Celebrity
12/8/2017

Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Teaser BTS 'Love Yourself'

Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Teaser BTS 'Love Yourself'

By: Cinantya Kumala
Photo: Dok. BigHit Entertainment

ARMYs! Are you still alive after all the posters? Setelah beberapa hari lalu dibuat deg-degan karena sudah mulai muncul berbagai teori dan spekulasi bunga Smeraldo di jejaring sosial Twitter yang dikaitkan dengan konsep comeback boy group, BTS, ARMYs, sebutan untuk fans BTS, kembali dibuat histeris dengan dirilisnya poster yang berjudul “Love Yourself”. Karena antusiasme yang sangat besar, hashtag #Love_Yourself berhasil menjadi worldwide trending topic nomor satu selama 30 menit, lho!

Ingat nggak kalau konsep "Love Yourself" sendiri sebenarnya sempat bocor beberapa bulan lalu lewat media sosial? Sebuah sumber yang nggak dikonfirmasi menyebutkan bahwa konsep comeback BTS mendatang adalah "Love Yourself", dimana BigHit turut menggandeng beberapa aktor dan aktris untuk beradu akting dengan member BTS dalam sebuah drama series. ARMYs pun langsung mengaitkan konsep "Love Yourself" dengan pidato kemenangan BTS yang disampaikan Rap Monster setelah BTS memenangkan penghargaan "Top Social Artist" di Billboard bulan Mei lalu. Dalam speech-nya, Rap Monster mengatakan, "Please, ARMY, remember what we say: love myself, love yourself." Namun, the rumor went down dan menghilang begitu saja. Nah, menurut representatif dari BTS yang berhasil CG! konfirmasi, penyebutan "Love Yourself" ternyata memang ditujukan Rap Monster sebagai hint, lho!

Tepat pada pukul 12.00 tengah malam waktu Korea (KST) atau jam 22.00 WIB, BigHit Entertainment, agensi yang menaungi BTS, merilis poster individual yang menampilkan maknae, Jungkook, yang duduk di kursi roda sambil memegang bunga. With little knowledge about the poster, para ARMYs di Twitter mulai menciptakan berbagai teori dan spekulasi yang mengaitkannya dengan era BTS sebelumnya, “The Most Beautiful Moment in Life”, lebih spesifiknya mengarah pada video klip “RUN” versi Jepang. Teks yang ada pada poster Jungkook juga membuat ARMYs makin penasaran.

“The day when you want to run towards where your heart is headed.”

Dengan dirilisnya poster individual Jungkook, beberapa ARMYs sempat mengaitkannya dengan foto kampanye kolaborasi terakhir brand PUMA dan BTS, dimana para member memegang bunga. Belum lagi piyama yang dipakai Jungkook memiliki motif bunga berwarna biru yang mirip dengan bunga di kampanye PUMA. Menurut CG! pribadi, sepertinya nggak ada kaitan sama sekali dengan brand tersebut kecuali memang mereka masih di-endorse, ya, but who knows?

Saat ARMYs masih bertanya-tanya tentang poster yang dirilis, tanpa ada pemberitahuan, BigHit Entertainment kembali merilis poster individual. Kali ini, berbeda dari tradisi biasanya, BigHit Entertainment merilis poster individual di jam 07.00 malam waktu Korea (KST) atau jam 17.00 WIB. BigHit really caught all of us off guard!

Poster kedua yang dirilis menampilkan member SUGA yang duduk meringkuk di dalam pipa besi besar.

“Don't come closer. You'll become unhappy.”

Lagi-lagi, kutipan pada poster berhasil bikin ARMYs langsung membuat teori dan spekulasi baru mengenai apa arti dan tujuan kampanye “Love Yourself” yang sebenarnya. Ditambah lagi kutipan dan mood yang gloomy pada poster SUGA turut membuat fans di jejaring sosial larut dalam emo(tional) hours.

Satu jam setelah poster SUGA dirilis, BigHit tampaknya nggak ada niat untuk berhenti. Tepat jam 18.00 WIB, poster Jimin dirilis. Di poster Jimin, lewat hujan gerimis dan langit abu-abu, mood yang ditampilkan kembali sendu.

“I lied, because there's no reason to love someone like me.”

Setelah melihat pattern BigHit para ARMYs makin yakin kalau BigHit akan merilis poster individual setiap jam. Sehingga, saat dikumpulkan, pada pukul 12.00 tengah malam waktu Korea (KST) atau pukul 22.00 WIB, ARMYs dapat melihat poster semua member. Such a tease!

Nggak sabar menunggu poster selanjutnya, beberapa ARMYs di jejaring sosial sempat mengaitkan urutan dirilisnya poster akan mengikuti member yang dipasangkan selama era “The Most Beautiful Moment in Life” dimana Jungkook dipasangkan dengan SUGA, Jimin dengan J-Hope, Rap Monster dan V, dan Jin sendiri.

