Beauty
8/9/2016

Kenali 13 Penyebab Rambut Rontok Berikut Ini!

Kenali 13 Penyebab Rambut Rontok Berikut Ini!

Mendapati rambut banyak yang rontok saat keramas atau menyisir, memang sangat menyebalkan! Sebenarnya apa sih penyebab rambut rontok?

Gizi dan Vitamin

Penyebab rambut rontok lain adalah pengaruh gizi dan vitamin. Asupan gizi dan vitamin yang kurang mencukupi akan berdampak pada kulit kepala yang menjadi tempat rambut tumbuh. Hal tersebut juga yang membuat rambut tumbuh menipis dan rapuh.

Penggunaan Bahan Kimia

Perawatan rambut yang terlalu banyak menggunakan bahan kimia memang menjadi salah satu penyebab rambut rontok! Nggak hanya itu, pewarnaan rambut yang terlalu sering pun dapat memicu kerusakan, salah satunya rambut rontok. Solusinya? Jangan biarkan bahan kimia mengontaminasi rambutmu!

Gangguan Hormon

Beberapa ahli menyebutkan bahwa gangguan hormon tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut. Gangguan hormon tersebut antara lain Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Selain itu penyebab kerontokan pada perempuan biasanya pada saat memasuki masa monopause, masa kehamilan serta pengaruh penggunaan alat kontrasepsi.

Hair Dryer dan Hair Straightener

CG! paham banget, kalau kamu kerap menggunakan hair dryer atau hair straightener untuk menunjang penampilan. Namun, kalau nggak dilakukan bersamaan dengan perawatan yang tepat, dapat membuat rambut kamu rusak dan rontok!

Efek Samping Obat

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping membuat rambut rontok. Di antaranya ialah obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. 

Jarang Keramas

Jarang keramas rupaya bisa menjadi penyebab rambut rontok, lho! Rambut lepek akibat jarang dicuci akan membuat folikel rambut menjadi rusak dan mengakibatkan kerontokan.

Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Rambut panjang kamu tiba-tiba mengalami rontok yang parah? Coba ingat-ingat deh, apakah akhir-akhir ini kamu sering mengikat rambut terlalu kencang? Kalau iya, mungkin itu penyebab rambut rontokmu. Saran CG!, bila ingin mengikat rambut dengan kencang, usahakan nggak lebih dari dua jam, ya!

Penyakit

Beberapa jenis penyakit dan pengobatan seperti kemoterapi dapat membuat rambut menjadi rontok. But worry not, dampak kemoterapi nggak bersifat permanen, kok! Setelah beberapa waktu rambut akan tumbuh normal kembali.

Kehamilan

Beberapa perempuan mengalami kerontokan rambut saat hamil. Penyebabnya terjadi secara alami dan biasanya kerontokan ini akan hilang setelah 3 bulan pasca melahirkan.

Gangguan Emosional

Kerontokan juga bisa terjadi ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan. Saat seseorang tertekan, biasanya otot syaraf yang ada di kepala menegang dan menyebabkan akar syaraf rambut melemah sehingga menyebabkan kerontokan.

Sinar Matahari Serta Polusi

Meski sinar matahari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, rupanya bila terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah menurunnya keratin pada rambut yang dapat menyebabkan kerontokan.

Rokok

Semua tentu tahu kalau rokok nggak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain mengandung zat adiktif yang dapat merusak organ dalam seperti paru-paru dan jantung, rokok juga memiliki pengaruh buruk pada kesuburan rambut, lho!

Infeksi

Jangan anggap sepele bila kamu menemukan ada infeksi pada kulit kepala! Kalau nggak segera diobati, bisa saja infeksi tersebut menyebar dan menyebabkan kerontokan pada rambut. Ngeri!


Tagging : hair

Supaya kamu nggak salah pilih, Make Over punya pilihan shade baru nih! Mulai dari Intense Matte Lip Cream, Ultra Hi Matte Lipstick, Ultra…

2017-10-23

Nungki Dwiandara

Barang essential apa saja yang wajib ada di tas kamu? Tentunya, selain dompet, parfum, dan power bank, item satu ini juga wajib kamu…

2017-09-29

Radhitio Anindhito

Ngaku deh, kita punya tendensi untuk membeli lipstik dengan warna yang mirip atau warna-warna aman yang masih ada dalam spektrum nuansa merah. But again,…

2017-08-28

Cinantya Kumala

Memiliki rambut rontok yang berlebihan memang meresahkan, girls. Nggak mau, kan, nantinya kita mengalami kebotakan dini? Nah, jika kamu mengalami kerontokan rambut yang…

2016-07-24

Natlia Wulandari

Masalah rambut rontok memang sangat mengganggu! Nggak hanya membuat kita khawatir setiap kali menyisir, masalah ini biasanya akan diikuti dengan masalah rambut lain…

2016-07-20

Sarah Sofiana

Warna rambut ombre yang lagi nge-hits banget dikalangan remaja maupun young adult di dunia ini memang fenomenal banget. Apalagi dengan kehadiran para artis…

2016-07-23

Delfania