Life
1/7/2017

Tips Supaya Nggak Ikut-Ikutan Ngegosipin Orang Lain

Tips Supaya Nggak Ikut-Ikutan Ngegosipin Orang Lain

By: Onic Metheany
Photo: Unsplash.com/Ben White

Punya teman banyak artinya harus siap untuk menerima sifat dan kebiasaannya yang berbeda-beda. Ada yang memang lebih suka diam, senang ngobrol, bahkan ada yang hobi ngegosipin orang lain. Kebiasaan yang terakhir cukup sulit untuk diimbangi apalagi kalau kita anti banget sama yang namanya gosipin orang lain. Gimana caranya ya biar nggak ikut-ikutan ngegosipin orang lain?

 

Alihkan Perhatiannya

Saat kamu tahu temanmu mulai ngegosipin orang lain, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mencari cara halus untuk mengalihkan perhatiannya pada situasi lain. Misalnya, saat dia mulai memberi aba-aba tentang sebuah gosip, kita bisa membahas topik lain seperti memberitahunya tentang tempat baru, film atau musik terbaru. Pokoknya, jangan sampai dia membuka topik tentang orang lain yang kebenarannya masih dipertanyakan.

 

Kendalikan Diri

Untuk menghindari situasi dimana teman mencoba untuk ngegosipin orang lain adalah, kita yang bisa mengendalikannya agar dia nggak memulainya. Ketika teman sudah mulai membuka pembahasan tentang orang lain dengan bertanya, “Eh, tahu nggak kalau bla…bla…bla…,”, jangan menjawabnya dengan, “Nggak aku nggak dengar, emang dia kenapa….,” tapi ganti dengan “Nggak tuh, dan aku juga nggak mau tahu juga sih, maaf ya…”

 

Jangan Takut Katakan Kebenarannya

Jika sudah terjebak terlalu dalam pada gosip yang dibicarakan teman, posisikan diri kita agar kita nggak salah mengucapkan hal yang membuat orang yang menjadi ‘topik gosip’ semakin tersudut. Jika kita tahu bahwa gosip itu bohong, sebut saja itu. Katakan kebenran yang sesungguhnya atau jika memang kita nggak tahu kebenarannya, katakan kalau kita nggak boleh asal menilai orang lain tanpa tahu faktanya. Mintalah teman untuk berhenti meneruskan gosipnya.

 

Tinggalkan

Jika cara sebelumnya masih belum ampuh untuk menghentikan gosip, cara terbaik adalah meninggalkan dan menjelaskan kalau kita nggak tertarik untuk bergosip. Mungkin akan sedikit melukai perasaannya, tapi cobalah untuk memikirkan dirimu juga. Nggak mau kan terjebak terlalu dalam pada gosip tentang orang lain. 



Ingin liburan ke luar negeri sekarang bukan sekadar mimpi. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari ikutan kuis hingga mengunakan biaya pribadi.…

2019-09-27

Arzia Nuari

Beberapa waktu belakangan ini, kamu tak sengaja kembali berhubungan dengan teman-teman lama. Tentunya, ini menjadi nostalgia menceritakan pengalaman waktu sekolah dulu. Tiba-tiba salah…

2019-09-27

Arzia Nuari

Semakin banyak orang yang bepergian, baik itu ke luar kota atau luar negeri, pasti membutuhkan perlindungan yang tepat agar perjalanan terasa nyaman dan…

2019-09-24

Arzia Nuari

Saat berhubungan dengan lingkungan sekitar termasuk teman-temanmu, adakalanya kamu menemukan teman kamu yang pikirannya sedang tertutup awan kelabu alias lagi nggak mood. Nah,…

2017-05-10

Arrafina Muslimah

Banyak yang berpendapat mencari sahabat terbaik jauh lebih sulit dibandingkan mencari pacar. Bagaimana pun kondisimu baik sedang sedih maupun senang ada sahabat yang…

2017-03-30

Arrafina Muslimah

Mencari teman yang baik dalam pergaulan teryata susah-susah gampang lho girls, berikut ini beberapa tanda kalau seseorang adalah benar-benar teman yang baik dalam…

2016-05-19

Onic Metheany