Life
21/4/2016

Rekomendasi Film tentang Women Empowerment untuk Sambut Hari Kartini

Rekomendasi Film tentang Women Empowerment untuk Sambut Hari Kartini

By: Sarah Sofiana
Photo: STOURNSAEH/SHUTTERSTOCK/CLICKPHOTOS

Menyambut Hari Kartini, yang jatuh pada tanggal 21 April, CG! ingin merekomendasikan beberapa film yang mengangkan tentang perjuangan perempuan, khusus untuk kalian! Kira-kira film mana yang akan kalian tonton hari ini?

The Hunger Games

Karakter Katniss Everdeen yang diperankan oleh Jennifer Lawrence patut mendapat acungan jempol! Menggantikan adiknya, Katniss dipaksa untuk mengikuti ‘permainan kematian’, Hunger Games. Ia bertarung nggak semata untuk dirinya sendiri namun juga orang-orang yang ia sayangi dan masyarakat lainnya.

Zero Dark Thirty

Perjuangan seorang petugas CIA bernama Maya menjadi fokus jalan cerita film ini. Ia mendedikasikan karirnya sejak lulus sekolah untuk mencari informasi mengenai keberadaan Osama bin Laden. Psst, film yang disutradarai sutradara wanita, Kathryn Bigelow ini berhasil masuk dalam 5 kategori nominasi Piala Oscar 2013, lho.

The Devil Wears Prada

Andrea Sachs yang sejak dulu bercita-cita menjadi seorang editor di majalah terkenal, diterima bekerja di Runaway, sebuah majalah mode terkenal. Nggak seperti yang ia bayangkan, rupanya pekerjaan yang diidam-idamkannya itu nggak seindah bayangannya. Andy harus menghadapi Miranda Priestly yang memiliki sifat disiplin, bossy dan selalu memberikan pekerjaan di luar batasannya. Selain percintaan, hubungannya dengan para sahabat pun ikut kacau balau akibat pekerjaannya. Apa yang Andy hadapi benar-benar yang terjadi di dunia nyata lho, girls. Kerap kali apa yang kita idamkan (seperti pekerjaan, jurusan kuliah, sekolah) itu nggak seindah apa yang kita bayangkan. Kalau sudah begitu, nggak ada salahnya untuk mengingat kembali tujuan awal kita, seperti apa yang Andy lakukan!

The Joy Luck Club

Melihat sisi kehidupan 4 orang perempuan imigran asal Cina yang menetap di San Fransisco, film ini berfokus pada hubungan antara ibu dan anak. Keempat perempuan ini rutin melakukan pertemuan dengan bermain mahjong dan berbagi cerita bagaimana mereka menjadi ibu untuk anak-anak perempuan yang menghadapi kultur Asia dan Amerika.

Amelie

Tentu film Perancis ini nggak asing lagi bagi kalian. Amelie yang diperanan oleh Audrey Tautou memiliki tekad untuk mengubah keadaan sekitar meski ia sendiri harus menghadapi masalah dalam hidupnya. Film komedi romantic ini meraih banyak penghargaan, lho. Mulai dari Film Terbaik di European Film Awards, 5 nominasi di Academy Award, sampai Skrip Terbaik di BAFTA Awards.

Mona Lisa Smile

Memiliki visi mengenai sistem pengajaran yang perlu dibuat lebih menarik, Katherine Ann Watson yang diperankan oleh Julia Roberts melihat mahasiswi di tempat ia mengajar terlalu serius dalam menghadapi perkuliahan. Namun, pemikirannya dianggap kritis dan memunculkan perbedaan pendapat dengan petinggi universitas. Tanpa rasa gentar, Katherine terus mendorong mahasiswinya untuk mencapai mimpi mereka setinggi mungkin.

The Iron Lady

Ini adalah salah satu film yang menurut CG! sangat menginspirasi! Merupakan film biografi dari salah satu tokoh perempuan ternama di dunia, Margaret Thatcher, film ini mengangkat perjuangannya hingga menempati posisi Perdana Menteri perempuan pertama dan terlama di negara yang masih mengusung budaya patriarkal.  

Mulan

Sosok Mulan dalam film animasi ini memang cocok menjadi panutan. Penyamarannya menjadi seorang prajurit laki-laki menggantikan ayahnya yang sudah lanjut usia menunjukkan bahwa setiap perempuan bisa menjadi pahlawan dan prajurit yang tangguh untuk membela diri, keluarga bahkan tanah airnya.



Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari

P { margin-bottom: 0.08in; } As we know, payudara merupakan salah satu 'aset' paling penting bagi para cewek. Nggak sekadar terkait keindahan tubuh,…

2016-03-28

Arzia Nuari

Apa jadinya ya jika dua superhero hebat saling bertarung? It's going to be super epic! Nah buat kamu yang belum nonton film superhero…

2016-03-28

Natlia Wulandari

Tahun 2016 ini Korea masih produktif menayangkan berbagai drama Korea yang menjadi salah satu tontonan favorit kita. Buktinya adalah 5 drama Korea berikut…

2016-03-17

Sarah Sofiana