Beauty
22/6/2016

8 Cara Cepat dan Alami Hilangkan Bekas Luka Pada Kulit

8 Cara Cepat dan Alami Hilangkan Bekas Luka Pada Kulit

By: Natlia Wulandari
Photo: Berbagai Sumber

Memiliki bekas luka tentunya membuat kita nggak percaya diri untuk memakai pakaian model tertentu. Banyak orang yang rela melakukan segala cara untuk memiliki kulit yang terbebas dari bekas luka, bahkan sampai rela untuk menjalani operasi plastik hingga laser! Hmmm... Sebelum kamu melangkah sejauh itu, ternyata ada cara cepat dan alami untuk menghilangkan bekas luka di kulit lho! Simak yuk 8 caranya!

1. Madu

Madu memiliki beberapa manfaat, diantaranya dapat membantu regenerasi sel, mengurangi rasa nyeri, mendinginkan, dan juga menghilangkan bekas luka! Jika ingin menghilangkan bekas luka dengan madu, cukup oleskan madu pada bekas luka, lalu diamkan selama 20-30 menit. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal ya, girls!

2. Teh Hijau

Teh hijau bisa digunakan sebagai toner untuk menghilangkan bekas luka pada kulitmu. Caranya siapkan handuk kecil atau kapas yang telah dibasahi teh hijau yang telah diseduh. Kemudian usapkan handuk atau kapas tersebut pada kulit yang memiliki bekas luka. Simple banget!

3. Daun Mint

Daun mint sering digunakan sebagai aroma terapi. Namun daun mint punya khasiat lain yaitu penghilang luka bakar, jerawat, dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Gunakan beberapa lembar daun mint kemudian haluskan hingga berbentuk mirip dengan scrub. Setelah itu oleskan pada permukaan kulit bekas luka. Gampang banget kan?

4. Lidah Buaya

Tumbuhan yang satu ini memang nggak diragukan lagi khasiatnya! Mulai dari penyubur rambut, penghilang jerawat, hingga menyamarkan bekas luka. Lidah buaya mengandung lignin dan asam amino yang bermanfaat untuk melembabkan dan meregenerasi kulit. Cukup gunakan gel lidah buaya dan oleskan pada bagian bekas luka. Pssst, namun kamu harus hati-hati dengan getah lidah buaya ya. Jika kamu terkena getahnya, maka kulitmu akan terasa gatal!

5. Daun Pare

Daun pare ternyata memiliki khasiat untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, ambil beberapa lembar daun pare, cuci hingga bersih, dan haluskan. Tambahkan sedikit air hangat dan peras campuran tersebut. Setelah itu, campurkan air perasan daun pare dengan 2 sendok makan tepung beras hingga bertekstur seperti lotion. Oleskan pada area bekas luka, tunggu hingga kering kemudian bilas hingga bersih.

6. Timun

Timun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat menyegarkan kulit. Untuk menghilangkan bekas luka menggunakan timun, kamu bisa menghaluskan potongan timun hingga menjadi halus (atau masih bertekstur kasar), lalu oleskan pada bagian bekas luka. Diamkan selama semalam. CG! sarankan untuk membungkusnya dengan kain supaya nggak mengotori kasur kamu. 

7. Jus Lemon

Lemon seringkali digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Nah, air perasan lemon juga dapat menghilangkan bekas luka lho! Caranya, siapkan cottonbud dan basahi dengan jus lemon. Usapkan pada bagian bekas luka. Lakukan teratur setiap hari ya!

8. Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar

Minyak biji pangkal bunga mawar berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka yang terdapat pada kulit kita. Caranya cukup oleskan minyak tersebut pada kulit yang memiliki bekas luka, pijat-pijat selama 15 menit. Lakukan sehari dua kali untuk hasil yang memuaskan, ya!



Supaya kamu nggak salah pilih, Make Over punya pilihan shade baru nih! Mulai dari Intense Matte Lip Cream, Ultra Hi Matte Lipstick, Ultra…

2017-10-23

Nungki Dwiandara

Barang essential apa saja yang wajib ada di tas kamu? Tentunya, selain dompet, parfum, dan power bank, item satu ini juga wajib kamu…

2017-09-29

Radhitio Anindhito

Ngaku deh, kita punya tendensi untuk membeli lipstik dengan warna yang mirip atau warna-warna aman yang masih ada dalam spektrum nuansa merah. But again,…

2017-08-28

Cinantya Kumala

Sebagai penumpu berat badan, telapak kaki adalah salah satu organ tubuh yang paling penting, lho! Dengan fungsi sepenting ini, ada baiknya kita lebih…

2016-06-21

Jessica Rachel

Sebal banget kalau kulit ketiak berwarna hitam. Selain bikin nggak pede, kita juga jadi nggak bebas pakai sleveless yang modelnya gemas dan beragam.…

2016-06-20

Sarah Sofiana

Di bulan puasa, ada beberapa beauty regime yang wajib kamu ubah. Misalnya, kalau dulu kamu hobi coba bahan-bahan yang ada di dapur untuk…

2016-06-19

Jessica Rachel