Life
22/6/2016

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka

By: Arzia Nuari
Photo: CNFOODPHOTO/SHUTTERSTOCK/CLICK PHOTOS, AFRICA PHOTO/SHUTTERSTOCK/CLICK PHOTOS, SYDA PRODUCTIONS/SHUTTERSTOCK/CLICK PHOTOS, DOLLY MJ/SHUTTERSTOCK/CLICK PHOTOS, ARIS SETYA/SHUTTERSTOCK/CLICK PHOTOS, ANN

Saat menjalani ibadah puasa kita nggak diperbolehkan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Ketika waktu berbuka puasa tiba, banyak orang yang seakan lupa diri sehingga mengkonsumsi apapun untuk meluapkan rasa laparnya. Begitu juga saat sahur, karena takut merasa cepat lapar di siang hari, nggak jarang kita nggak memerhatikan apa yang dilahap. Padahal, kenyataannya selama kita berpuasa, menu-menu yang disantap justru harus mendapat perhatian khusus. Yuk, simak menu-menu yang harus dihindari waktu berbuka puasa dan sahur berikut ini, supaya kondisi tubuh tetap stabil!

Gorengan

Gorengan seperti makanan wajib santap saat berbuka puasa. Akan tetapi, sebenarnya mengkonsumsi gorengan ketika berbuka puasa nggak dianjurkan. Why? Karena setelahnya, organ tubuh akan mengolah lemak pada gorengan dengan cara dipaksa. Apalagi jika kita juga suka makan gorengan ketika sahur. Nggak hanya semakin memicu kenaikan kolestrol pada tubuh, tapi juga bisa bikin lesu selama menjalani puasa.

Sambal

Mayoritas orang Indonesia adalah penggemar rasa pedas dan merasa nggak lengkap kalau makan tanpa sambal. Kalau kita salah satunya, coba deh untuk nggak langsung mengkonsumsi sambal atau makanan yang terlalu pedas setelah membatalkan puasa. Menu yang satu ini akan memicu gangguan perut bahkan kerusakan dinding lambung jika terlalu sering disantap. Efek serupa juga dapat dirasakan jika mengkonsumsi sambal saat sahur. Kalau kita memang pecinta pedas, selama puasa ini kurangi level pedasnya ya!

Es Krim dan Cake

Es krim dan cake memiliki kandungan gula yang tinggi. Memang sih, berbuka puasa sebaiknya diawali dengan rasa yang manis untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh, tapi bukan rasa manis dengan kadar yang tinggi. Meski makanan manis dapat dengan cepat memberikan energi pada tubuh, namun energi itu juga cepat menghilang. Maka dari itu, nggak dianjurkan juga mengkonsumsi dua menu ini saat sahur. Jika terbiasa mengkonsumsi makanan yang sangat manis dengan pemanis buatan, lama-kelamaan tubuh bisa terpicu menderita diabates. Yuk, ganti dengan rasa manis alami dari buah-buahan!

Gulai

Makanan bersantan yang satu ini merupakan salah satu menu yang menggugah. Salah satu makanan yang tinggi santan adalah gulai. Meski sangat menggiurkan, kita harus pintar-pintar menahan diri untuk nggak sering-sering mengkonsumsi makanan bersantan seperti ini. Banyak efek buruk yang akan dirasakan oleh tubuh, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Seperti kolesterol, asam urat, dan penyakit yang terkait pembuluh darah.

Coklat

Everyone loves choco! Sebesar apapun keinginan kita untuk makan coklat ketika buka puasa, coba ditahan dulu ya! Coklat termasuk makanan yang nggak mudah dicerna oleh tubuh. Apalagi jika mengkonsumsinya ketika sahur. Di siang harinya, tubuh akan lebih cepat merasa lemas dan lesu.

Makanan Cepat Saji

Seperti yang kita tau, jenis makanan cepat saji memiliki kandungan lemak yang nggak baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, selama menjalani ibadah puasa, sangat disarankan untuk nggak memilih makanan jenis ini sebagai menu buka puasa maupun sahur. Lemak-lemak dalam makanan cepat saji juga bisa bikin berat badan naik. Puasa sebulan penuh, tapi berat badan kian bertambah? Nggak mau dong!

Kangkung

Selepas buka puasa pastinya kita masih punya sederet kegiatan lain yang harus dilakukan. Begitu pula setelah sahur. Sebagian besar orang diharuskan untuk menjalani aktivitas hingga sore. Kangkung mengandung zat bernama mineral kalium dalam jumlah yang tinggi. Efeknya, tekanan darah dalam tubuh akan berkurang sehingga mengakibatkan kita merasa ngantuk. So, coba deh pilih jenis sayur lainnya.

Yuk, klik ini untuk cari tahu menu sahur yang baik untuk tubuhmu!


 



Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari