Beauty
25/1/2016

20 Manfaat Lidah Buaya buat Kesehatan & Kecantikan

20 Manfaat Lidah Buaya buat Kesehatan & Kecantikan

By: Sarah Sofiana
Photo: phonlawat_51/shutterstock/clickphoto

Mengandung sekitar 75 jenis zat yang bermanfaat bagi tubuh, lidah buaya memiliki banyak manfaat baik sebagai obat maupun kecantikan. Apa saja? Simak yuk! 

Mencegah kebotakan

Kandungan dari lidah buaya mampu mencegah kebootakan karena kandungannya memiliki manfaat yang berguna sebagai vitamin pada rambut.

Mengurangi kerontokan

Selain mencegah kebotakan, menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut juga berguna mengurangi kerontokan dan membuat rambut tumbuh lebih sehat dan kuat.

Mengobati gigitan serangga

Gunakan lidah buaya untuk mengurangi rasah perih dan gatal pada bekas gigitan serangga. Rasa dingin dan lembap dari gel tanaman ini mampu mengobati luka yang timbul!

Menangkal radikal bebas

Nggak hanya bermanfaat bagi kecantikan, jus dari gel lidah buaya juga disebut-sebut mampu mencegah masuknya racun dalam tubuh. Kandungan anti oksidannya sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin!

Melindungi dari sengatan sinar matahari

Gel lidah buaya sangat mudah diserap oleh tubuh, bahkan sampai ke lapisan dalam kulit yang membuatnya mudah melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Memenuhi kebutuhan vitamin

Selain mengandung vitamin seperti A, B1, B6, B2, b12, C dan E yang sangat diperlukan oleh tubuh, lidah buaya juga kaya akan natrium, zat besi, kromium, kalium, mangan, magnesium dan seng yang akan menyeimbangkan kebutuhan elektrolit pada tubuh kita, lho.

Mengatasi jerawat

Lidah buaya merupakan salah satu solusi alami untuk mengatasi wajah berjerawat. Caranya mudah! Oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit wajah, biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan bersih. Psst, lakukan secara rutin ya, girls.

Pelembap alami kulit

Manfaat lain lidah buaya bagi kulit adalah mengatasi kulit kering agar terjaga kelembapannya. Selain dioleskan pada permukaan kulit wajah, oleskan juga gel lidah buaya pada bagian kulit kita yang kering, biarkan beberapa saat dan basuh dengan air bersih. Mudah!

Menjaga pencernaan

Lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan, lho! Mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin dipecaya dapt membantu menjaga pencernaan karena kandungan mineralnya yang memperlancar organ pencernaan untuk bekerja secara optimal. Yum!

Menghilangkan ketombe

Terganggu dengan masalah ketombe? Coba oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit rambut secara menyeluruh. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan shampoo hingga bersih. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya!

Mencegah peradangan kulit kepala

Bila digunakan secara rutin, kandungan yang terdapat pada lidah buaya juga mampu membuat kulit kepala terhindar dari peradangan akibat bakteri berbahaya, lho.

Kesehatan mulut

Salah satu manfaat lidah buaya yang terkadang dilupakan adalan menjaga kesehatan mulut. Belum banyak yang tahu, lidah buaya juga memiliki manfaat besar untuk masalah mulut dan gusi.

Menghilangkan bekas luka

Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari!

Diabetes

Siapa yang mengira bila setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan secara teratur selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45%?

Obat pencahar

Sulit buang air besar? Lidah buaya dapat menjadi obat pencahar alami karena Aloe lateks-nya  mengandung glycosidesaloin yang membantu gerakan usus. Well noted!

Menjaga berat badan

Selama bertahun-tahun, jus lidah buaya telah digunakan untuk menurunkan berat badan, lho. Yuk ganti soft drink dengan jus lidah buaya!

Conditioner alami

Gel lidah buaya digunakan untuk conditioning sebagai pendingin yang luar biasa. Gel lidah buaya memiliki komposisi kimia yang menyerupai keratin dan biasa digunakan sebagai conditioner!

Meringankan gatal pada kulit kepala

Sifat enzimatik yang terkandung dalam lidah buaya dapat menghancurkan sel kulit mati berlebihan dan mengurangi kemerahan, gatal dan radang kulit kepala.

Mencegah penuaan dini

Timbulnya garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit akibat bertambahnya usia dapat kita atasi dengan lidah buaya. Kandungan beta karoten, vitamin C dan E pada tanaman ini membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

 



Supaya kamu nggak salah pilih, Make Over punya pilihan shade baru nih! Mulai dari Intense Matte Lip Cream, Ultra Hi Matte Lipstick, Ultra…

2017-10-23

Nungki Dwiandara

Barang essential apa saja yang wajib ada di tas kamu? Tentunya, selain dompet, parfum, dan power bank, item satu ini juga wajib kamu…

2017-09-29

Radhitio Anindhito

Ngaku deh, kita punya tendensi untuk membeli lipstik dengan warna yang mirip atau warna-warna aman yang masih ada dalam spektrum nuansa merah. But again,…

2017-08-28

Cinantya Kumala

Jadwal kuliah yang padat kadang mengharuskan kita untuk mengejar waktu supaya nggak telat masuk kelas. Alhasil, karena keringat dan minyak yang berlebihan, foundation…

2016-01-23

Jessica Rachel

Ugh! Sebal banget kalau tumit kita kasar dan pecah-pecah! Apalagi saat kita ingin memakai heels yang mengekspos bagian tumit kita, malu banget kalau…

2016-01-22

Natlia Wulandari

Nggak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk operasi agar pipi kita terlihat tirus! Coba langkah-langkah berikut dan lihat hasilnya!   Permen Karet Belum banyak…

2016-01-24

Sarah Sofiana