Life
16/6/2016

Keuntungan Berpuasa untuk Tubuhmu

Keuntungan Berpuasa untuk Tubuhmu

By: Arzia Nuari
Photo: Allies Interactive/Shutterstock/Click Photos

Selain memenuhi kewajiban kita sebagai umat Islam, puasa juga punya dampak positif terhadap kondisi tubuh. Apa saja sih? Let's check this out!

  • Menenangkan Pikiran

Selama menjalani puasa, kamu nggak hanya menahan haus dan lapar, tapi juga diharuskan untuk mengendalikan emosi. Pengendalian ini berpengaruh terhadap keadaan psikologis kamu dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Dengan demikian, kamu pun akan terhindar dari stres yang biasanya timbul akibat adanya pikiran-pikran negatif dan amarah.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Pikiran tenang yang timbul dari pengendalian emosi selama berpuasa juga memengaruhi kinerja otak kamu. Di saat kamu menahan lapar dan haus, serta diiringi dengan pikiran yang tenang, otakmu akan semakin terpicu untuk mengeksplorasi ide-ide lebih luas. Hal ini juga pernah dibuktikan lewat penelitian di University of Chicago yang meminta para mahasiswanya berpuasa selama tujuh hari, and their works get better.

  • Sistem Pencernaan Jadi Lebih Sehat

Selama berpuasa, organ-organ pencernaan dalam tubuhmu akan beristirahat. Pada saat ini, mereka (organ pencernaan)yang biasanya dituntut untuk bekerja setiap kali kita makan atau minum, dapat memanfaatkan waktu untuk kembali memaksimalkan kerjanya. Jadi, ketika kamu buka puasa, sistem pencernaan pun menjadi lebih efisien dan membuat tubuhmu terhindar dari penyakit-penyakit seperti sembelit atau kembung yang biasa dirasakan ketika kamu menjalani diet yang salah.

  • Menyehatkan Ginjal

Sebagai penyaring zat-zat berbahaya supaya nggak ikut masuk ke dalam tubuh, kesehatan ginjal pastilah harus dijaga. Dengan berpuasa, secara nggak langsung kamu juga telah menjaga fungsi ginjalmu. Karena konsumsi air selama berpuasa akan menigkatkan konsentrasi urin pada ginjal. Selain itu, kandungan yang bernama osmosis pada urin juga akan meningkat dan hal ini bikin ginjalmu terlindungi.

  • Menyembuhkan Nyeri Sendi

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan kalau sel yang dapat menetralkan kondisi tubuh secara alami di dalam tubuh jadi meningkatkan. Kondisi ini bisa bikin rasa nyeri pada persendian tubuh akan berangsur-angsur menghilang. Untuk membuktikan hasil nyatanya, kamu bisa melakukan puasa secara teratur.

  • Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Proses pertama yang dilakukan tubuh saat kamu berpuasa adalah menguraikan glukosa. Kalau seluruh glukosa di dalam tubuh sudah habis, selanjutnya tubuh akan menguraikan lemak dan mengubahkan menjadi energi, termasuk lemak pada ginjal maupun pada otot-otot tubuh.

 



Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari