Life
17/3/2016

Tips dan Trik Liburan Murah

Tips dan Trik Liburan Murah

By: Arzia Nuari
Photo: Dok. CG

Mau liburan tapi ragu gara-gara takut over budget? Don't worry, girls! Kita bisa menyiasati liburan kita supaya tetap seru dengan tips and trick yang tepat. Yuk, contek kiat-kiatnya berikut ini, and let's escape after the routines!

Ajak Banyak Teman

The more the merrier. Selain itu, kalau kamu mengajak lebih banyak teman yang seru, pastinya bakal jadi lebih hemat saat kamu harus membayar sesuatu yang bisa diatasi dengan patungan. Misalnya untuk membayar sewa mobil, sewa penginapan, atau sharing food waktu makan di resto.

Survey Lokasi

Banyak orang yang memutuskan langsung pergi ke suatu kota atau negara karena penasaran dengan unggahan foto-foto teman di media sosial dan nggak memikirkan untuk survey terlebih dahulu. Dengan melakukan survey, kita bisa cari tau penginapan murah, tempat makan dan tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau.

Manfaatkan Promo

Saat ini nggak sulit kok mencari promo tiket transportasi dan penginapan murah. Jika harganya belum cocok dengan budget kamu, jangan langsung menyerah dan cek lagi beberapa hari setelahnya. Untuk itu, kalau memang ingin melakukan liburan hemat, lebih baik dengan merencanakannya jauh-jauh hari.

Hindari Musim Liburan

Liburan yang hemat justru bukan pada saat musim liburan seperti libur hari raya atau libur panjang sekolah. Why? Karena pada musim-musim tersebut harga tiket transportasi, baik via darat, laut, atau udara biasanya naik sampai dua sampai tiga kali lipat.

Buat Perencanaan

Ajak teman-teman kamu yang akan liburan bareng untuk membicarakan perencanaan kalian selama liburan. Tulis daftar tempat-tempat yang akan kamu kunjungi dan transportasi yang akan digunakan utnuk mengunjungi masing-masing tempat. Mulai dari hari pertama sampai hari terakhir. Hal ini juga bisa meminimalisir kemungkinan kamu untuk melakukan hal-hal di luar rencana –dan pastinya di luar budget.

Sediakan Uang Tunai Catat Pengeluaran

Meski kamu sudah diizinkan membawa kartu kredit atau sudah punya debit card, kamu harus tetap membawa uang tunai. Hal ini untuk mengontrol 'jajan' kamu selama liburan dan menahan diri supaya nggak langsung menggesek kartu untuk membayar. Perlu diingat juga, bawalah catatan kecil atau catat di smartphone kamu megenai semua pengeluaran yang kamu lakukan untuk dicek setiap malam setelah jalan-jalan.

Liburan untuk Jalan-Jalan

Ingat, tujuan kamu untuk berlibur adalah untuk jalan-jalan mencari suasana baru setelah penat menghadapi rutinitas. Jadi, kamu nggak perlu belanja terlalu banyak, apalagi hanya karena lapar mata. Kalau bawaannya ingin belanja di setiap tempat, liburan kamu justru akan lebih menguras kantong.



“Tanpa kuota hidup bisa merana”,  kayaknya itu bisa jadi jargon masa kini dimana millenials sudah sangat tergantung konektivitas jaringan internet.  Kebutuhan meng-update diri…

2019-03-25

Arzia Nuari

Salah satu yang cukup  menarik jika ingin berwisata ke Jepang adalah melihat kuil-kuil indah dan megah. Selain rata-rata berusia tua hingga ribuan tahun,…

2019-01-21

Arzia Nuari

Setiap memasuki akhir pekan, pasti jadwal kamu dipadari dengan rencana hangout sana-sini. Dari ada yang ngajakin dinner, nonton film baru di bioskop, sampai…

2018-11-21

Arzia Nuari