Beauty
7/11/2016

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

By: Arzia Nuari
Photo: Pharmafactz

Sama pentingnya seperti organ-organ tubuh lainnya, lambung memiliki tugas sebagai tempat dicernanya setiap makanan yang masuk dan juga sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan yang kita konsumsi.

 

Bicara lambung, tentu kita nggak asing dengan penyakit yang bernama asam lambung. Sayangnya, nggak sedikit orang yang menderita penyakit ini. Timbulnya asam lambung bisa dipicu oleh beberapa hal, salah satunya pola makan yang salah. Jika ayah, ibu, saudara, atau bahkan kita telah terkena penyakit ini, sebaiknya hindari deh 7 jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung berikut ini!

 

Makanan yang Pedas

Sebagian besar orang Indonesia merasa kurang mantap jika makan sesuatu tapi rasanya nggak pedas. Bagi penderita asam lambung, rasa yang bikin badan keringatan ini justru menjadi salah satu pantangan besar. Jika kita tetap makan makanan yang mengandung cabai atau merica, bisa-bisa lambung kita terkena iritasi.

 

Makanan dengan Tekstur yang Keras

Sebut saja daging merah, roti putih, dan pasta. Makanan-makanan tersebut rupanya termasuk makanan yang sulit dicerna alias tergolong bertekstur keras. Nggak hanya itu, nasi yang menjadi makanan pokok kita pun tergolong dalam makanan ini. Makanya, para penderita asam lambung sering disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah atau nasi yang telah didiamkan beberapa jam agar asam lambung nggak naik.

 

Buah dengan Kadar Asam yang Tinggi

Buah-buahan memang baik bagi tubuh, tapi bagi penderita asam lambung, ada buah0buah tertentu yang sebaiknya dihindari. Misalnya, belimbing wuluh, kedondong, nanas, dan mangga muda. Why? Karena buah-buahan ini memiliki kadar asam yang tinggi yang dapat memicu kenaikan asam lambung.

 

Makanan dengan Kandungan Gas yang Tinggi

Jika para penderita asam lambung tetap 'bandel' memakan makanan dengan kandungan gas yang tinggi, tentu asam lambung tersebut akan naik. Contoh makanan dengan kandungan gas yang tinggi, misalnya nangka, kol, dan sawi.

 

Makanan Asam

Sesuai dengan nama penyakitnya: asam lambung, makanan asam tentu nggak boleh masuk ke dalam lambung kita. Coba mulai hindari cuka, asinan, dan acar demi kebaikan si lambung ya!

 

Makanan dengan Kandungan Alkohol

Makanan dengan kandungan alkohol sebenarnya termasuk ke dalam makanan dengan kadar gas tinggi. Let's say goodbye to tape singkong, manisan buah, dan manisan sayur! Soalnya, makanan-makanan ini juga bisa menaikkan asam lambung.

 

Makanan Tinggi Lemak dan Minyak

Ganti gorengan dan sayur tumis dengan varian yang lebih menyehatkan, seperti sayur sup. Kalau para penderita asam lambung bersiteguh mengkonsumsi makanan ini, lambungnya akan teriritasi.

 



Supaya kamu nggak salah pilih, Make Over punya pilihan shade baru nih! Mulai dari Intense Matte Lip Cream, Ultra Hi Matte Lipstick, Ultra…

2017-10-23

Nungki Dwiandara

Barang essential apa saja yang wajib ada di tas kamu? Tentunya, selain dompet, parfum, dan power bank, item satu ini juga wajib kamu…

2017-09-29

Radhitio Anindhito

Ngaku deh, kita punya tendensi untuk membeli lipstik dengan warna yang mirip atau warna-warna aman yang masih ada dalam spektrum nuansa merah. But again,…

2017-08-28

Cinantya Kumala

P { margin-bottom: 0.08in; }A:link { } Ada satu 'keistimewaan' yang cuma bisa dirasakan kaum cewek dan sulit dipahami oleh para cowok: nyeri…

2016-11-04

Arzia Nuari

Bagian wajah memang nggak pernah lepas dari gangguan yang bikin nggak pede, salah satunya maslaah minyak berlebih yang bikin tampilan wajah mengkilap. Kenyataannya,…

2016-11-04

Arzia Nuari

Rambut rontok? Oh nooo! Masalah rambut yang satu ini mungkin dianggap wajar-wajar saja oleh sebagian orang. Namun faktanya, rambut rontok tetap saja bikin…

2016-11-02

Arzia Nuari