Life
24/1/2016

Bahaya Minum Kopi Berlebihan

Bahaya Minum Kopi Berlebihan

By: Putri Nadia
Photo: TISANTI/SHUTTERSTOCK/CLICKPHOTOS

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang banyak. Selain memiliki manfaat, ternyata kopi juga memliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi terlalu banyak. Berikut dampak buruk minum kopi berlebihan:
 
1. Jantung Berdetak Lebih Cepat
Minum kopi dalam jumlah banyak dapat memicu jantung berdetak lebih cepat karena senyawa kafein yang berlebihan di dalam tubuh. Hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari saraf otak sehingga minum kopi berlebihan sangat nggak disarankan bagi seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi dan penyakit jantung. 
 
2. Naiknya Asam pada Lambung
Jika kamu minum kopi berlebihan ketika perut sedang kosong, maka asam pada lambung akan naik dan menyebabkan gangguan maag. Hal penting yang harus diingat yaitu kopi mampu memproduksi asam pada lambung. So, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi kopi.
 
3. Menyebabkan Insomnia
Salah satu penyebab insomnia atau susah tidur yaitu minum kopi secara berlebihan. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengakibatkan seseorang tetap terjaga sehingga sulit untuk tidur. Ditambahkan lagi efek yang ditimbulkan dari insomnia, seperti kurang fokus dan kondisi badan menjadi nggak fit. Oleh karenanya, sebaiknya kamu jangan minum kopi ketika malam hari atau saat menjelang tidur. 
 
4. Mengganggu Proses Penyerapan Makanan
Dengan mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan merangsang peristaltik yang membuat makanan dengan cepat masuk ke dalam usus kecil. Hal tersebut dapat mengganggu proses penyerapan makan menjadi nggak maksmial. 
 
5. Menyebabkan Osteoporosis
Seseorang yang selalu minum kopi berlebihan bisa mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan mineral yang berdampak buruk bagi kesehatan tulang manusia. Kepadatan tulang akan menjadi berkurang dan menjadi rapuh. So, sebaiknya perbanyak minum susu yang mengandung kalsium daripada mengkonsumsi kopi secara berlebihan.
 


Salah satu kendala yang mungkin kamu temui saat hendak berlibur ke Australia adalah masalah biaya. Pasalnya, Negeri Kanguru ini memang dikenal sebagai salah…

2019-08-26

Arzia Nuari

“Tanpa kuota hidup bisa merana”,  kayaknya itu bisa jadi jargon masa kini dimana millenials sudah sangat tergantung konektivitas jaringan internet.  Kebutuhan meng-update diri…

2019-03-25

Arzia Nuari

Salah satu yang cukup  menarik jika ingin berwisata ke Jepang adalah melihat kuil-kuil indah dan megah. Selain rata-rata berusia tua hingga ribuan tahun,…

2019-01-21

Arzia Nuari