Life
27/9/2019

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menghemat Biaya Liburan Bersama Teman

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menghemat Biaya Liburan Bersama Teman

By: Arzia Nuari
Photo: berbagai sumber

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah satu temanmu beride untuk liburan bareng.

 

Sebenarnya, ini merupakan tawaran yang sangat menarik bagimu. Apalagi kamu sudah lama ingin bersua dan bersenang-senang bersama mereka. Namun sayangnya, budget liburan kamu sangat terbatas. Bahkan, nyaris sulit untuk mewujudkannya.

 

Kamu jangan berkecil hati dulu. Perlu kamu ingat pasti ada jalan untuk segala sesuatu permasalahan. Kamu masih bisa berlibur bersama teman-teman, kok. Bahkan, masih bisa menghemat biaya pengeluarannya.

 

Coba ikuti beberapa cara mengehemat biaya liburan bersama teman. Ini bisa kamu lakukan sejak pemesanan tiket dan penginapan, lho.

 

Jangan pilih waktu berlibur saat musim liburan sekolah

Kamu harus mengecek kalender dalam setahun ketika ingin berlibur. Jangan sampai kamu dan teman-teman berlibur ketika tanggal merah dan hari-hari besar. Tentu saja, harga tiket pesawat dan sewa penginapan akan sangatlah mahal.

 

Lalu, apapun yang terjadi jangan memilih waktu liburan yang sama dengan libur anak sekolah. Sudah pasti liburan kamu tak akan nyaman karena hampir semua destinasi wisata populer akan penuh dengan keluarga.

 

Carilah waktu yang low season. Biasanya, tiket pesawat akan lebih murah dan juga sewa peginapan dalam harga normal. Ingat, kalau musim liburan penginapan harganya bisa naik hingga tiga kali lipat.

 

Pesan tiket pesawat dan sewa penginapan jauh-jauh hari

Sesungguhnya sistem pemesanan tiket pesawat dan sewa penginapan secara online mirip dengan pembelian tiket konser. Jika kamu beli jauh-jauh hari, harganya akan lebih murah. Bahkan, kamu bisa menghemat hingga 30%-40%.

 

Untuk itu, ada baiknya kamu mengatur rencana liburan dengan matang sejak jauh-jauh hari. Paling tidak kamu harus memesan tiket pesawat dan sewa penginapan dua hingga tiga bulan sebelum jadwal liburan.

 

Umumnya, harga tiket pesawat dan penginapan akan dinaikan 30 hari sebelum jadwal. Jadi, kamu harus gerak cepat untuk memesan akomodasi dan transportasi liburan.

 

Kalau bisa sharing biaya penginapan dan transportasi

Coba kamu hitung jumlah orang yang ikut berlibur. Sebenarnya, ini akan berguna untuk biaya sharing. Misalnya, untuk penginapan kamu bisa menyewa apartemen, rumah, atau vila dibanding hotel. Biayanya bisa dibagi rata bersama teman-teman.

 

Begitu pula dengan transportasi selama di sana. Bisa jadi kamu harus menyewa mobil ataupun kapal untuk pergi snorkeling. Biaya ini juga bisa berbagai dengan teman-teman. Jadi, akan meringankan biaya pengeluaran liburan kamu.

 

Bahkan, kalau pintar kamu bisa memilih restoran yang porsinya besar untuk makan bersama. Tentunya, ini bisa melakukan teknik sharing lagi. Jadi, pegeluaran tidak begitu banyak.

 

Cari promo liburan di OTA

Ketahuilah bahwa setiap bulannya OTA (Online Travel Agent) rutin memberikan promo atau potongan harga untuk transportasi dan akomodasi liburan. Ada baiknya kamu menyediakan waktu pada hari weekend  untuk hunting promo tersebut.

 

Kalau kamu sudah menjadi member OTA, pasti ada notifikasi di email atau aplikasi mobile. Percayalah, hal tersebut jangan sampai terlewatkan. Bisa jadi, ini akan memotong biaya pengeluaran kamu hingga 50%. Enggak rugi, kan.

 

Gunakan gift voucher jika punya

Kebetulan kamu atau salah satu teman baru saja mendapatkan Traveloka gift vouchersebagai hadiah dari kantor. Ini dia waktunya untuk mempergunakannya. Ini akan menekan biaya lebih murah lagi.

 

Bisa-bisa kamu hanya akan menambahkan 20%-30% dari total biaya pengeluaran liburan. Ini akan menjadi keuntungan yang sangat menyenangkan. Sisa budget bisa kamu gunakan untuk jajan dan bersenang-senang selama di destinasi liburan.

 

Sudah siap berlibur bersama teman-teman? Tunggu apalagi segera pesan tiket pesawat dan penginapan dengan cara yang sudah disebutkan. Happy hoilday!

 

(Kireina Nabi)


Tagging : traveling, life

Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari

Salah satu kendala yang mungkin kamu temui saat hendak berlibur ke Australia adalah masalah biaya. Pasalnya, Negeri Kanguru ini memang dikenal sebagai salah…

2019-08-26

Arzia Nuari

Time to get creative! Emina dan CosmoGIRL! mengerti bahwa kreativitas dalam digital art sudah diperlukan sejak sekolah – dan kita ingin melihat talenta…

2017-09-29

Jessica Rachel

As we all know, saat ini kita hidup di era teknologi yang kian tumbuh pesat. Hal ini pun menimbulkan kebiasaan-kebiasaan baru di masyarakat,…

2017-09-29

Arzia Nuari

Weekend telah tiba! Tapi, ini bukan saatnya kamu bersantai-santai tanpa kegiatan – explore bakat dan minatmu! Jumat, 15 September 2017 CG! dan Emina…

2017-09-26

Jessica Rachel