Life
22/2/2016

Selamatkan Lingkungan dengan 'Diet' Kantong Plastik!

Selamatkan Lingkungan dengan 'Diet' Kantong Plastik!

By: Putri Nadia
Photo: OWATTO/SHUTTERSTOCK/CLICKPHOTOS

Kantong plastik sudah menjadi benda yang penting saat kita berbelanja. Tapi kamu tahu nggak girls, ternyata kantong plastik itu memiliki dampak yang sangat buruk bagi lingkungan. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kantong plastik memiliki efek yang negatif terhadap lingkungan bahkan kesehatan tubuh kita sendiri. Untuk menanggulangi hal tersebut, ada sebuah komunitas yang peduli terhadap permasalahan sampah kantong plastik. Yuk, kita kenalan dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik atau bisa disingkat dengan GIDKP!

Permasalahan lingkungan kita…

GIDKP terbentuk karena banyaknya permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah, terutama sampah kantong plastik. Berikut beberapa permasalahan dan dampak negatif yang disebabkan oleh sampah, antara lain:

1. Kantong plastik sangat sulit terurai di alam dan membutuh waktu ratusan hingga ribuan tahun lamanya.
2. Sampah kantong plastik dapat menyumbat saluran-saluran air yang dapat mengakibatkan bencana banjir.
3. Bila dibakar, plastik akan mengeluarkan asap yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.
4. Banyaknya ekosistem laut yang menderita bahkan mati akibat sampah plastik.
5. Saat pembuatannya, kantong plastik menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
Sebenarnya masih banyak lagi permasalahan dan dampak negatif yang disebabkan oleh kantong plastik. Meskipun jumlah timbunan sampah kantong plastik hanya
berkisar 4-7% dari total volume sampah, namun dengan bahaya yang sangat besar seperti contoh di atas membuat GIDKO tergerak untuk menyelamatkan lingkungan hidup dari bahaya kantong plastik.

Kampanye dan Kegiatan GIDKP…

Sejak awalnya terbentuk, GIDKP sudah memiliki kegiatan-kegiatan dan kampanye-kampanye dalam rangka untuk mengajak masyarakat umum agar lebih bijak menggunakan kantong plastik, antara lain:

1. #headbagmob campaign, yaitu sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat agar menukar kantong plastik bekas dengan tas pakai ulang. Kemudian mereka juga dapat menggambar dan memakainya sebagai topeng lalu melakukan pawai untuk menarik perhatian khalayak umum.

2. Clean Up Your City yaitu kegiatan membersihkan kota dari sampah dengan tujuan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah.

3. #rampokplastik, yaitu beberapa orang dari komunitas GIDKP bertindak sebagai intel di ruang publik. Ia mendekati masyarakat yang membawa kantong plastik dan kemudian mengajak orang tersebut untuk menukarkan kantong plastiknya dengan tas pakai ulang.

4. Bekerjasama sama dengan salah satu swalayan terbesar di Indonesia, GIDKP mengadakan kampanye Satu Hari Tanpa Kantong Plastik yang jatuh pada hari jadi DKI Jakarta sejak tahun 2013 dan berlaku di seluruh gerai swalayan mereka di Jakarta.

5. GIDKP juga turut membantu Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung dalam menerapkan Perda no. 17/2012 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

6. Melakukan advokasi kepada Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta untuk mengeluarkan Surat Seruan Gubernur tentang Gerakan Jakarta Diet Kantong Plastik.

7. Saat ini GIDKP sedang bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup RI dalam upaya pengurangan penggunaan kantong plastik melalui penerapan Extended Producer Responsibility (EPR).

8. Membentuk basis relawan di Jakarta dan Bandung untuk menyebarluaskan upaya pengurangan penggunaan kantong plastik.


Memang sangat sulit mengubah perilaku dan sikap setiap individu serta membutuhkan proses yang cukup lama. Hal itulah yang menjadi tantangan komunitas GIDKP yang terbesar. Namun GIDKP sangat optimis dan konsisten terhadap tujuan mereka dalam mengupayakan pengurangan penggunaan kantong plastik. Rencana ke depan komunitas green living ini yaitu terus mengadvokasi pemerintah pusat dan daerah serta retailer untuk memiliki kebijakan atau peraturan dalam mengurangi penggunaan kantong plastik. Mereka juga tetap terus bergerak di lapangan melalui kolaborasi komunitas peduli lingkungan lainnya. So girl, what are you waiting for? Let’s support their campaign!


Tips menggunakan kantong plastik dengan bijak ala GIDKP:


1. Gunakanlah selalu tas pakai ulang; bisa terbuat dari kain, karung atau bahkan kamu bisa membuatnya sendiri.

2. Terlanjur pakai kantong plastik? Gunakanlah lagi di kegiatan belanja kamu selanjutnya!

3. Mau take away makanan? Bawalah kotak makan dan tempat minuman kamu sendiri!

 



“Tanpa kuota hidup bisa merana”,  kayaknya itu bisa jadi jargon masa kini dimana millenials sudah sangat tergantung konektivitas jaringan internet.  Kebutuhan meng-update diri…

2019-03-25

Arzia Nuari

Salah satu yang cukup  menarik jika ingin berwisata ke Jepang adalah melihat kuil-kuil indah dan megah. Selain rata-rata berusia tua hingga ribuan tahun,…

2019-01-21

Arzia Nuari

Setiap memasuki akhir pekan, pasti jadwal kamu dipadari dengan rencana hangout sana-sini. Dari ada yang ngajakin dinner, nonton film baru di bioskop, sampai…

2018-11-21

Arzia Nuari