Life
11/2/2016

Bahaya Terlalu Sering Update Social Media

Bahaya Terlalu Sering Update Social Media

By: Natlia Wulandari
Photo: KAVALENKAVAVOLHA/SHUTTERSTOCK/CLICKPHOTO

Kamu sering update status di Path, BBM, Instagram, atau sosial media lainnya? Atau mungkin kamu punya seorang teman yang hobinya ganti-ganti status dan profile picture? Mungkin kamu atau temanmu terlalu sering mengupdate social media! Apa yang akan kamu rasakan ketika kamu melihat seseorang nge-post setiap kegiatannya, dari mulai bangun hingga tidur di malam hari? Oversharing itu nggak bagus, lho. Simak yuk bahaya kalau terlalu sering update sosial media!

1. Social Media Addict

Yup! Bahaya pertama jika kamu terlalu sering update di sosial media adalah kecanduan! Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen remaja, membuka sosial media beberapa kali sehari. Nah, kalau kamu lakukan itu dalam durasi yang lama, kamu nggak akan fokus dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata dan malah lebih aktif di dunia maya.

2. Antisosial

Terlalu fokus dengan sosial media akan membuat kamu melupakan kejadian sosial yang nyata. Ya.. saat sedang kumpul dengan teman-teman, kamu malah asyik sendiri dengan gadget kamu, bukannya ikut seru-seruan bareng.

3. Cyberbullying

Menurut sebuah penelitian, 95 persen remaja pernah melihat bullying via social media. Kemudian 33 persen mengaku pernah mengalami cyberbullying. Misalnya kamu salah ngomong di sosial media, bisa-bisa kamu diserang habis-habisan di dunia maya. And you know what? Semua hal yang di dunia maya cepat banget tersiar. So, you better watch out, ya?

4. Minder

Sering nge-scroll instagram dengan hashtag #OOTD? Mungkin beberapa dari kita nggak seberuntung mereka yang bisa mem-post foto OOTD (Outfit Of The Day) yang bagus. Nah, mulai dari kebiasaan-kebiasaan ini bisa timbul masalah kepercayaan diri kita. Bukannya jadi happy setelah membuka sosial media, kita malah jadi nge-down

5. Attention Seeker

Sosial media bisa dijadikan sumber informasi yang cepat banget. Akan tetapi jika kita sering nge-post di jejaring sosial kita, tanpa kita sadari kita kepengen banget diperhatikan oleh banyak orang. Entah kita sedang check-in di cafe yang keren, atau sedang berlibur. Parahnya lagi, jika kita nggak dapat cukup banyak like, kita akan kesal. Ouch!

6. Disebelin

Seperti yang tadi CG! sudah bilang, kebanyakan orang pasti akan merasa terganggu jika kamu terlalu banyak mem-post kegiatan kamu (yang menurut mereka nggak penting-penting banget untuk di-share) setiap harinya. Bisa jadi kamu di-mute, inner circle, atau bahkan dihapus dari daftar teman mereka. Jika kamu tahu kamu di-unfollow? It's going to be awkward!

7. Nggak Punya Privasi

Selalu update setiap kamu sedang bermasalah? Well, kalau menurut CG!, curhat itu boleh-boleh saja asalkan kamu cerita ke teman yang memang kamu percaya. Tentunya teman-teman di socmed kamu bakal bete banget kalau kamu nge-post 20 tweet yang isinya curahan isi hati karena baru putus sama pacar. Lagipula, kamu mau masalah kamu diketahui oleh semua orang? No way!



Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari