Life
18/11/2016

6 Kesalahan Fatal Saat Mencuci Rambut yang Harus Dihindari!

6 Kesalahan Fatal Saat Mencuci Rambut yang Harus Dihindari!

By: Arrafina Muslimah
Photo: imgrum, Dok. CG

Sering mencuci rambut ternyata tidak dapat menjamin rambutmu menjadi sehat, lembut, bersih dan berkilau. Mencuci rambut ternyata malah bisa membuat rambutmu rusak dan kering. Kenapa ya? Ternyata mencuci rambut tidak hanya sekadar mencuci rambut. Yup, tenyata mencuci rambut ada cara yang baik dan benarnya juga lho, nggak cuma 10 cara menggosok gigi baik dan benar. Gimana sih cara mencuci rambut yang baik dan benar itu? Ini dia 6 kesalahan fatal saat mencuci rambut yang harus kamu dihindari.

1. Tidak Membasahi Secara Merata

Kamu harus benar-benar memastikan rambut kamu terbasahi secara merata. Setidaknya kurang lebih 4 menit rambut kamu seluruhnya terbasahi. Kalau kamu keramas menggunakan sampoo pada rambut yang kering, itu akan mengakibatkan rambutmu rusak.

2. Menggaruk Rambut dengan Kuku

Kebiasaan buruk menggaruk rambut dengan kuku sering dilakukan banyak cewek. Kamu harus menghentikan kebiasaan buruk itu, girls dan mengalihkan dengan mencuci rambut menggunakan ujung jari tangan. Menggunakan kuku tidak hanya akan melukai kulit kepala kamu, lho, namun bisa memproduksi minyak semakin banyak dan rambut kamu menjadi lepek. No way!

3. Memakai Conditioner Terburu-buru

Banyak produk conditioner yang menawarkan pemakaiannya hanya dengan waktu singkat. Kamu nggak usah mengikuti anjuran yang terburu-buru itu ya, girls. Lebih baik saat kamu memakai conditioner diamkan selama 5 menit. Sambil didiamkan sisir lambut dengan lembut menggunakan jarimu. Eits.. ingat! gunakan conditioner hanya dari tengah rambut hingga ujung jari ya. Jangan gunakan pada akar rambut, karena akan membuat rambutmu berminyak.

4. Membilas Rambut dengan Air Panas

Keramas dengan air panas memang membuat kamu lebih rileks. Tapi nyatanya keramas dengan air panas akan mengatifkan kelenjar pada kulit kepala kamu. Alih-alih ingin rileks, keramas dengan air panas malah memproduksi minyak pada kulit kepalamu dan membuat rambutmu menjadi lepek. Untuk itu mulai sekarang ganti air panasmu dengan air dingin ya saat keramas, karena bisa melembabkan rambut, menyehatkan, dan membuat rambutmu berkilau.

5. Tidak Membilas dengan Bersih

Kamu sering membilas rambutmu tidak bersih, karena terlalu menyepelekan mudahnya keramas. Busa sampoo yang masih tertinggal pada kulit kepala dan rambut dalam waktu yang lama dapat menimbulkan serpihan putih seperti ketombe. Ketika hal itu sering terjadi, tumpukan sisa sampoo akan membuat rambutmu rapuh dan mudah rontok, girls. Mulai sekarang kamu harus pastikan rambutmu bersih saat dibilas, ya.

6. Mengeringkan Rambut Terlalu Kuat

Saat mengeringkan rambut, jangan gosok rambutmu terlalu kuat, girls. Karena menggosok rambut terlalu kuat bisa membuat rambutmu rusak dan cepat rontok. Biarkan handuk yang menyerap rambutmu yang basah.

 

Nah, jangan sepelekan cara keramas baik dan benar ya girls, agar impian memiliki rambut yang sehat, bersih, dan berkilau dapat terwujud hihihi.. 

 

 



  Sneaker kini sudah bukan hanya untuk berolah raga, namun sudah menjadi trend fashion dan lifestyle kaum urban. Ini yang membuat brand sneaker…

2017-10-17

Nungki Dwiandara

  Girls, masih ingat Digital Art Competition yang diadakan CG! X EMINA beberapa waktu lalu? Tak disangka ternyata antusias kalian dibidang digital art…

2017-10-02

Nungki Dwiandara

Time to get creative! Emina dan CosmoGIRL! mengerti bahwa kreativitas dalam digital art sudah diperlukan sejak sekolah – dan kita ingin melihat talenta…

2017-09-29

Jessica Rachel