Fashion
12/7/2017

Aturan Street Style di Indonesia

Aturan Street Style di Indonesia

By: Cinantya Kumala
Photo: Dok. pexels.com

Apakah ada aturan tentang street style di Indonesia? Find out now!

 

Street style jadi salah satu cara bagi millenials untuk mengekspresikan diri lewat fashion. Tapi, apakah suasana street style di Indonesia sudah memungkinkanmu untuk mengekspresikan diri to the fullest?

 

Meet Irene Permatasari (@reneetan_), seorang fashion stylist, plus size model, dan blogger yang sudah lama hadir meramaikan street style di Jakarta. Walaupun nggak punya dos and don’ts khusus dalam street style, Irene menjadikan cuaca sebagai salah satu faktor penentu dalam gaya berpakaiannya supaya tetap nyaman.

 

Sementara Sari, sapaan akrab fashion blogger pemilik akun Instagram @chrisnawatinovia, punya beberapa dos and don’ts dalam street style. “Dos buatku adalah cari statement piece yang akan membuat tampilanmu stand out. Misalnya sepatu atau aksesori lain yang unik, atau outerwear dengan warna yang berani. Untuk don’ts, aku pribadi nggak suka terlalu banyak layering dan terlalu banyak memakai aksesori.”, ujar Sari.

 

Saat ditanya tentang halangan dan tantangan street style Indonesia, keduanya kompak menjawab fashion awareness masyarakat yang masih kurang. Sari kemudian menekankan pada sudut pandang publik tentang street style fashion dan lingkungan yang kurang suportif, sementara Irene menjabarkan bahwa perbedaan pandangan fashion di tiap daerah yang membuatnya agak canggung saat melakukan foto #OOTD street style.

 

Kalau di New York, Tokyo, atau London, aku rasa orang-orang sudah bisa berekspresi lebih bebas dibandingkan di Indonesia. They don’t really care about it. Sementara kalau di sini, gaya berpakaianku masih suka diperhatikan orang lain. Sometimes I feel like a clown. Aku pernah diusir security dan ”, papar Sari.

 

Kembali lagi ke iklim di Indonesia yang menurutku juga jadi penghalang. Padahal banyak coat, jaket, dan sepatu boots yang lucu, tapi jadi kurang cocok kalau dipakai di iklim tropis. Itu tantangannya, kita jadi harus lebih pintar mix and match!”, terang Irene.

 

Selain fashion awareness, lingkungan, dan iklim, isu seperti body diversity juga jadi tantangan street style di Indonesia. As a plus size girl myself, aku merasa belum banyak street style platform yang mendokumentasikan plus size fashionistas. Hal ini membuat beberapa plus size girls cukup enggan untuk muncul ke radar fashion. Namun, menurut Sari, street style scene di Indonesia sudah friendly terhadap plus size fashionista. Katanya, “Aku punya banyak teman plus size dengan gaya yang keren banget. I even adore their style and confidence!”.

 

Menurutku pribadi, kalau dibandingkan dengan plus size street style di luar negeri, plus size street style di Indonesia masih baru berkembang, tapi, bukan karena cewek-cewek plus size nggak punya gaya yang stylish, melainkan karena plus size fashion juga baru berkembang di Indonesia.”, jelas Irene.

 

HOW TO STREET STYLE IN INDONESIA FROM THE PROS

Irene

Wear something that you love and are comfortable with. Kalau kamu suka tren atau gaya tertentu, jangan minder atau ragu untuk memakainya! Just do it for yourself, not others. Natural lighting juga penting banget untuk mendapatkan hasil foto yang keren!

 

Sari

Rules’-ku dalam berpakaian untuk street style cukup sederhana. Keep it comfortable dan effortless!

 

(Source: CG! edisi Oktober 2016)

 

BACA JUGA:

Asal Mula Street Style

10 Barang Fashion Favorit Kalangan Street Style



Taylor Swift is never go out of style. Baru saja meluncurkan video clip terbarunya yang berjudul 'Look What You Made Me Do' penyanyi…

2017-08-31

Radhitio Anindhito

Batik dan kain tradisional nggak lagi menjadi pakaian yang kuno. Sekarang sudah banyak desainer yang mulai 'merombak' kain-kain tradisional menjadi pakaian modern yang…

2017-08-24

Radhitio Anindhito

Bukan hanya CL atau G-Dragon yang memiliki gaya keren. Coba lihat gaya Taeyeon SNSD berikut ini. Peraih penghargaan Best Female Artist di Mnet…

2017-08-23

Radhitio Anindhito

Pernah ngaca dan bosan sama pakaian yang kamu pakai? Tahukah kamu kalau aksesori memegang peranan penting untuk seluruh tampilanmu? It may be small,…

2017-07-10

Cinantya Kumala

Salah satu pembaca CG! sedang mengalami fashion dilemma, nih! We're here to rescue!   p { margin-bottom: 0.08in; direction: ltr; color: rgb(0, 0,…

2017-07-10

Cinantya Kumala

Kalau misalnya kamu hanya diperbolehkan punya 7 jenis celana di dunia ini, here's your ultimate list! Daftar ini berdasarkan pengamatan dan penilaian dari…

2017-07-07

Cinantya Kumala