However, the next poster broke the order theory!

Bukannya J-Hope, poster yang dirilis selanjutnya menampilkan leader BTS, Rap Monster, duduk di dalam bus.

“I watch you from behind only, because now is not the time.”

Beberapa ARMYs yang mengaitkan urutan dirilisnya poster dengan urutan tampil saat konser The Wings Tour sempat bikin heboh jejaring sosial. Kalau kamu nggak tahu, urutan member tampil di The Wings Tour adalah sebagai berikut: Jungkook – Jimin – SUGA – Rap Monster – V – J-Hope – Jin.

Walaupun nggak 100% sesuai dengan urutan tampil di konser, the next poster is… you guessed it right! It was V’s poster!

Masih dengan mood yang sendu, V tampak sedang melihat bayangannya sendiri lewat genangan air.

“Would you not have left me, if I had made different choice.”

V dan elemen air kembali dikaitkan dengan era “The Most Beautiful Moment in Life” dimana dalam video “Prologue” dan “Run”, V terlihat menyelam dalam air. Is there really a connection between this? I guess, we have to be patient for now.

Setelah V, poster J-Hope dirilis.

“If you can shine, I'm okay.”

Walaupun mood dan warna yang ditampilkan pada poster masih terlihat gloomy, J-Hope, with open arms, look rather peaceful. Dengan adanya pesawat dan pagar berkawat besi, ARMYs lagi-lagi cepat mengaitkannya dengan era sebelumnya. Kali ini dengan video klip “Young Forever” dan “Fire”. Remember these two?

Beberapa ARMYs juga sempat menuliskan kesan sentimental dalam tweet mereka karena BigHit memilih untuk menggunakan nama asli para personel BTS dan bukan nama panggung mereka. 

Poster terakhir yang dirilis BigHit menampilkan Jin dalam setelan jas biru muda memegang sebuah buket bunga.

“If I can turn back time, I want to be the best man in the world.”

Call it Jin’s effect, frase “best man” atau “great guy” menjadi trending topic di negara asal BTS, Korea Selatan. Sementara, hashtag #LOVE__YOURSELF berhasil jadi worldwide trending topic nomor satu selama 6 jam! Wow!

Kalau lebih diperhatikan lagi, bentuk bunga yang dipegang Jin menyerupai bunga Smeraldo yang sempat di-tweet olehnya. Bunga Smeraldo inilah yang dipercaya merupakan salah satu unsur utama dalam konsep comeback BTS di bulan September mendatang. Setelah di-tweet, Smeraldo membuat ARMYs mulai cepat bergerak untuk mencari referensi-referensi dan fakta baru untuk menebak konsep BTS selanjutnya. Are ARMYs going to be right about the concept, this time?

Nah, untuk menjawab pertanyaan para ARMYs, CG! berhasil mendapatkan konfirmasi dari representatif BTS yang menyebutkan kalau “Love Yourself” sendiri merupakan sebuah kampanye skala besar yang akan berlanjut sampai 2018. “Love Yourself” sendiri merupakan kelanjutan dari konsep BTS terdahulu yaitu School, The Most Beautiful Moment in Life, dan WINGS. BigHit menjelaskan bahwa poster-poster “Love Yourself” ini adalah rangkaian untuk menyambut comeback yang berisi hints atau clues tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, but the posters are not the official comeback posters, as some ARMYs thought. Jadi, bisa disimpulkan kalau "Love Yourself" merupakan satu tema besar yang akan menaungi dan mempengaruhi unsur comeback BTS.

Are you excited for this comeback season? Cause we are!



Sudah ramai diperbicangkan hingga menjadi trending di social media di seluruh dunia. BTS 'Love Yourself' menjadi salah satu momentum yang paling ditunggu oleh…

2017-08-17

Delfania

One of songs that still on repeat: Cherry Bomb by NCT 127! Sejak tau lagu ini, CG! jadi penasaran sama grup yang digawangi…

2017-08-08

Arzia Nuari

Sempat memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia modelling, kini Cara Delevingne lebih dikenal sebagai aktris. Rupanya, perambahan karier ini masih belum cukup baginya.…

2017-08-04

Arzia Nuari

BTS is everywhere nowadays! Semenjak meraih kemenangan untuk katagori Social Top Artist dalam ajang 2017 Billboard Music Awards beberapa waktu lalu, boygroup di…

2017-08-02

Arzia Nuari

Tahun ini kayaknya menjadi salah satu tahun yang dibanjiri karya-karya baru dari para musisi internasional, termasuk produksi video klip baru untuk lagu-lagu teranyar…

2017-07-16

Arzia Nuari

We decide our heartthrob this week: Jeon Jungkook. Kalau kamu ARMY sejati, tentu kamu nggak asing lagi dengan istilah Golden Maknae untuk member…

2017-07-04

Arzia Nuari