Life
16/11/2016

8 Alasan Menangis Itu Sehat Buat Kamu

8 Alasan Menangis Itu Sehat Buat Kamu

By: Arrafina Muslimah
Photo: imgrum, Dok. CG

Memang menyebalkan kalau kamu dianggap sebagai cewek cengeng karena kamu sering menangis. Padahal kamu menangis karena rasa empatimu yang terlalu besar terhadap kesulitan orang atau emosi yang berlebih yang nggak bisa kamu tahan lagi dan akhirnya membuat kamu menangis. Belum lagi, selama ini seperti ada aturan tidak tertulis bahwa orang dewasa tidak boleh menangis. Padahal secara psikologis, dengan menangis justru membuat emosi kita lebih stabil dan psikis kita lebih sehat, lho! Para psikolog juga mengatakan kalau menangis dapat meluruhkan stres. Dengan kata lain, menangis itu sehat! Ini dia 8 alasan mengapa menangis itu sehat buat kamu!

Melepas Setress

Banyak riset yang menyatakan kalau menangis dapat meluruhkan hormon stres dan mengurangi bahan kimia negatif dalam tubuh. Nah, hormon stres ini bisa dikeluarkan melalui air mata. Itu sebabnya, setelah menangis kamu merasa lebih lega dan lebih baik

Menyehatkan Mata

Ketika menangis, air mata akan membasahi kelopak mata dan bola mata kamu. Hal itu akan mencegah mata dari kekeringan. Selain itu, air mata mencegah dehidrasi pada membran muskus kamu, dan akan meningkatkan kemampuan penglihatan kamu.

Menurunkan Tekanan Darah

Perasaan lega setelah kamu menangis pasti membuat kamu merasa lebih baik pula. Kondisi lebih baik ini juga menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, menangis juga membuat denyut nadi kamu lebih beraturan.

Meningkatkan Mood

Menangis juga dapat menurunkan mood buruk kamu yang bernama mangan. Hal itu baik untuk kesehatanmu. Karena tingkat mangan yang tinggi bisa memicu perasaan cemas, mood buruk, agresivitas dan lainnya, girls!

Melindungi dari Bakteri

Bakteri tak hanya menempel dibagian tubuh saja, melainkan juga menempel dibagian mata kamu. Air mata yang kamu keluarkan ternyata dapat membunuh bakteri-bakteri tersebut, lho! Bahkan dengan menangis selama 5 hingga 10 menit dapat membunuh 90%-95% bakteri yang ada di matamu.

Sebagai Terapi

Dengan menangis ternyata bisa jadi salah satu terapi untuk mengatasi perasaan negatif yang sedang kamu rasakan. Hal itu juga dapat membantu kesehatan kamu, karena jika perasaan negatif yang terus mengumpul, akan memberikan dampak tekanan pada tekanan saraf kesehatan kamu.

Menghapus Racun

Banyak studi menemukan air mata yang muncul dari perasaan sedih banyak mengandung bahan kimia beracun. Nah, dengan menangis kamu dapat menghapus tumpukan bahan kimia tersebut.

Menangis Dapat Melepaskan Hormon Endorphin

Dalam studi ilmu psikolog, dengan menangis otak lebih mudah mengeluarkan hormon endorphin. Hormon endorphin yang terlepas membuat tubuh lebih mudah membunuh rasa sakit secara alami.

 

Setelah mengetahui dari penjelasan di atas, dengan menangis ternyata malah sehat buat kamu. Dengan demikian sebaiknya kamu ngga perlu memendam luapan emosi kamu karena takut dicap sebagai cewek cengeng ya! Tapi, jangan jadikan itu sebagai alasan kamu untuk sering menangis juga ya, girls!



Budaya menyeruput teh di sore hari memang identik sama kebudayaan Inggris, dan hal tersebut sudah nggak bisa dipungkiri lagi. Namun, kebiasaan tersebut juga…

2018-07-08

Arzia Nuari

Disadari atau nggak, wacana berlibur pasti selalu tercetus dalam obrolan, baik bersama teman atau keluarga. Nggak heran sih, karena setiap harinya yang kita…

2018-05-13

Arzia Nuari

  Sneaker kini sudah bukan hanya untuk berolah raga, namun sudah menjadi trend fashion dan lifestyle kaum urban. Ini yang membuat brand sneaker…

2017-10-17

Nungki Dwiandara