Life
28/3/2016

Tradisi Unik Ulang Tahun dari Seluruh Dunia

Tradisi Unik Ulang Tahun dari Seluruh Dunia

By: Sarah Sofiana
Photo: RUTHBLACK/SHUTTERSTOCK/CLICKPHOTOS

Biasanya kita merayakan ulang tahun yang datang sekali dalam setahun, dengan hal yang nggak biasa. Intip yuk  perayaan ulang tahun di berbagai belahan dunia berikut! Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk ulang tahun orang terdekat atau malah kamu sendiri! :-P

Irlandia

Kalau di Irlandia, yang sedang berulang tahun akan digantung! Yup, tepatnya digantung terbalik dan dibenturkan perlahan pada tanah agar mendapat nasib baik. Psst, jumlah benturan disesuaikan dengan usia dan satu benturan untuk nasib baik. Agak ekstrim ya, girls!

Hungaria

Setelah orang yang berulang tahun membuka hadiah, orang-orang terdekat akan bergiliran menjewer telinga sambil menyanyikan lagu yang artinya kira-kira “Tuhan memberkatimu, hidup begitu lama sehingga telinga kamu mencapai pergelangan kakimu!”

Jerman

Jerman memiliki tradisi unik khususnya bagi laki-laki yang berulang tahun. Bila seorang laki-laki berulangtahun ke 30 dan belum punya pacar, ia harus menyapu tangga di balai kota. Bila tangga sudah bersih disapu, teman-teman laki-laki tersebut akan melemparkan sampah sehingga harus disapu kembali hingga bersih. OMG!

Skotlandia

Di Skotlandia, ulang tahun dirayakan dengan memberikan tepukan halus pada punggung orang yang berulang tahun sekaligus menempelkan kertas yang berisi harapan.

China

Tentu sudah menjadi rahasia umum kalau menyantap mie panjang merupakan tradisi masyarakat China untuk merayakan ulang tahun. Mie memang melambangkan panjang umur, sehingga saat memakannya harus menyeruput sebanyak mungkin! Yum!

Kanada

Bagi yang berulang tahun di Kanada, terutama anak perempuan, akan dioleskan mentega pada hidungnya. Menurut tradisi, mentega yang licin akan menghindarkan anak dari nasib sial dalam hidupnya. Psst, meski kurang masuk akal, sebagian masyarakat Kanada masih menjalankan tradisi ini, lho.

Vietnam

Berbeda dengan negara-negara lain yang memiliki berbagai tradisi untuk merayakan ulang tahun, masyarakat Vietnam justru nggak peduli dengan ulang tahun mereka. Tradisi di sana, ulang tahun dirayakan bertepatan dengan tahun baru. Mereka juga turun temurun diajarkan bahwa hari lahir itu nggak terlalu penting sehingga nggak perlu dirayakan. Whoa!

Italia

Hampir senada seperti di Irlandia, orang Italia memiliki kebiasaan menjewer kuping yang sedang berulang tahun. Nggak tanggung-tanggung, jumlah tarikannya disesuaikan dengan usia yang sedang berulang tahun. Jahil banget!



“Tanpa kuota hidup bisa merana”,  kayaknya itu bisa jadi jargon masa kini dimana millenials sudah sangat tergantung konektivitas jaringan internet.  Kebutuhan meng-update diri…

2019-03-25

Arzia Nuari

Salah satu yang cukup  menarik jika ingin berwisata ke Jepang adalah melihat kuil-kuil indah dan megah. Selain rata-rata berusia tua hingga ribuan tahun,…

2019-01-21

Arzia Nuari

Setiap memasuki akhir pekan, pasti jadwal kamu dipadari dengan rencana hangout sana-sini. Dari ada yang ngajakin dinner, nonton film baru di bioskop, sampai…

2018-11-21

Arzia Nuari