Life
8/6/2016

12 Tips Tetap Bugar di Bulan Puasa

12 Tips Tetap Bugar di Bulan Puasa

By: Natlia Wulandari
Photo: Doremi/Shutterstock/Click Photo

Selama bulan berpuasa, umat islam diwajibkan untuk berpuasa. Selama lebih dari 12 jam kita diwajibkan untuk nggak makan dan minum sedangkan kita harus tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Banyak juga dari kita yang merasa lemas karena berpuasa. Eits, jangan salah ternyata kita lemas bukan karena berpuasa tapi karena hal-hal lain! Gimana sih cara tetap bugar saat berpuasa? Simak yuk keduabelas caranya!

(Baca juga: Cara Cegah Kulit Dehidrasi Selama Bulan Puasa)

1.  Banyak orang yang berpikir jika memakan makanan yang banyak saat sahur maka saat siang hari kita nggak akan merasa lemas dan lapar. Pssst, ternyata itu salah! Makanlah dengan porsi secukupnya dan fokuskan pada karbohidrat, protein, serta vitamin. Pssst, jangan lupa untuk memakan makanan yang banyak mengandung air ya!

2. Saat sahur batasi memakan atau meminum yang manis. FYI, ternyata gula dapat membuat kita lemas dan mengantuk di siang hari!

3. Strategi dari CG! adalah, mulailah sahur di saat-saat terakhir (namun jangan terlalu dekat dengan saat subuh ya!). Kamu bisa memulai sahur beberapa menit sebelum imsak.

4 Jika kamu takut kekurangan nutrisi, nggak ada salahnya lho untuk meminum suplemen tubuh yang mengandung multivitamin.

5. Minumlah air yang cukup untuk seharian kamu berpuasa. CG! sarankan kamu meminum 3 sampai 5 gelas pada saat sahur. Hindari untuk meminum kopi atau teh saat sahur karena keduanya bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

6. Saat siang hari (which is the hottest part of the day) hindari berlama-lama di bawah sinar matahari. Terlalu banyak beraktivitas di cuaca panas akan membuat kamu cepat lelah dan haus.

7. Di sela waktu kosong, seperti jam istirahat sekolah atau jam kosong saat kuliah, manfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak. Waktu tidur yang berkurang karena bangun lebih pagi bisa kamu ganti dengan beristirahat. Plus, rasa lemas kamu bisa berkurang, deh!

8. Saat sore hari menjelang buka puasa, sempatkan juga untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki. Kamu harus mengatur mindset bahwa kamu masih bisa aktif walaupun sedang berpuasa! It's good for your body and health, too!

9. Usahakan saat berbuka puasa untuk nggak langsung makan makanan berat. Batalkan puasa dengan buah atau minuman yang manis dan diikuti dengan air putih.

10. Nah, setelah salat maghrib, kamu bisa langsung makan makanan utama. Ingat, jangan makan dengan porsi yang berlebihan! Yup, kamu lapar banget, tapi setelah kamu makan, kamu sadar kamu nggak sanggup untuk menghabiskan semuanya! 

11. Jangan terlalu banyak makan gorengan atau makan makanan yang pedas supaya kondisi perut kamu terjaga. Males banget kan lagi puasa tapi perut mulas seharian?

12. Water is super important! Sebelum tidur jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Tahu nggak sih kenapa sering lemas saat puasa? Karena kita kekurangan cairan tubuh!

Itu dia 12 tips supaya tetap bugar selama berpuasa. You can make it alright! Selamat berpuasa, girls!

 



Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari

Punya saudara kandung, baik itu kakak maupun adik adalah hal yang menyenangkan. Kamu nggak akan pernah merasa kesepian dan selalu ada teman untuk…

2016-06-05

Arzia Nuari

Who doesn't love junkfood? Selain enak dan cepat disajikan, ternyata junkfood juga memiliki efek buruk bagi kesehatan kulitmu lho. Oh noooo! Nggak percaya?…

2016-06-05

Putri Nadia

Siapa sih yang nggak mau punya pacar yang populer di sekolah. Tapi sayangnya, kalau cowok yang populer suka sibuk dengan beragam aktivitasnya. Latihan…

2016-06-03

Onic Metheany