wajib Kamu Hindari Kalau Mau Jadi Youtuber

7 Hal yang Bisa Bikin Hubungan Kamu dan Pacar Langgeng


Jakarta ikonik dengan kota kemacetan dan hiruk pikuk perkotaan modern membuat warganya enggan menghabiskan waktu berlibur atau berwisata di Jakarta. Biasanya kamu lebih…

2017-02-23

Arrafina Muslimah

Kamu senang membaca kutipan tentang cinta-cintaan di berbagai novel atau sajak? Saking sukanya dengan kata-kata cinta, kamu dinobatkan oleh teman-temanmu sebagai Mrs.galau. Buat…

2017-02-23

Arrafina Muslimah

Punya badan kurus dan ideal adalah impian setiap cewek. Sayangnya, nggak semua cewek memakai cara sehat untuk mendapatkan tubuh kurus dan ideal yang…

2017-02-22

Arrafina Muslimah