Beauty
12/9/2016

14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh & Alami

14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh & Alami

By: Jessica Rachel
Photo: Dok. Vladimir Gjorgiev/Shutterstock/Clickphotos

Rambut rontok bukan cuma masalah orang tua. Bahkan, kita yang masih remaja sudah mengalami kerontokan rambut karena banyak faktor. Yuk, siapkan bahan-bahan berikut ini dan ikuti tips-nya untuk mengatasi rambut rontok dengan ampuh dan alami!

Lidah buaya

Bukan rahasia lagi kalau lidah buaya memang berkhasiat untuk kesehatan rambut. Zat yang terkandung dalam lidah buaya bisa membersihkan pori-pori pada kulit kepala yang terhalangi sel kulit mati. Dengan demikian, rambut dapat tumbuh dengan sehat.

Bawang putih

Bahan makanan yang nggak pernah absen dari dapur ini ternyata punya khasiat untuk melancarkan tumbuhnya rambut. Bawang putih berkhasiat menghilangkan jamur yang tumbuh di kulit kepala.

Vitamin E

Banyak produk perawatan rambut yang mengandung Vitamin E. Hal ini disebabkan oleh khasiat kandungan antioksidan yang menangkal radikal bebas dan meningkatkan oksigen dalam tubuh.

Kentang

Kalau yang satu ini, makanan kesukaan yang juga berguna untuk kesehatan rambut. Mampu mengatasi tumbuhnya uban dan keringnya rambut, kentang mengandung sari-sari yang dibutukan untuk menjaga rambut dari kerontokan.

Castor oil

Castor oil mengandung Vitamin E, sehingga nggak mengherankan kalau bahan ini bisa digunakan untuk menjaga kekuatan rambut. Karena bentuknya yang sangat kental, disarankan untuk mencampurnya terlebih dulu dengan olive oil atau almond oil.

Lemon

Untuk kamu yang rambutnya berminyak, lemon adalah bahan alami yang bisa jadi solusi untuk kerontokan rambutmu. Kandungan Vitamin C, Vitamin B, dan antioksida merupakan kunci untuk menjaga rambut dari bahaya kerontokan.

Biji Fenugreek

Berasal dari India, fenugreek adalah bahan yang menjaga rambut agar tetap sehat. Selain kerontokan, biji fenugreek juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan ketombe.

Akar licorice

Siapa yang tahu bahan yang terkandung dalam permen juga membantu mengatasi masalah rambut? Akar licorice terbukti bisa berpengaruh positif pada kulit kepala dan ketombe. Kalau rambutmu rontok karena masalah ketombe, licorice bisa jadi solusi yang tepat untuk masalahmu.

Bunga hibiscus

Hibiscus atau bunga kembang sepatu mengandung kalsium dan vitamin C yang dapat menguatkan akar rambut.

Beetroot

Bukan rahasia lagi kalau beetroot berguna untuk kesehatan tubuh, nggak terkecuali kesehatan rambut. Mengandung protein, vitamin B, vitamin C, dan potassium, konsumsi jus beetroot akan menyehatkan rambut.

Putih telur

Disebut sebagai bahan alami paling efektif dalam menyuburkan tumbuhnya rambut, putih telur akan mengembalikan pertahanan sekaligus kelembutan rambut. Sebelum diusapkan pada rambut, jangan lupa memisahkan kuning telur terlebih dahulu, ya!

Bawang merah

Meskipun bau yang dihasilkan sangat repulsif, bawang merah yang diambil sarinya dan diusapkan pada kulit kepala akan membawa perubahan signifikan setelah dilakukan secara rutih. Jangan lupa cuci rambutmu setelah tiga puluh menit ya!

Gooseberry

Gooseberry, yang juga disebut amla atau malaka, adalah tanaman yang terdapat di India yang ampuh mengatasi rambut rontok.

Santan

Mungkin kita memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi santan untuk alasan kesehatan, tapi ternyata santan atau coconut milk memberikan hasil yang efektif dalam waktu singkat jika diaplikasikan pada kulit kepala. 



Supaya kamu nggak salah pilih, Make Over punya pilihan shade baru nih! Mulai dari Intense Matte Lip Cream, Ultra Hi Matte Lipstick, Ultra…

2017-10-23

Nungki Dwiandara

Barang essential apa saja yang wajib ada di tas kamu? Tentunya, selain dompet, parfum, dan power bank, item satu ini juga wajib kamu…

2017-09-29

Radhitio Anindhito

Ngaku deh, kita punya tendensi untuk membeli lipstik dengan warna yang mirip atau warna-warna aman yang masih ada dalam spektrum nuansa merah. But again,…

2017-08-28

Cinantya Kumala

Siapa bilang rambut rontok hanya diderita orang-orang lanjut usia? Rambut remaja juga bisa mengalami kerontokan. Penyebab kerontokan rambut pada remaja nggak sama seperti…

2016-02-19

Jessica Rachel